Home » TIPS » Cara Membangun TELOLET di Bisnis Anda

Cara Membangun TELOLET di Bisnis Anda

Cara Membangun TELOLET
image via pixabay

EtalaseBisnis.com – Akhir-akhir ini di media sosial marak dengan istilah “OM TELOLET OM” yang sempat viral dan menjadi trending di dunia.

Nah, tapi tahukah Anda bahwa TELOLET ini juga sangat penting untuk perkembangan bisnis? Pasti Anda tidak percaya kan? Apa hubungannya klakson TELOLET dengan bisnis?

Anda tak perlu bingung, karena di artikel kali ini EtalaseBisnis akan membahas secara rinci pengaruh TELOLET untuk bisnis Anda. TELOLET yang dimaksud dalam dunia bisnis itu adalah yang seperti ini…

T-E-L-O-L-E-T

T = TRUST
Teruslah untuk membangun TRUST bisnis Anda kepada para calon konsumen atau pelanggan Anda. Dengan tetap menjaga kepercayaan ini, nantinya bisnis Anda akan tetap mendapatkan feedback positif dari konsumen. Caranya adalah dengan melakukan interaksi secara intens.

E = EMOTION
Dalam dunia bisnis banyak sekali tantangannya, baik dari segi internal maupun eksternal. Namun, sebagai pebisnis Anda harus mampu mengendalikan emosi. Jangan sampai Anda dikendalikan emosi, sehingga membuat Anda semakin galau, ragu, mengeluh dan lepas kendali.

Dampaknya bisnis Anda justru akan terbengkalai. Untuk itu tetap jaga emosi agar bisa mempersiapkan segala situasi dengan pikiran yang jernih dan hati nurani.

L = LIKE
Memberikan perhatian, baik kepada konsumen maupun teman. Ingat, berbisnis itu adalah bentuk dari kerjasama. Jika Anda egois, jaim, dan sombong, jangan harap bisnis bisa berkembang. Sekali-kali berikan perhatian ke teman atau target konsumen Anda.

Jika Anda jualan online lewat media sosial, coba untuk menyapa mereka bukan untuk promo tapi sekedar menjaga komunikasi. Itu salah satu bentuk perhatian yang harus diterapkan. Sehingga secara tidak langsung, keberadaan Anda pun juga akan tetap diingat.

O = OMZET
Jika sudah berbicara omzet pasti akan semangat. Tapi masalah omzet ini juga tidak bisa sepelekan. Omzet ini juga menentukan arah perkembangan bisnis Anda. Jika omzet sedikit itu artinya bisnis Anda perlu digenjot. Begitu pula sebaliknya, jika omzet tinggi itu artinya Anda harus punya sistem menajemen yang lebih efektif agar omzet yang didapat bisa diputar dengan manis.

L = LOVE
Bisnis sesuai passion atau bisnis sesuai minat, atau apalah itu. Semua itu muaranya adalah ke Cinta. Anda sebagai pemilik usaha harus cinta dengan bisnis Anda. Jika sudah cinta, Anda akan senang untuk merawatnya, mengelolanya, memikirkan jangka panjangnya, dan lain sebagainya.

Cinta itu juga harus diterapkan kepada para konsumen Anda, agar mereka bisa puas dengan produk atau layanan yang Anda berikan.

E = ENDING
Pebisnis akan sangat senang jika sudah bisa closing. Apalagi jika pengorbanannya sangat panjang. Tapi meski sudah closing, jangan sampai lupa untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada konsumen dan para pegawai Anda. Minimal ucapan terima kasih dan senyuman hangat. Karena mereka lah yang membuat Anda bisa bertahan hingga saat ini.

Jangan pelit untuk memberikan penghargaan, mentang-mentang sudah punya omzet segudang, lantas hal-hal kecil pun diremehkan.

T = TARGET
Jangan cepat puas dengan pencapaian. Ingat, bisnis yang sukses adalah yang bisa terus berkembang. Kunci dari berkembang adalah mampu mencapai target yang terus ditetapkan. Untuk itu selalu pasang target yang sifatnya terus memberikan peningkatan.

Misalnya, bulan ini Anda ingin mendapatkan konsumen 1000 orang, atau ingin melebarkan target pasar ke daerah lain, dll. Pokoknya target yang sifatnya memberikan peningkatan dalam bisnis Anda. Dengan seperti itu, maka lambat laut bisnis Anda akan mengalami perkembangan yang pesat.

Nah, itulah TELOLET yang perlu Anda bangun di bisnis Anda. Semoga dengan informasi ini Anda bisa memaksimalkan bisnis Anda melalui fenomena yang ada saat ini.

*Referensi artikel ini diperoleh dari group WhatsApp Yuk Bisnis Solo dan telah dikemas ulang tanpa mengurangi inti dari informasi asli.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *