Home » TIPS » Punya Skill, Punya Niat, Tapi Bingung Memulainya, Simak Tips Ini!
cara memulai usaha
Cara Memulai Usaha

Punya Skill, Punya Niat, Tapi Bingung Memulainya, Simak Tips Ini!

Banyak sekali yang melatarbelakangi seseorang untuk beralih ke dalam dunia bisnis. Sudah merasa bosan menjaga pegawai, atau ingin menikmati pengalaman baru, ya itulah beberapa diantaranya. Namun, dari semua yang lebih penting adalah bagaimana untuk memulainya.

Di forum mailing list Pengusaha Muslim, ada salah satu anggota yang menanyakan bagaimana untuk memulai usaha. Skill sudah dimiliki yaitu membuat sebuah program atau software, dan Beliau memang berkeinginan untuk membangun sebuah perusahaan di bidang IT tersebut. Bahkan beliau juga sudah memiliki pengalaman dari bekerja sebagai desktop programmer di salah satu perusahaan kawannya.

Namun, dengan modal itu ternyata beliau masih merasa kesulitan. Kesulitan tersebut ternyata dari sisi Soft Skill, yaitu Malu bertemu orang, tidak tahu cara promosi dan menemukan produk yang tepat.

Nah, kasus seperti ini banyak sekali dijumpai terutama pada orang-orang yang memang bekerja dengan background IT. Banyak yang bisa membuat (software) tapi tidak bisa menjualnya. Dan masih banyak lagi kasusnya. Lalu, bagaimana mengatasi kesulitan tersebut?

Berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan solusi bagi Anda yang mungkin memiliki kasus yang sama seperti di atas.

1. Kerjasama

Tak ada pekerjaan yang sempurna tanpa kerjasama. Dan ini bisa Anda jadikan cara pertama untuk mengusir masalah-masalah Anda tadi. Bekerja sama atau bermitra dengan pihak lain, sehingga Anda tidak memikirkan bagaimana menjualnya tetapi Anda hanya sebagai pembuatnya. Dengan sistem bagi hasil sesuai dengan kesepakatan bersama, Anda bisa menjalankan usaha dengan sistem ini di awal-awal waktu, sembari Anda belajar bagaimana cara memasarkan produk dan bagaimana produk yang konsumen inginkan.

2. Pasarkan Secara Online

Karena Anda malu bertemu orang, pemasaran online dapat Anda jadikan solusi jitu. Buatlah website Company Profile dengan memberikan informasi dari Portfolio yang telah Anda buat. Cari partner untuk membantu mengelola website dan masalah digital marketingnya.

3. Paksakan Diri

Jika Anda memang memiliki cita-cita ingin memiliki perusahaan IT, paksakan diri Anda untuk mencoba menawarkan produk maupun jasa Anda kepada orang. Pengalaman Anda dari bekerja sama dengan mitra lain dan pemasaran online, tentu sudah bisa memberikan Anda gambaran bagaimana kebutuhan dan kondisi pasar. Jadikan itu acuan, dan ditambah skill Anda yang mumpuni, karena itu akan meyakinkan calon konsumen. Tanpa dipaksakan, Anda tak akan maju dan bisnis tak akan berkembang

4. Cari Freelancer

Jika dirasa permintaan pesanan mulai banyak, Anda bisa mencari pekerja freelance untuk membantu pekerjaan Anda. Anda bisa mencari programmer atau marketing.

Ketika bisnis mulai berjalan dan mulai berkembang, Anda bisa mulai untuk menyusun program untuk pengembangan usaha Anda ke dalam sebuah perusahaan.

2 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 13 =