Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bagaimana Membuat Kedai Kopi Sekelas Starbucks?

EtalaseBisnis.com, Buat Kedai Kopi – Starbucks masih menjadi kedai kopi yang ‘berkelas’ bagi banyak orang. Tapi meskipun begitu, Starbucks tetap bisa dikalahkan. Apalagi Indonesia ini rajanya kopi, dari Aceh sampai Papua punya aneka jenis kopi yang itu bisa dijadikan senjata untuk membuat kedai kopi sekelas bahkah melebihi Starbucks.

Starbucks sendiri merupakan perusahaan kopi (kedai kopi) global yang berasal dari Amerika Serikat. Mereka memiliki tagline The Best Coffee and Espresso Drinks”.

Sebenarnya dari segi rasa, kopi Starbucks ini bisa disandingkan dengan kedai-kedai kopi merek lokal. Hanya yang membuat istimewa Starbucks adalah dari sisi ‘brand’ itu sendiri. Brand Starbucks sudah menjadi sebuah ‘kemewahan’ bagi sebagian orang sehingga barang siapa yang konsumsi produk Starbucks akan merasa level gengsinya meningkat.

Membuat Kedai Kopi Starbuck Coffee

Jika Anda ingin memiliki usaha kedai kopi sekelas Starbucks bahkan yang lebih baik, itu bisa saja bahkan sangat bisa. Apalagi bahan kopi di negara kita sangat kaya, tak perlu import lagi.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk usaha kedai kopi Anda nanti.

1. Buat Kedai Kopi dengan Brand yang Bagus

Salah satu kesuksesan dari Starbucks terletak dari branding nya. Jadi kalau Anda ingin membuat kedai kopi, pastikan memilih brand yang benar-benar bagus. Bagaimana brand yang bagus itu? Silakan dikonsultasikan dengan pakar branding.

Brand ini penting, karena akan mempengaruhi bagaimana orang melihat bisnis dan produk Anda ke depannya.

Baca juga : 4 Tips Pemasaran Luar Biasa Untuk Menghancurkan Pesaing Anda

2. Buat Kedai Kopi dengan Model Bisnis yang Jelas

Yang tak kalah penting adalah buat model bisnis yang jelas. Model bisnis ini merupakan gambaran tentang apa dan bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan, mulai dari struktur finansialnya, value perusahaan, hingga segmen pasarnya.

Membuat Kedai Kopi - Bisnis Model Canvas

Banyak cara membuat model bisnis, salah satunya dengan bantuan Business Model Canvas. Nantinya semua hal dari dasar hingga akhir bisa di break down menggunakan alat visualisasi ini.

Baca juga : 3 Model Bisnis Online Bagi Pemula Yang Mudah Dilakukan

3. Rekrut Tim yang Inovatif

Ketika Anda mencari partner bisnis maupun tim produksi, carilah yang mau berpikir secara inovatif. Khususnya yang menangani masalah produk. Belajar dari Starbucks, mereka selalu memberikan produk-produk dan layanan yang inovatif.

Selalu ada inovasi yang membuat mereka terus bisa diterima oleh pasar.

Nah, nantinya bisnis kedai kopi Anda juga harus seperti. Membuat sesuatu yang inovatif, baru, tapi mudah diterima konsumen. Produk dan layanan yang inovatif ini diawali dengan membuat tim yang juga memiliki jiwa inovatif dan kreatif.

4. Jangan Pernah Mencoba Sama dengan Starbucks

Bisnis apapun itu jika Anda memiliki pesaing yang sudah punya nama, pastikan jangan pernah mencoba untuk sama dengan kompetitor itu. Karena Anda akan capek sendiri dan Anda tidak akan pernah berada satu level di atas pesaing tersebut. Yang ada Anda akan terus berada di bawah pesaing itu, sama-sama bagus tetapi masih lebih bagus pesaing.

Mengapa demikian? Karena Anda mencoba untuk sama.

Mencoba untuk sama itu tidak akan bisa mengalahkan kompetisi. Apalagi jika kompetitor sudah punya market dan nama yang besar.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencoba untuk beda. Ya, menjadi berbeda bukan berarti keluar dari kompetisi, justru itu cara terbaik agar bisa memenangkan kompetisi.

Sekarang gini saja, misalnya Starbucks mengeluarkan produk baru, namanya Espresso Ninuninu, kemudian Anda juga ikut-ikutan mengeluarkan produk serupa. Yang ada konsumen tidak tertarik dengan produk Anda karena itu produk yang sama dengan Starbucks, bahkan bisa jadi konsumen melihat kedai kopi Anda selevel di bawah Starbucks karena selalu ikut-ikutan.

Nah cobalah membuat produk atau layanan yang berbeda dan belum ada di manapun. Kalaupun sudah ada, pastikan diubah menjadi sedikit beda supaya konsumen melirik produk atau layanan di kedai kopi Anda.

Tapi ingat, pastikan bahwa itu akan membuat konsumen menjadi lebih puas. Jika puas, maka akan banyak konsumen yang mencoba produk dan layanan di kedai kopi Anda tersebut.

5. Berikan Pengalaman yang ‘Mahal’

Kopi dan makanan di Starbucks itu bisa disaingi kualitasnya, tetapi orang-orang nongkrong ke Starbucks salah satunya ada sisi prestise saat berada di Starbucks. Mereka merasa bahwa saat ini saya sedang berada di tempat yang mewah, gaya hidup saya meningkat, saya keren nongkrong di sini, dll.

Kedai Kopi Starbucks

Nah, buatlah kedai kopi yang memberikan pengalaman ‘mahal’ ke konsumen Anda. Buatlah para konsumen Anda ketika pulang ingin kembali lagi nanti bukan karena secangkir kopinya saja tetapi juga aura suasananya. Itu yang justru lebih memikat.

Pengalaman – pengalaman yang mahal ini tentu bisa dilakukan dengan banyak hal, misalnya saja menyediakan fasilitas kursi yang mewah, nyaman, kualitas produk yang bagus, akses wifi gratis dan kecang, suasana desain interior yang mewah, dll.

Baca juga : Konsep Desain Cafe Yang Banyak Diminati Pengunjung

Memang itu semua butuh banyak modal, tetapi itulah yang memang harus dilakukan jika ingin menyaingi Starbucks.

6. Manfaatkan Internet

Sudah jadi hal wajib untuk Anda agar memanfaatkan internet untuk kebutuhan bisnis. Buatlah website dan media sosial yang bisa digunakan untuk branding bisnis kedai kopi Anda ini.

Meskipun saat ini baru satu kedai, tetapi melalui website dan media sosial bisa meningkatkan brand awereness.

Percayalah, bahwa Anda bisa membuat kedai kopi sekelas Starbucks bahkan bisa melebihinya. Kedai kopi sekelas Starbucks bukan sekadar cafe-cafe yang menyajikan kopi dan pelengkapnya, tetapi di sana juga menyajikan pengalaman yang prestise bagi setiap pelanggannya.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.