Home » TIPS » 5 Cara Cepat Kaya Yang Bisa Anda Coba!

5 Cara Cepat Kaya Yang Bisa Anda Coba!

Cara Cepat Kaya
Image via Liputan6.com

Siapa sih yang tidak ingin kaya? Tentu semua manusia di muka bumi ini ingin sekali bisa kaya raya. Dengan menjadi kaya maka peluang kita untuk bisa berbagai kepada sesama semakin besar. Bukankah begitu? Jadi, mari kita ubah mindset kita tentang ‘kaya‘ yang pelit, sombong, dan teman-temannya. Karena hidup di dunia ini juga harus bisa sukses. Namun kesuksesan di dunia ini agar bisa mengantarkan kita kepada kesuksesan di alam selanjutnya yang lebih kekal.

Nah, karena kita masih diberi umur panjang, kesehatan dan kekuatan menjalani kehidupan di dunia, untuk itu jangan disia-siakan. Mari menjadi kaya agar bisa berkarya untuk sesama. Menjadi kaya itu bukan untuk diri sendiri, tetapi agar bisa memberikan kekayaan yang kita miliki kepada orang lain. Dengan begitu itu, manfaat akan kita dapatkan dari kekayaan yang kita miliki. Tidak hanya ditimbun begitu saja.

Tetapi, untuk menjadi kaya perlu cara dan persiapaan. Memang benar kalau rejeki itu sudah diatur oleh Tuhan, akan tetapi sebagai hamba-Nya tentu harus berusaha agar mendapatkan perubahan. Kalau di dalam Islam, ada ayat Al Qur’an seperti berikut :

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka” – Q.S Ar-Ra’d 11

Saya bukan ahli Qur’an, namun saya sangat yakin, bahwa Allah SWT akan memberikan rejeki kepada hamba-Nya sesuai dengan apa dilakukannya. Oleh sebab itu, jika memang kita ingin kaya, haruslah merubah diri kita menjadi lebih baik. Cara cepat kaya yang saya berikan ini tidak akan terealisasi benar dikehidupan Anda, karena saya sendiri hanyalah hamba-Nya, saya bukan pemberikan rejeki kepada Anda. Saya hanya memiliki gambaran-gambaran dan saran yang bisa saya dan Anda gunakan untuk menjadi kaya. Mari kita simak!

1. Ubah Mindset Anda

Yang pertama kali perlu kita lakukan adalah mengubah mindset kita. Pola pikir kita harus dirubah, karena pikiran akan mempengaruhi tindakan. Ubahkan pola mikir Anda menjadi pribadi yang memiliki mental kaya. Bahwa setiap manusia bisa kaya, dan Tuhan adalah sumber dari kekayaan tersebut. Maaf, mengapa Indonesia sulit untuk maju? Ya, salah satunya disebabkan karena masyarakatkan belum memiliki mental untuk maju. Masyarakatnya masih malas-malasan, pengen yang instant dan tidak bekerja keras. Ini tidak semua, namun masih banyak yang memiliki pola pikir seperti itu.

2. Bekerjalah Di Posisi Yang Tinggi Atau Berwirausahalah

Jika Anda ingin cepat kaya, maka jadilah pegawai dengan jabatan yang tinggi. Tentu jabatan tinggi saja tidak cukup, karena harus disesuaikan dengan perusahaan dimana Anda bekerja. Di Jakarta, gaji seorang manajer bisa di atas Rp 8 Juta per bulan bahkan lebih. Tentu itu diperusahaan bonafit. Atau jika Anda tidak bisa mendapatkan posisi pekerjaan yang tinggi, maka cobalah untuk berwirausaha. Dengan wirausaha, Anda bebas menentukan penghasilan Anda bahkan bisa dikatakan unlimited ya karena tidak ada batasan omzet yang diterima. Semua itu tergantung dari usaha Anda.

3. Investasikan Sebagaian Penghasilan Anda

Jangan berharap jadi kaya kalau gaya hidup masih konsumtif dan suka beli ini itu yang tidak penting. Berhematlah. Investasikan sebagaian dari penghasilan Anda. Bisa di investasi dalam bentuk tabungan atau lainnya. Jika penghasilan bulanan habis semua, ya kapan mau jadi kaya? Masih ingatkan kalau “Hemat pangkal Kaya” ?

(Baca juga : 4 Jenis Aset Investasi Yang Perlu Anda Ketahui)

4. Buatlah Anggaran Rumah Tangga

Tidak perlu bagus-bagus, yang penting terinci dengan jelas. Tulislah pengeluaran apa saja yang akan Anda keluarkan dalam satu bulan. Dimulai dari yang wajib ke opsional ya. Lalu, apakah pengeluaran-pengeluaran itu bisa dikurangi atau tidak. Dengan manajemen seperti ini, akan termudahkan dalam mengelola keuangan.

5. Perbanyak Doa dan Sedekah

Kerja keras saja tidak cukup, perlu diimbangin dengan doa ibadah. Supaya apa yang kita lakukan bisa dimudahkan dan dilancarkan oleh Sang Pencipta. Selain itu juga harus perbanyak sedekah. Karena yakinlah sedekah tidak akan mengurangi harta tapi justru memperbanyak.

Nah, mungkin itu yang bisa saya berikan. Saya sendiri juga masih belajar dan artikel ini juga sebagai pengingat saya pribadi untuk terus giat bekerja dan memohon kepada-Nya untuk selalu diberi kemudahan dan kelancaran. Semoga apa yang telah kita dapatkan nanti, bisa kita gunakan untuk membantu orang lain, bukan untuk membanggakan diri. Perlu diingat, semua itu butuh proses. Semangat!!

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *