Cara Beli Barang di Lazada yang Aman Dari Penipuan

  • Whatsapp

Masih ingin tahu cara beli barang di Lazada yang aman agar terhindar dari penipuan? Meskipun kita tahu kalau Lazada itu situs e-commerce besar tetapi rasa khawatir masyarakat akan penipuan jual beli online di Lazada itu masih besar.

Saya pernah mendengar ungkapan dari seseorang ketika ingin membeli barang tetapi tidak mau di Lazada. Waktu itu saya menanyakan alasannya, dan ia mengatakan kalau takut tertipu saat membeli barang di Lazada. Dan saya pun senyum saja.

Wajar hal tersebut menjadi ketakutan bagi sebagian orang. Apalagi jika sudah pernah mendengar satu kasus penipuan dari salah satu marketplace, itu akan selamanya melekat di benak seseorang. Meskipun faktanya penipuan itu karena kecerobohan dari pembeli sendiri.

Nah, sekarang ini berbelanja di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, MatahariMall, dan situs e-commerce lain terbilang cukup aman. Pasalnya pihak penyedia e-commerce sendiri sudah memberikan fitur dan layanan yang dapat digunakan konsumen untuk melihat dan mencegah terjadinya penipuan. Saya sudah pernah mengulas beberapa tips untuk belanja di Tokopedia dan Bukalapak.

Baca juga :

Sebenarnya kalau Anda mau lebih teliti lagi dalam membeli, kasus penipuan itu tidak akan terjadi. Karena sekarang ini konsumen bisa melihat bagaimana interaksi dan performa penjual itu melalui beberapa fitur yang ada.

Nah, kali ini EtalaseBisnis ingin memberikan tips atau cara beli barang di Lazada yang aman. Karena saya melihat Lazada ini salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia. Langsung saja, berikut beberapa tipsnya.

1. Beli produk yang disediakan oleh Lazada

Lazada - Disediakan oleh Lazada

Yang perlu kamu tahu, Lazada ini beda dengan Tokopedia / Bukalapak. Lazada ini tidak hanya memberikan ruang untuk para pedagang saja, tetapi pihak Lazada sendiri juga berjualan dan menyediakan barangnya. Namun, tidak semua barang disediakan oleh Lazada.

Kalau Anda akan membeli barang di Lazada, pastikan memfilter bagian Layanan yang Disediakan oleh Lazada.

Mengapa memilih yang disediakan oleh Lazada? Karena Anda akan mendapatkan jaminan kalau produk benar-benar ada dan sesuai. Selain itu nantinya untuk masalah return juga lebih mudah, karena yang menyediakan adalah dari Lazada langsung bukan seller lain.

2. Pilih Bayar di Tempat

Lazada - Bayar di Tempat

Mungkin ini tidak berlaku untuk semua produk, tetapi beberapa produk telah menyediakan pembayaran di tempat. Sehingga nanti Anda bayar ketika barang sudah sampai di rumah Anda. Di filter Layanan Anda dapat memilihnya pilihan Bayar di Tempat.

Pembayaran di tempat ini jelas lebih membuat Anda lebih aman dan nyaman dalam berbelanja. Dan bisa memastikan barang sudah sampai dan sesuai. Ini cocok buat Anda yang takut barang di tidak sampai padahal sudah transfer.

3. Membeli di Official Stores

Lazada - Official Stores

Lazada ini juga sudah bekerja sama dengan berbagai brand-brand produk untuk membuka online store di Lazada. Nah online store milik Brand ini namanya Official Stores. Jadi ini store resmi dari brand tersebut, otomatis yang jual dan nyediakan barang yang langsung pihak brand tersebut, bukan penjual biasa atau distributor.

Anda bisa membuka situs Lazada kemudia pilih menu Official Stores. Di sana nanti ada banyak store dari berbagai brand produk. Anda bisa memilihnya sesuai dengan produk yang ingin dibeli.

Membeli produk di Lazada melalui Official Stores ini akan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi Anda selaku pembeli.

