Home » TIPS » Cara Membuat Klien Senang Saat di Kantor Anda
Klien

Cara Membuat Klien Senang Saat di Kantor Anda

Kadang untuk melakukan meeting atau negosiasi bisnis tidak selalu dilakukan di luar kantor, misalnya cafe atau tempat umum lainnya. Justru untuk memberikan kesan intim, tak jarang yang melakukannya di kantor sendiri.

Ya, melakukan meeting dengan klien di kantor sendiri justru membuat lebih privat dan tentunya lebih mudah dalam mendapatkan informasi yang diinginkan. Akan tetapi meeting dengan klien di kantor itu juga perlu memperhatikan beberapa hal, agar si klien bisa senang saat di kantor. Harapannya jika sudah senang maka akan mudah melakukan negosiasi bisnis.

Nah, kali ini EtalaseBisnis.com ingin memberikan sedikit referensi untuk Anda yang mungkin ingin melakukan meeting dengan klien atau sekedar ngobrol soal bisnis di kantor Anda sendiri. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

#1 Lakukan di Ruangan yang Terjaga Privasinya

Untuk meeting dengan klien terutama jika membahas hal-hal yang krusial, sebaiknya melakukannya di ruangan yang terjaga privasinya. Tujuannya agar tidak ada ganggungan saat melakukan meeting. Jangan sampai melakukannya di ruangan yang terbuka dan menyatu dengan pegawai yang sedang bekerja, itu sangat tidak nyaman dilakukan.

Dan kadang itu membuat klien merasa tidak bebas untuk berdiskusi.

#2 Tawarkan Minuman / Makanan ke Klien

Karena melakukannya di kantor Anda sendiri, maka Anda harus menyuguhkan klien dengan minuman atau makanan ringan yang layak. Ini adalah bentuk dari penghormatan kepada tamu.

Dengan diselingi minuman / makanan juga membuat obrolan lebih hangat.

#3 Rapikan dan Bersihkan Ruang Pertemuan

Sebaiknya sebelumnya Anda melakukan pertemuan dengan klien di ruangan kantor Anda, pastikan jika ruangan itu benar-benar bersih dan rapi. Jangan sampai klien masuk ke ruangan itu lalu menjadi tidak nyaman dan akan berpengaruh pada hasil diskusi nanti.

Nah kalau Anda memang belum memiliki ruangan yang bagus, sebaiknya Anda mulai untuk menggunakan jasa desain interior kantor agar dapat membantu Anda menata ruangan kantor khususnya untuk menjamu tamu dan klien yang datang.

#4 Selalu Ajak Asisten

Karena Anda melakukannya di kantor, maka Anda harus selalu mengajak asisten Anda saat meeting. Ini untuk mengantisipasi jika Anda banyak dicari pegawai lain saat di kantor. Sehingga keberadaan asisten ini bisa segera menuntaskan hal itu tanpa harus mengganggu meeting Anda dengan klien.

#5 Selalu Jaga Kondisi Ruang Tamu Kantor

Jika kantor Anda punya ruang tamu, pastikan selalu menjaga kebersihan dan kerapiannya. Tidak hanya itu, perabot yang ada di dalamnya juga harus terjaga kondisinya. Misalnya saja sofa ruang tamu, pastikan jika masih berfungsi dengan baik. Jangan sampai ada tamu atau klien yang datang ternyata sofanya rusak. Itu akan merusak citra perusahaan Anda.

Jadi itu beberapa tips dari kami agar klien yang datang ke kantor Anda bisa senang dan nyaman. Jika sudah senang dan nyaman, pasti mereka akan menyambut baik obrolan-obrolan berikutnya. Dan semoga meeting Anda berhasil.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 15 =