Solusi Barang Tidak Sesuai Saat Belanja di Lazada dengan Sistem COD

  • Whatsapp

Banyak yang bertanya kepada kami, kalau waktu belanja di Lazada menggunakan metode COD atau bayar di tempat, ternyata barang tidak sesuai seperti yang tertera. Lantas apa yang kamu dilakukan? Apakah langsung mengembalikannya ke kurir atau bagaimana?

Ternyata banyak pembeli khususnya pembeli di Lazada yang belum paham soal prosedur masalah seperti ini. Sebelumnya kami akan sedikit jelaskan kembali tentang metode pembayaran Bayar di tempat atau COD di Lazada ini.

Baca juga : Belanja Aman di Lazada dengan Bayar di Tempat (COD)

Lazada memiliki metode pembayaran COD atau Bayar di Tempat untuk beberapa produk. Metode pembayaran ini nantinya dibayarkan setelah barang sampai di alamat pemesan. Pembayarannya langsung diberikan ke kurir yang mengantarnya dengan nominal yang sesuai dengan tagihan, tidak kurang tidak lebih.

Apabila pembeli tidak berada di rumah tapi di rumah ada orang, pembayarannya bisa dilakukan oleh orang rumah. Tidak harus yang pesan. Kalau rumah kosong, biasanya pihak kurir akan membawa kembali barang pesanannya, kemudian akan kembali keesokan harinya atau akan menghubungi pemesan via telepon untuk konfirmasi pengantaran barang.

Nah, lantas bagaimana jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan gambar, bentuk atau ukurannya?

Apakah pembeli harus membuka pesanannya di depan kurir dan kalau tidak sesuai apakah langsung dikembalikan ke kurir?

Jawabannya adalah, Anda tidak perlu membukanya di depan kurir. Pihak kurir hanya bertugas mengantar pesanan Anda dan menerima uang pembayaran dari Anda. Apalagi jika Anda sampai marah-marah ke kurir kalau barangnya tidak sesuai, itu adalah cara yang salah.

Ingat, kurir (seperti JNE, J&T, LEX, dll) hanyanya bertugas mengantarkan pesanan sampai ke tangan pembeli. Mereka tidak ada urusannya dengan isi barang. Isi barang adalah tanggung jawab pihak Lazada / Seller.

Jadi kalau barang ternyata tidak sesuai, solusinya adalah :

Bisa meminta produk pengganti atau pengembalian dana sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pengembalian Barang

Akan tetapi, Anda tidak bisa serta merta meminta produk penggantinya atau pengembalian dana. Karena pihak Lazada memiliki prosedurnya.

Berikut prosedur pengembalian barang di Lazada :

1. Baca Kebijakan Pengembalian Produk

Jadi pertama-tama Anda harus membaca dulu kebijakannya.

Di Lazada sendiri ada 3 kategori jaminan pengembalian produk :

  • 7 Hari pengembalian : untuk produk yang dikirim dari luar negeri, contoh Koleksi Taobao, Global Collection
  • 14 Hari pengembalian : untuk produk lokal (Non LazzMall)
  • 15 Hari pengembalian : untuk produk LazMall

Pastikan dulu produk yang Anda beli termasuk produk yang mana. Dan apakah waktunya masih tercover atau tidak.

Jaminan Pengembalian Produk

2. Mengisi Formulir Pengembalian Produk

Anda tidak bisa langsung mengembalikannya ke Lazada atau ke Seller/Merchant langsung. Anda perlu mengisi formulir pengembalian produk dulu.

Jika produk yang Anda beli adalah produk yang dikirim/disediakan langsung dari Lazada, cara mengisi formulirnya seperti ini >> https://www.lazada.co.id/helpcenter/bagaimana-saya-mengembalikan-produk.html

Jika produk yang ANda beli adalah produk dari Seller/Merchant, cara mengisi formulirnya seperti ini >> https://www.lazada.co.id/helpcenter/bagaimana-proses-pengembalian-barang-langsung-ke-penjual-seller-direct-return-to-merchant.html

Kemudian setelah mengisi formulir, Anda harus mengirimkannya produk yang ingin di return / refund ke Jasa Pengiriman sesuai yang dipilih saat mengisi formulir. Ingat, harus sesuai dengan yang dipilih. Waktunya maksimal 3 hari setelah mengisi formulir pengembalian barang.

3. Patuhi Syarat Pengembalian Barang

Setelah mengisi formulir, Anda bisa langsung kirimkan barangnya ke Lazada atau Seller/Merchant. Nanti alamat tujuannya kemana? Tenang, saat mengisi formulir, nanti akan ada detailnya soal itu. Jadi ikuti saja saat proses pengisian formulir.

Dan jangan lupa untuk mematuhi persyaratan pengembalian barang berikut, agar pengembalian barang Anda sah.

Syarat Pengembalian Barang Lazada

Seperti itu prosedurnya. Dan uniknya belanja di Lazada itu, kalau mau mengembalikan barang itu tidak hanya kalau barangnya rusak/cacat atau tidak sesuai saja. Misalnya ternyata Anda berubah pikiran pun bisa dikembalikan.

Dari tabel di bawah ini sudah jelas syarat barang yang bisa dikembalikan harus bagaimana.

Pengembalian Barang Checklist

Untuk pengembalian barang dengan alasan Berubah Pikiran, tidak berlaku untuk produk jenis : Digital (Pulsa, dll), Makanan – Minuman atau Keperluan Sehari-hari lainnya, produk ukuran besar (TV, Kulkas, dll), dan produk yang dikirim dari luar negeri.

Baca juga : Cara Beli Barang di Lazada yang Aman Dari Penipuan

Seperti itu yang bisa kami sampaikan. Selengkapnya mungkin bisa di baca-baca di Help Center Lazada. Kalau ada yang ingin ditanyakan langsung tulis di kolom komentar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

31 Komentar

  1. Jika cod ternyata barang palsu dan tidak sesuai deskripsi sebaiknya tidak dibayar sekalian ke kurir. Jika mengikuti prosedur diatas maka cstmr akan rugi. Kecuali jika barang tidak muat atau salah pesan atau miss komunikasi atau faktor tidak suka, itu wajib hukumnya untuk membayar ke kurir. Beda hal jika barang tsbt palsu tpi deskripsinya asli. Krn pihak lazada akan membayar ke seller jika ada konfirmasi barang diterima oleh cstmr dan lazada dalam hal ini sebagai pihak ke 3 antara seller dan cstmr jika pmbyrn tanpa cod. Jika seller menipu bisa langsung membanned dengan bukti dri pihak kurir atau meneruskan ke pihak berwajib, jadi tidak perlu membayar barang dri seller penipu ke kurir.

    1. Kan kalau bayar ke kurir dulu bisa dicek paketnya tanpa konfirmasi barang diterima dulu. Nanti kalau pas dibuka ternyata barang palsu, baru diurus tanpa harus konfirmasi barang diterima. Kalau nggak dibayar itu artinya tidak bayar jasa kurirnya, pihak kurirnya malah rugi. Yang penting tidak konfirmasi barang diterima.

  2. Untuk COD kalo barangnya kita buka dan cek tidak sesuai/palsu terus kita bayar kan aneh malah,, mending suruh kurirnya bawa pulang terus nggak usah konfirmasi barang di terima,, kemudian laporkan seller yang bersangkutan ke Lazada biar Lazada yang proses sellernya biar nggak bisa jualan lagi di Lazada,, kalo bisa Lazada laporkan ke polisi penjualnya dengan tuduhan penipuan terhadap masyarakat.. Kalo ikut prosedur di atas yang rugi konsumen/pembeli,, lagian kurir kan cuman jasa ngantar doang jadi kalo pembeli/penerimanya komplain nggak mau terima/konfirmasi ya kembalikan aja barangnya ke penjual/pengirimnya.. Terus jasa kurirnya ya di tanggung oleh penipunya atau Lazada yang urus karena Lazada kan sebagai penyedia layanan belanja online jadi Lazada juga harus tanggung jawab biar penjual yang ada di Lazada itu bisa di percaya oleh masyarakat sehingga Lazada menjadi situs online nomor 1 dan terpercaya!

    1. Pesanan tidak datang. Pihak toko saya komplain, katanya barang sudah di antar ke jasa pengirim.. Order tgl 2.11.2019. Pemberitahuan barang hilang tgl 27.11.2019.

