Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Aman Membeli Barang di Lazada

Saya pernah mendengar ungkapan dari seseorang ketika ingin membeli barang tetapi tidak mau di Lazada. Waktu itu saya menanyakan alasannya, dan ia mengatakan kalau takut tertipu saat membeli barang di Lazada. Dan saya pun senyum saja.

Wajar hal tersebut menjadi ketakutan bagi sebagian orang. Apalagi jika sudah pernah mendengar satu kasus penipuan dari salah satu marketplace, itu akan selamanya melekat di benak seseorang. Meskipun faktanya penipuan itu karena kecerobohan dari pembeli sendiri.

Nah, sekarang ini berbelanja di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, MatahariMall, dan situs e-commerce lain terbilang cukup aman. Pasalnya pihak penyedia e-commerce sendiri sudah memberikan fitur dan layanan yang dapat digunakan konsumen untuk melihat dan mencegah terjadinya penipuan. Saya sudah pernah mengulas beberapa tips untuk belanja di Tokopedia dan Bukalapak.

Baca juga :

Sebenarnya kalau Anda mau lebih teliti lagi dalam membeli, kasus penipuan itu tidak akan terjadi. Karena sekarang ini konsumen bisa melihat bagaimana interaksi dan performa penjual itu melalui beberapa fitur yang ada.

Nah, kali ini EtalaseBisnis ingin memberikan tips atau cara aman membeli barang di Lazada. Karena saya melihat Lazada ini salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia. Langsung saja, berikut beberapa tipsnya.

1. Beli produk yang disediakan oleh Lazada

Lazada - Disediakan oleh Lazada

Yang perlu kamu tahu, Lazada ini beda dengan Tokopedia / Bukalapak. Lazada ini tidak hanya memberikan ruang untuk para pedagang saja, tetapi pihak Lazada sendiri juga berjualan dan menyediakan barangnya. Namun, tidak semua barang disediakan oleh Lazada.

Kalau Anda akan membeli barang di Lazada, pastikan memfilter bagian Layanan yang Disediakan oleh Lazada.

Mengapa memilih yang disediakan oleh Lazada? Karena Anda akan mendapatkan jaminan kalau produk benar-benar ada dan sesuai. Selain itu nantinya untuk masalah return juga lebih mudah, karena yang menyediakan adalah dari Lazada langsung bukan seller lain.

2. Pilih Bayar di Tempat

Lazada - Bayar di Tempat

Mungkin ini tidak berlaku untuk semua produk, tetapi beberapa produk telah menyediakan pembayaran di tempat. Sehingga nanti Anda bayar ketika barang sudah sampai di rumah Anda. Di filter Layanan Anda dapat memilihnya pilihan Bayar di Tempat.

Pembayaran di tempat ini jelas lebih membuat Anda lebih aman dan nyaman dalam berbelanja. Dan bisa memastikan barang sudah sampai dan sesuai. Ini cocok buat Anda yang takut barang di tidak sampai padahal sudah transfer.

3. Membeli di Official Stores

Lazada - Official Stores

Lazada ini juga sudah bekerja sama dengan berbagai brand-brand produk untuk membuka online store di Lazada. Nah online store milik Brand ini namanya Official Stores. Jadi ini store resmi dari brand tersebut, otomatis yang jual dan nyediakan barang yang langsung pihak brand tersebut, bukan penjual biasa atau distributor.

Anda bisa membuka situs Lazada kemudia pilih menu Official Stores. Di sana nanti ada banyak store dari berbagai brand produk. Anda bisa memilihnya sesuai dengan produk yang ingin dibeli.

Membeli produk di Lazada melalui Official Stores ini akan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi Anda selaku pembeli.

4. Cek Performa dan Rating Toko

Lazada - Rating Toko

Jika ternyata produk yang ingin Anda beli tidak disediakan oleh Lazada, serta tidak ada Official Stores nya, maka solusinya adalah membeli barang yang dijual oleh seller biasa. Nah ketika Anda ingin membeli melalui seller biasa, maka Anda wajib melihat performa dan rating tokonya. Ini untuk mengetahui bahwa seller tersebut benar-benar memberikan pelayanan yang bagus.

Di bagian kanan bawah akan ada informasi tokonya, yang memuat Rating Positif Seller, Periode di Lazada, dan Kelompok Seller. Pastikan memilih Rating Positif Seller yang tinggi, kemudian periode di Lazada ini adalah lama penjual tersebut berjualan di Lazada, sedangkan Kelompok Seller pilih yang tingkatnya paling tinggi.

Rating ini adalah sistem yang dibuat oleh Lazada yang secara otomatis menilai performa toko dari. Jadi kalau toko (seller) banyak mendapatkan transaksi dan feedback positif, maka dampaknya akan di rating ini.

***

Itulah beberapa tips membeli barang di Lazada. Semoga dengan tips di atas, Anda bisa berbelanja dengan aman dan nyaman di Lazada. Selamat Berbelanja!

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


3 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *