Home » TIPS » Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps Mudah Sekali!

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps Mudah Sekali!

Google Business

Apa kabar sobat bisnis, semoga senantiasa diberikan kelancaran bisnisnya ya. 🙂 Kali ini EtalaseBisnis ingin berbagi informasi dan tips kepada sobat semua yang berkaitan dengan Google Maps. Pasti tahu dong ya Google Maps. Kalau belum tahu buruan gih buka smartphone-nya.

Kalau dulu Google Maps hanya untuk melihat peta suatu daerah atau wilayah saja, sekarang ini di Google Maps kita bisa mencari informasi apa saja. Lokasi bisnis, warung, kantor, hotel, dan lain sebagainya. Nah kalau sobat bisnis punya usaha apapun itu dan ingin ditampilkan di Google Maps bisa kok. Caranya sangat mudah sekali.

Kali ini kami akan berikan tips cara yang paling mudah dan tidak menunggu lama agar lokasi bisnis Anda bisa ditemukan di Google Maps.

Baca juga : Layanan Google Yang Dapat Membantu Percepatan Bisnis Online Anda

Sebenarnya ada 2 cara untuk menambahkan lokasi bisnis di Google Maps. Cara pertama itu melalui Google Business. Tetapi nantinya Anda harus melakukan verifikasi dari kode yang dikirimkan ke alamat bisnis Anda. Untuk cara ini memang agak lama, karena menunggu kode verifikasi dulu dan kadang tidak dikirim ke alamat Anda. Entah kenapa.

Nah untuk cara kedua ini sangat mudah sekali, ini yang sering kami gunakan. Karena cukup beberapa menit saja, maka lokasi bisnis kita bisa ditemukan di Google Maps. Mau tahu caranya? Silakan simak ya…

1. Buka Google Maps

Buka Google Maps (https://www.google.co.id/maps) di komputer sobat. Kami mencontohkannya melalui komputer ya, biar mudah saja. Kalau sudah terbuka, silakan cari lokasi bisnis Anda. Dengan cara diperbesar petanya. Atau gunakan kota pencarian untuk memudahkan.

2. Pastikan Lokasi Benar

Dekatkan petanya dan pastikan lokasinya sudah benar. Karena kalau Anda nanti salah menandai lokasi bisnis ya percuma dan kasihan orang yang mencari alamat Anda nanti nyasar.

Lokasi Bisnis

Misalnya saja Anda sudah menemukan lokasi bisnis Anda. Yang dilingkari merah itu anggap saja lokasi bisnis Anda. Kemudian di lokasi tersebut Anda klik kanan, maka akan muncul beberapa menu pilihan. Nah di sini Anda cukup pilih menu “Add a missing place“.

Add Missing Place

Jika sudah di klik, maka akan muncul form yang isinya tentang Name, Address, Category, dll. Form inilah yang harus Anda isi sebagai informasi lokasi bisnis Anda nanti. Intinya Anda memberitahu Google Maps bahwa di situ ada lokasi bisnis Anda.

Add Missing Place

Berikut panduan mengisi form tersebut.

  • Name : isi dengan nama bisnis Anda. Bisa dengan nama brand, PT/CV.
  • Address : isi dengan alamat lengkap bisnis Anda.
  • Category : pilih kategori yang sesuai. Di sana ada Home, Restoran, Cafe, Clothing Shop, dll.
  • Phone : isi dengan nomor telepon bisnis Anda.
  • Website : isi dengan alamat website bisnis Anda jika sudah punya.
  • Hours : isi dengan jam buka tutup bisnis Anda.

Jika sudah, silakan klik Submit. Kalau tidak ada yang salah, maka Anda sudah berhasil menambahkan lokasi bisnis di Google Maps.

Google maps

Untuk memantaunya, Anda bisa cek email yang digunakan untuk login Google maps tadi. Dan biasanya langsung mendapatkan email pemberitahuan bahwa penambahan lokasi Anda telah sukses dan lokasi bisnis Anda sudah bisa dilihat di Google maps. 🙂

Google maps - kopi

Penamaan Lokasi bisnis ini hanya untuk contoh

Dan tanpa menunggu lama, lokasi bisnis Anda sudah bisa ditemukan di Google Maps. 🙂 Anda sudah bisa menuliskan review untuk pertama kalinya dan menambahkan foto lokasi bisnis Anda.

Kopi Kekinian

Nama lokasi bisnis ini hanya untuk contoh

Dengan cara ini Anda langsung bisa menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps dengan cepat. Akan tetapi cara ini sangat rawan. Karena lokasi yang ditambahkan di Google Maps ini belum melalui proses validasi (klaim oleh pihak Google Business). Sehingga data alamat, nomor telepon, bahwa lokasi yang sudah ada di Google Maps tersebut bisa diganti atau dihapus oleh orang lain.

Jika Anda ingin memiliki lokasi bisnis di Google Maps yang aman, tinggal klik atau pilih Claim this business saja. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Gunakan untuk hal positif di bisnis Anda. Karena banyak sekali manfaatnya jika lokasi bisnis sudah ada di Google Maps.

Misalnya saja untuk kebutuhan order barang, melihat rute ke lokasi bisnis Anda, dan lain sebagainya.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *