Home » TIPS » Tips Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba

Bisnis Waralaba
Bisnis Waralaba

Saat ini banyak sekali peluang usaha yang menawarkan bentuk kerjasama berupa kemitraan atau yang sering dikenal dengan Franchise atau Waralaba. Dengan ada sistem kemitraan seperti ini, masyarakat tidak perlu lagi dipusingkan dalam membuka usaha.

Asal punya modal uang dan suka dengan produk tersebut, maka seseorang bisa membeli lisensi atau franchise dari produk tersebut. Bagi owner bisnis, program waralaba seperti ini juga merupakan salah satu strategi untuk mempercepat perkembangan bisnis.

Jenis waralaba yang saat ini banyak ditemukan adalah waralaba makananan dan minuman.

Namun, meskipun mudah, bagi seorang yang ingin memulai usaha secara waralaba tetap harus mempersiapkan perencaan yang matang. Meskipun terkadang memang masalah SOP dan dan lainnya sudah dipersiapkan dari pemilik waralaba tetapi sebagai franchiser tetap harus mempersiapkannya.

Jika Anda memutuskan untuk berbisnis melalui program kemitraan seperti ini, berikut yang perlu Anda perhatikan :

1. Sesuaikan Minat

Pilihlah jenis produk atau jasa waralaba yang sesuai dengan minat Anda. Meskipun bisnis tersebut menawarkan profit dan omzet yang sangat besar namun jika Anda tidak minat dengan produk tersebut maka akan kesulitan dalam mengembangkannya dan bisa jadi akan collapse. Misalnya Anda suka mengajar dan ingin berbisnis, maka Anda bisa memiliki Waralaba Pendidikan berupa Lembaga Kursus/Pendidikan.

2. Berapa Budget Anda?

Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Kalau bisa hindari menggunakan modal pinjaman (hutang) untuk memulai bisnis waralaba agar meminimalisir resiko. Cari bisnis waralaba yang sesuai dengan budget Anda.

3. Sumber Daya

Beberapa bisnis waralaba akan menyertakan pelatihan pengelolaan bagi Anda. Namun akan lebih baik jika Anda memiliki kemampuan manajerial yang bagus sehingga dalam menjalankan bisnis waralaba nantinya akan ada keseimbangan. Selain itu juga hubungan relasi dengan berbagai pihak seperti keluarga dan lainnya harus terjalin dengan baik agar bisnis mendapatkan dukungan penuh.

4. Analisa Bisnis Waralaba

Anda perlu menganalisa bisnis waralaba yang ingin Anda ambil. Cek dan ricek kapan mulai berdiri, berada jumlah mitranya saat ini, bagaimana dukungan pasca taken contract, bagaimana keuntungannya, syarat-syaratnya dan lainnya. Hal ini perlu Anda ketahui secara matang.

Yang terpenting jangan gegabah ketika memiliki bisnis waralaba, meskipun menawarkan profit yang menggiurkan, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =