Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit yang Perlu Anda Tahu

  • Whatsapp

Perbedaan kartu kredit dan kartu debit itu terletak pada fungsinya. Kalau dari segi fisik, kartu ini memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Sayangnya masih saja ada yang bingung membedakannya. Silakan simak artikel ini!

EtalaseBisnis.com – Sekarang ini untuk melakukan transaksi tidak perlu lagi menggunakan uang tunai, karena berbagai bank sudah menyediakan layanan transaksi nontunai dengan menggunakan kartu.

Saat ini dua macam kartu yang bisa digunakan untuk transaksi nontunai, yaitu kartu kredit dan kartu debit. Kedua kartu ini berbeda lho, jika Anda lihat dari namanya saja pasti sudah tau kan fungsi utamanya debit dan kredit. Tapi alangkah baiknya jika kita pelajari bersama perbedaan kartu kredit dan kartu debit supaya tidak keliru menggunakannya.

Ciri-ciri Kartu Debit

Debit Card
  • Kartu ini dikeluarkan langsung oleh bank kepada nasabah yang memiliki rekening tabungan.
  • Kartu debit bisa dimiliki oleh seluruh nasabah asal di rekeningnya memiliki saldo. Karena setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu debit langsung akan memotong saldo rekening tabungan.
  • Untuk batas transaksinya sesuai dengan jumlah saldo yang ada di rekening masing-masing nasabah.
  • Untuk masalah fisik, kartu debit memiliki logo bank terkait dan juga beberapa jaringan yang telah bekerjasama dengan bank tersebut seperti Visa, Mastercard, Cirrus dan lain-lain. Sehingga kartu ini hanya bisa digunakan di merchant yang memiliki logo tersebut.
  • Biasanya, transaksi kartu debit nasabah harus memasukkan pin. Namun ada juga yang bisa dilakukan dengan tanda tangan seperti model Kartu Kredit.
  • Untuk masalah iuran, tidak ada tanggungan iuran (bebas iuran). Karena biaya transaksi langsung dikenakan pada saldo tabungan rekening.
  • Saat ini kan belanja online bisa menggunakan pembayaran nontunai, untuk kartu debit sendiri belum bisa digunakan untuk berbelanja online. Tetapi beberapa bank di Indonesia sudah ada yang menyediakan fitur untuk transaksi online via kartu debit.

Baca juga : Jenis-jenis Kartu Debit Mandiri (Kartu ATM)

Ciri-ciri Kartu Kredit

Credit Card
  • Secara fisik kartu ini hampir sama dengan kartu debit, namun untuk kartu kredit ini memiliki identitas nama nasabah dan tanda tangan, jika kartu debit bisa saja tidak ada.
  • Banyak orang yang menyebut kartu kredit sebagai kartu hutang, ya itu memang benar. Jadi nasabah memang tidak perlu memiliki rekening tabungan di bank dan tidak harus memiliki dana terlebih dahulu. Namanya juga hutang.
  • Namun, untuk membuat kartu kredit perlu memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh Bank.
  • Biasanya sebuah bank memiliki beberapa jenis kartu kredit, dan itu semua memiliki syarat yang berbeda-beda.
  • Kartu Kredit ini memiliki limit kredit. Jadi kalau mau berbelanja menggunakan kartu kredit perlu mengetahui berada limit transaksi per harinya.
  • Untuk tagihannya, akan dikirimkan ke nasabah setiap bulannya. Dan nasabah bisa memiliki akan membayar penuh atau dicicil di bulan berikutnya. Kalau dicicil, maka bunga dikenakan di bulan berikutnya.
  • Kartu kredit memiliki iuran yang harus dibayar. Pembebanan iuran ini bisa per tahun atau sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.
  • Kartu Kredit bisa digunakan untuk transaksi online biasanya dengan membutuhkan 3 angka terakhir pada kartu atau yang biasa disebut CW.
  • Kartu ini juga bisa digunakan untuk transaksi di semua menchant yang memiliki mesin EDC.

Baca juga : Tips Memilih Kartu Kredit yang Tepat Guna

Nah, itu dia beberapa poin yang membedakan antara kartu kredit dengan kartu debit. Jika Anda ingin membuat kartu kredit, saran saya sesuai dengan kebutuhan dan cari referensi dari beberapa bank. Karena tiap kartu memiliki benefit berbeda yang bisa disesuaikan dengan gaya hidup Anda dan tentunya persyaratannya pun juga berbeda. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel ini dipublikasikan pada : 30/04/2015 @ 15:24

Jual Madu Klanceng Trigona Murni, Langsung dari Pembudidaya Lebah Trigona organik. Pesan di sini!
---------------
Join Telegram Channel EtalaseBisnis.com. Dapatkan update artikel bisnis terbaru langsung dari Telegram kamu >> Gabung Telegram Channel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 Komentar

    1. Hehe, iya mas. Makanya sebenarnya kalau tidak memang butuh, mending tidak perlu membuat kartu credit :D

  1. Pengen juga bisa punya kartu kredit namun apalah daya dari segi umur blm mencukupi. kalo punya kartu kredit emang harus bijak menggunakannya kalo nggak, nanti malah jadi pnya banyak hutang. hehehe

  2. Kalau ga perlu2 banget memang ga usah bikin mendingan :)
    dulu sy bikin karena butuh buat transaksi online tapi kalau buat belanja didunia nyata jarang saya pakai

    1. Halo Okto, cara pakai Kartu Debit ya tinggal pakai saja di merchant yang menyediakan pembayaran menggunakan Kartu Debit. Dengan melakukan pembayaran dengan Kartu Debit, otomatis saldo di rekening kamu berkurang. Tidak seperti Kartu Kredit yang secara ‘kasar’ ditalangi dulu oleh pihak Bank baru kemudian kamu membayar tagihan utangnya. Thanks

    1. Kartu Debit beda dengan Kartu Kredit. Lebih baik buat Kartu Kredit kalau memang lagi butuh untuk keperluan penting saja, kalau cuma untuk sekedar punya mending nggak perlu.

  3. Haloo. Sy lika.
    Sy mau nanya kan sekarang sudah ada kartu debut yg pake chip sama seperti kartu kredit.,nah oertanyaan sy bagaimna caranya mngetahui ini kredit ini bukan kalo sama2 pake chip. Makasih

  4. haiii, aku fitri.
    nahh sekarang kan ada yang bisa dalam 1 kartu, debit sama kredit. Cara lebih mudah untuk bedain mana kartu kredit dan mana kartu debit gimana ya, kalo posisi saya sebagai penjual misalnya.
    kalo dilihat dr tampilan fisiknya

    1. Biasanya kartu yang bisa untuk debit dan kredit, defaultnya adalah kartu debit. Jadi itu kartu debit.