4. Cek Performa dan Rating Toko

Lazada - Rating Toko

Jika ternyata produk yang ingin Anda beli tidak disediakan oleh Lazada, serta tidak ada Official Stores nya, maka solusinya adalah membeli barang yang dijual oleh seller biasa. Nah ketika Anda ingin membeli melalui seller biasa, maka Anda wajib melihat performa dan rating tokonya. Ini untuk mengetahui bahwa seller tersebut benar-benar memberikan pelayanan yang bagus.

Di bagian kanan bawah akan ada informasi tokonya, yang memuat Rating Positif Seller, Periode di Lazada, dan Kelompok Seller. Pastikan memilih Rating Positif Seller yang tinggi, kemudian periode di Lazada ini adalah lama penjual tersebut berjualan di Lazada, sedangkan Kelompok Seller pilih yang tingkatnya paling tinggi.

Rating ini adalah sistem yang dibuat oleh Lazada yang secara otomatis menilai performa toko dari. Jadi kalau toko (seller) banyak mendapatkan transaksi dan feedback positif, maka dampaknya akan di rating ini.

***

Itulah beberapa tips membeli barang di Lazada. Semoga dengan tips di atas, Anda bisa berbelanja dengan aman dan nyaman di Lazada. Selamat Berbelanja!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

54 Komentar

  1. Bos ko sya bli di.lazada tpi brng blm nympe tpi ktny brng akam segera di prosea sma di krim pling lamabt 2-3 hari tpi udh 5 hari blm ada juga

    1. Kok komplainnya sini mas bro dan mbak sis? Hehehehe…

      Ke Lazada dong komplainnya. Kan website ini cuma ngasih info aja ke kita. Hehehehe lucu ya…

      1. Saya mau beli batang di lazada itu ragu,harga barag di pasaran sekitar 6jt tp ada satu lapak yang menjual dh harga 1,3jt.
        Apakah itu ada unsur tipu2?

        1. Kalau ragu mending jangan, dan kalau harganya jauh di bawah harga pasar wajib teliti lagi. Mending coba cari seller lain. Di Lazada itu banyak seller, tinggal pilih yang benar-benar profesional

  2. Udah terlanjur ngirim duitnya,tpi udah 5 hari barangnya blum nyampe…kira” saya kena tipu apa gk ya gan..mohon pencerahannya

    1. Sabar, coba ditracking dulu pengirimannya sudah sampai mana. Next time kalau beli di Lazada pakai cara ini Bayar di Tempat, Solusi Belanja Aman di Lazada

  3. Barusan sy beli sepeda listrik.. Katanya dari seller Lazada.. Tapi setelah dikirim Dp, orangnya minta tambah biaya cukai.. Apa benar seperti itu… Katanya barang promo harga 2 jt, boleh dibyr 50 persen dulu.. Pegawainya namanya Rendi.. Bilangnya seller Lazada

    1. Jangan percaya dulu. Transaksi via Lazada tidak akan pernah dihubungi secara personal apalagi minta tambahan DP. Jadi pembeli harus teliti. Transaksi via Lazada 100% dilakukan via platformnya.

  4. kalau barang yg di pesen trus tidak ada brngnya apakah uang bisa di ambil lagi misalkan kirimkan lewat Alfa mohon penjelasannya

  5. saya mau pesan dilazada tapi sellernya ndak membalas chat yg saya kirim apa yg harus sya lakukan

    1. Yang penting Anda masih bisa melakukan order. Kalau seller belum membalas chat Anda bukan berarti Anda tidak bisa melakukan order.

  6. Ada toko namanya ChangJingLu, mohon diperiksa bang, aman atau ngga?
    Soalnya barangnya bekas2 dan banyak, tapi tidak ada rating dan feedback sama sekali, apa memang tokonya tidak menerima feedback atau gimana?

    1. Feedback itu adalah hak pembeli, jadi aneh kalau tidak ada feedback. Kalau memang tidak yakin mending jangan beli. Mending beli di toko yang sudah punya rating bagus.

    2. hallo,, slmat mlm, mohon maaf misalnya klo sy order barang dilazada dan sy transfer uangnya trus nanti bukti transfernya sy kirim lewat apa,,biasanya d tmpat lain bs melalui whatsapp klo di lazada bagaimana,,,
      yang ke 2
      misalkan barang yg sy pesan warna biru trus datangnya warna merah trus solusinua bagaimana pak/bu,,,?

