7 Keuntungan Menampilkan Lokasi Usaha di Google Maps

Sejak Google Maps muncul, banyak orang merasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Google Maps dan berbagai  fitur barunya ini, memudahkan kita untuk melakukan aktifitas.

Salah satunya adalah memudahkan kita dalam  mencari lokasi suatu tempat, khususnya lokasi usaha di Google Maps. Saat ini kita tidak perlu lagi bertanya-tanya kepada orang sekitar, jika hendak mencari suatu lokasi usaha yang belum kita kunjungi sebelumnya.

Tampilan lokasi usaha di Google Maps kini sangat mudah diakses oleh siapa saja, baik melalui seluler maupun laptop atau PC. Fasilitas lokasi usaha di Google Maps ini, juga disebut Google Bisnisku.  

Fasilitas ini akan secara gambling menampilkan alamat dan profil bisnis Anda. Dengan begitu, orang akan langsung datang ke tempat bisnis atau tempat usaha yang dituju, dengan panduan dari fasilitas Google maps tersebut.

Apa saja keuntungan menampilkan lokasi usaha di Google Maps?

Ulasan Google Maps

Bagi Anda yang sudah memiliki suatu usaha namun belum daftar ke Google Bisnisku dengan Google Maps, maka Anda sebaiknya melakukan pendaftaran hingga proses verifikasi oleh Google. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat menampilkan serta mengelola profil online mereka di Google.

Sebagai contoh, Anda memiliki usaha bernama Catering Bunda Kanduang Bandung dan sudah terdaftar serta menggunakan Google Bisnisku, maka lokasi tempat usaha Anda tersebut akan terdeteksi di Google, ketika seseorang melakukan searching alamat tersebut.

Lalu apa saja keuntungan dari menampilkan lokasi usaha di Google Maps? Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan Ranking Lokal di Google Search

Tahukah Anda bahwa Google membantu bisnis local muncul terlebih dahulu dalam penelusuran fasilitas Google search. Hal ini tentu merupakan kabar yang baik, khususnya bagi para pelaku UKM di Indonesia. Pemilik UKM tentunya dapat memanfaatkan Google Bisnisku dan mendaftarkan lokasi usahanya di Google Maps.  

2. Google Bisnisku Gratis

Apakah mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps, melalui Google bisnisku ini berbayar? Jawabannya adalah tidak. Dengan menggunakan satu akun gmail, Anda sudah bisa mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku.

Pihak Google nantinya akan melakukan verifikasi serta mengirimkan PIN melalui Postcard. Dalam hal ini, pastikan alamat bisnis Anda benar.  Kemudian, setelah verified, Anda sudah bisa mengelola dan menampilkan bisnis Anda secara gratis.

3. Membantu konsumen menemukan Alamat fisik dari Bisnis Anda

Keuntungan menampilkan lokasi usaha di Google Maps yang berikutnya adalah membantu konsumen untuk menemukan alamat dari bisnis Anda. Lokasi usaha Anda yang sudah verified, nantinya akan tercantum di Google Maps.

Semua orang sudah mengetahui bagaimana membuka Google maps, karena sangat mudah untuk digunakan. Melalui Google Bisnisku, permintaan peta ini juga akan direkam, kemudian disajikan dalam bentuk statistic kepada calon  konsumen Anda.

4. Untuk tampilan lebih baik dari Google Search

Lokasi Bisnis di Google Maps

Dengan menampilkan lokasi usaha di Google Maps, melalui Google Bisnisku, maka tampilan lokasi usaha Anda akan jauh lebih menarik saat dilihat calon konsumen melalui website.  

Tampilan yang muncul berupa daftar website sebagai hasil dari Google ads. Tampilan yang muncul di website nanti seperti sebuah Box, yang berisikan informasi alamat, jam buka tutup, dan jumlah review.

5. Menampilkan Informasi yang berguna

Keuntungan menampilkan lokasi usaha di Google Maps berikutnya adalah bisa menampilkan informasi yang berguna. Maksudnya, Google Bisnisku akan memberikan fasilitas update, agar lebih cepat muncul di hasil pencarian.

Para pengguna akan dengan mudah membaca dan menemukan data-data bisnis Anda seperti petunjuk arah, jam operasional, alamat website, photo, telepon update promo, deskripsi bisnis, event terbaru dan produk yang dijualnya. Selain itu, testimonial dari para pelanggan juga akan menambah keyakinan untuk bisnis yang Anda tawarkan.

Baca juga : Cara Menambah Ulasan Google Maps Melalui Komputer dan Smartphone

6. Menambah saluran channel (Sales marketing)

Dalam menjalankan bisnis, kegiatan pemasaran atau marketing tentunya harus bisa semaksimal mungkin. Dengan adanya google bisnisku , secara otomatis, profil bisnis akan menjadi toko ke-2. Maka dari itu, sebagai pemilik bisnis, Anda dapat memanfaatkan update promo, event hingga produk yang ada di dalamnya, sebagai display dari bisnis Anda.

7. Mendapatkan Wawasan dari Fasilitas Analitik

Tidak hanya konsumen yang bisa melihat data-data lokasi usaha kita, tetapi sebagai pemilik usahanya, kita juga dapat melihat dan mengetahui informasi penting seperti data asal kunjungan, jumlah kunjungan, tindakan yang dilakukan oleh konsumen dan lain sebagainya. Dengan mengetahui data analitik tersebut, maka ini bisa Anda manfaatkan sebagai strategi kampanye yang baik untuk bisnis Anda.

Baca juga : Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Sebagai pemilik usaha, khususnya usaha dengan jenis UKM, kegiatan promosi menjadi sangat penting untuk dilakukan. Dengan adanya Google Bisnisku, yang menampilkan lokasi usaha Anda, maka Anda akan mendapatkan keuntungan menampilkan lokasi usaha di Google Maps. Calon konsumen potensial Anda juga bisa lebih cepat mengetahui usaha Anda.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.