  7. Bang ada ni seller yang belum prnah trjual barangnya dan dan followersnya msh dkit mnkin krna masih baru, tetapi semua barangnya murah. Jdi prtanyaannya itu aman ngk?

    1. Saya tidak bisa katakan itu Aman atau tidak, tetapi kalau saya disuruh milih. Saya akan lihat profil seller tersebut kalau kondisinya seperti itu. Kapan dia bergabung jadi seller, kapan terakhir online. Dan kemungkinan besar saya akan cari seller lain yang sudah punya kredibilitas.

  8. Bang sudah order sudah bayar pula trus terima notif dari lazada kalo barang sudah diterima. Tp kenyataannya barang belus aya terima. Gimana itu bang?

  9. Nama saya yenita
    Pada tanggal 1 april saya pesan 2paket berupa jamtangan dan sandal di tambah free lengging dewasa
    Dan pada tanggal 12 april katanya barang sudah di terima. Sementara saya sendiri belum menerimah pesanan tersebut. Apa yg harus saya lakukan

    1. Anda bisa hubungi pihak ekspedisi / kurir yang mengantarkannya. Kalau pakai JNE, tinggal datang kantor cabang JNE terdekat, konfirmasikan resinya ke mereka apakah benar barang Anda sudah sampai dan diterima. Kalau sudah, mungkin yang menerima bukan Anda, tapi saudara atau orang lain.

    1. *Toko chengwei itu penipuan, sy membeli inverter 5000w, kemarin pesanan sy tiba…. Eh… Ternyata isinya sebuah tasbih dlm kotak, di kolom ulasan sy buka… Ternyata banyak yg jadi korban seperti sy

  10. Saya belik rak 3 in1 di toko sandika28..saya belik 4 set..dan ternyata yg datang cuma rak sepatu nya aja..ini nama nya penipuan.
    Di situ di tulis jelan rak 3in1..saya bayar sesuai harga..knpa yg datang cuam rak sepatu nya aja..rak jibab dan tas nya mana..padahal ini saya jual lagi.kayak gini saya yg rugi..penipu.

  11. Kak sy kn beli dilazada brg sdh sampai tapi g sesuai dg gambr.trus sy balikin barang.nya tp sampai skrg uang sy blm dibalikin.pdhl sdh chat 2x dg cs.molor trs tgl konfirm pengmbalian dana.sy hrs bagaimn ya ms?

  12. Mas knpa ya toko yg sdh off mash ada di situs lazadanya.. sya sudah tf uang tp dia mlah ga krim barangnya.. apa bisa kah sya ke cs lazada dan uang dikembalikan… mhon penjelasan.

  13. Sudah pesan barang namun sampai 10hari belum sampai.cek no resi dpt blsan tidak dapat menemukan…apakah itu trgolong penipuan

  14. Saya mau beli sepeda thrill type ricochet yg harga normal kisaran 13juta, tp di toko lazada ada yg jual 3,8jt saja, aku jadinya ragu-ragu.
    Apakah ada indikasi penipuan?

  15. Official store juga ga ngejamin aman ka..
    Aku beli official store nama s…a
    Brand skincare jepang,waktu dapet ditanggal 12.12
    Teruss abang yang ngirim pernah sekali doang kerumah,gaada notif pula
    Terus tiba2 dibatalkan dan lucunyaa reason pembatalan karna saya ga punya uang(kalo aku ga punya ya kale beli)
    Maap aku pengen ngeshare kekecawaan aku sm pihak lazada aja

  16. saya belanja di lazada,barang tersebut tidak sesuai gambar,,pengajuan pengembalian barang tidak di tanggapi seller..saya tertipu.

  17. Saya beli ke Lazada speda 3 unit. Tapi tuba2 dibatalkan. Akun saya tiba2 off. Da setelah aktuve lagi uang dikembalikan pada rekening yang berbeda.

    Apa yang harus dilakukan ??

  18. saya mau beli tv led 80 inch harga 1.500.000,-
    pertanyaan saya apakah ini benar atau trik utk penipuan ya gan,

  19. Aku ragu beli di lazada barang normal harga 7 juta
    Di jual cuma rp 1.5 jta
    Apa pihak lazada gk nyaring dulu apa ya…..
    Alah gk tau lah mending beli di market yg terpercaya….aman lagi beli di pasar tempel
    Gy mana saran ya

  20. Paling Banyak pembeli belanja barang di Lazada Yang Tertipu/ Hampir tiap jam.
    Dengan alasan kebodohan pembeli ?!

    Pembeli :
    Konsumen tidak bisa melakukan komplain apapun ke Lazada,
    Telepon ke CS Lazada/Live Chat juga tidak bisa menyelesaikan masalah, hanya formalitas mereka saja.

    Tujuan Lazada harusnya sebagai perantara yang dapat dipercaya !!!, sebagai media pembeli dan penjual.

    Namun menurut saya sistem di Lazada seperti bekerja sama dengan penjual yang berkedok barang dengan nilai uang yg lebih besar, untuk menipu pembeli dan di iklankan dengan gencar di web halaman utama Lazada.

    Saya tidak habis pikir kenapa uang bisa diberikan ke pihak penipu?

    Apabila pengembalian dana butuh proses 2-5 hari kerja (apalagi nama penipu penerima uang jelas sudah tidak sama), kenapa tidak dikembalikan ke data pemilik rekening asli yang sudah tertulis jelas di Lazada?

    Lazada tidak mungkin bodoh untuk transferkan dana pembeli ke pihak yang tidak jelas karena sudah bayak sekali kasus penipuan di Lazada.

    Kesimpulan saya adalah: Dana/uang pembeli di gelapkan/rampok oleh Lazada dengan alasan Pembeli sudah kena penipuan oleh penjual,,,
    dan sudah sempat di transfer ke penjual/penipu.
    Ini yang belum saya pahami, apakah Lazada juga terlibat menipu kita sebagai pembeli dengan alasan kesalahan ada di pembeli?

    Karena saya jumlahkan di surat pembaca ini nilainya sudah sangat besar untuk kas Lazada (Hampir Tiap Jam ada saja pembeli di Tipu oleh penjual di Lazada)

    Saya pribadi sampai saat ini uang juga belum dikembalikan.
    Telepon CS Lazada tidak dapat menyelesaikan masalah, karena alasan sudah by sistem. Uang ditransferkan ke penjual karena data kita sudah dibajak.

    Kesimpulan saya: Beli barang Online di Sistem yang bisa dipercaya saja, jangan di tempat yang mudah dibobol sistem data konsumennya.

    Saya juga akan suarakan kepada semua media, supaya tidak ada lagi yang tertipu!

    Ramai-ramai kita suarakan ke semua medsos, supaya mengurangi penipuan dari Perompak Lazada.

  21. Lasada melakukan penipuan kpd sy…apa pihak lazada atau seller,setelah sy tranver pembayaran barang..2 hari kemudian ada seseorang tlp lwt WA.ngaku dr lazada menanyakan kepastian alamat pengriman dn minta di bacakan OTP yg masuk lewat SMS dihp sy..setlh itu ststus pesanan sy di btlkan sepihak oleh lazada..dn meng email dana sy telah selesai dikembaikan.smpai sekrg gk ada kejelasan dr lazada

    1. Mohon dicermati, itu bukan dari pihak Lazada. Tetapi oknum Seller yang melakukan. Kalau Lazadanya sendiri tidak mungkin melakukan itu. Semoga bisa paham.

  22. Maaf min saya mau tanya.. saya mau beli barang di lazada sprti sepeda. Di situ tertera harga normal sepeda dan sdg ada promo “khusus hari ini” dan sya sdh melakukan bwt booking barang di RHESDIYA TOKO 49 dan ngisi data serta alamat lngkap buat pengiriman barang. Untuk metode pembayarannya via bank.

    Yg mau sya tanyakan,apakah ini benar adanya???

  23. Saya mau tanya min, di Lazada kan lagi ada promo terutama handphone mulai dari harga 500.000 an. Itu benar ada nya atau tidak??

  24. Ia bner harus pandai2 melihat dan budayakan membaca sebelum belanja.kemaren saya belanja di lazada.dengan embel2 cuci gudang selama 3 hari hp vovo v17 pro ga masuk akal dengan harga cuma 500.setelah saya lihatw rating nya pun ga ada.cuma berbagi pengalaman kalo seperti itu jngan di beli.