  3. Tidak adil rasanya jika barang yg diterima ternyata palsu/ tidak sesuai pesanan lalu dibayar pada kurirnya. Itu sama artinya orang lain yg salah maka orang lain yg nanggung akibatnya, pembeli yg kena tipu maka pembeli juga yg ribet urus pengembalian barang yg katanya bisa berminggu minggu baru uang kembali. Saya sepakat pada komentar sebelumnya bahwa barang yg tidak sesuai tak usah dibayar sama kurir, dikembalikan aja sama penjualnya (penipu) dan ongkir return barang biar ditanggung sendiri sama penjual,dgn itu Kurirnya tidak rugi malah kalau bisa dua kali lipat untungnya dia dapat ongkir pengembalian barang. KAN ADIL. Nah, TERKECUALI jika pembeli yg katanya berubah pikiran terus mengembalikan barang ya… Biar pembeli itu sendiri yg nanggung segala persyaratannya. KALAU SISTEMNYA SEPERTI ITU SAYA JUGA JADI MALAS BELANJA DI LAZADA.

  4. type barang baterai lpatop dan charger type yg dikirim tidak seuai , jadi saya mau return dan pengembalian uang oleh lazzada .trims
    hp saya 081213127291 lihat data nya pembelian tidak sesuai

  5. gimana kalau barang yg kita terima gak sesuai pabriqeen yg di pesan atau palsu….?
    mau tidak mau harus bayar.
    dengan alasan karna paket sudah di buka..
    gimana bisa tau kalaw paket yg kita terima asli atau palsu kalaw gak dibuka….?
    bukanya cod itu bayar di tempat di waktu kurir antar paket sampai langsung bayar gitu. gimana kalaw pesan ayam dapatnya bebek…?
    kan gak lucu.
    buka dulu paketnya lihat barang nya kalau sesuai sama yg di pesan mesti bayar.
    kalaw barang nya palsu ataw gak sesuay sama yg di pesan mesti kita bayar…? buat apa. tapi kalaw alasan beruba pikiran. itu gak masukakal. itu wajib harus bayar paling tidak separu haga biar gak ada yg di rugikan
    kalaw nantinya mau mintauang kembali.

    1. Halo,

      Bukan begitu konsepnya Pak. Bayar di tempat itu ya bayarnya ketika kurir sudah mengantarkan barang pesanan Anda ke tujuan, maka langsung dibayarkan ke kurir. Nah, nanti kalau dicek ternyata barang pesanan ada cacat/rusak/tidak sesuai pesanan, sudah ada prosedur untuk RETURN. Jadi Anda tetap bayar dulu ke kurir, nantinya barang di Return ke Lazada sesuai dengan mekanisme yang ada. Begitu semoga paham.

  6. Kak mau nanya, kan pesanan saya ngga sesuai krna salah ukuran, ingin diretur, saya sudah mengisi form retur… tetapi setelah itu seller malah menolak pengembalian barang, pas saya tanya di chat katanya sedang diproses.. saya tidak mengerti kenapa seller bilang sedang diproses tapi sebelumnya malah ditolak, itu artinya proses returnya akan dibatalkan atau ngga?..minta komentarnya terimakasih

  7. Saya lagi nunngu hp di lazada dengan pmbayaran cod ,,jadi gimana barangnya buka dulu atau bayar dulu,takutnya ga sesuai sama deskripsi hp nya.tolong kasih sarannya dong

    1. Bayar dulu. Nanti kalau barang tidak sesuai, prosedurnya lakukan pengembalian barang sesuai prosedur Return di Lazada.

  8. Ribet… Sama saja bohong.. Masa barang yang tdk sesuai mau d bayar..?
    Pihalk nya ga mau rugi juga .Lazada..shop.. Dan jasa pengriman itu udah kerja sama.. Yaa. Urusannya kalian.. Kesalahan kita apaa? Cmn ingin melihat sesuai apa ngak dan di saksikan Oleh kurirnya pula.. Klo boleh di videokan buat bukti dokumentasi..pada paket d buka… Untuk melihat barang.sesyai apa ngak…

  9. Sepertinya saya tertipu seller palsu, transfer ke VA Lazada tgl 9 Juli 2020, apakah bisa dilacak kebenaran seller dan uang dikembalikan?

      1. Kak mau tanya saya ingin mengembalikan produk ke penjualnya…dan diganti dengan yg baru….apakah itu akan pasti diganti dengan yg baru…saya takut itu penipuan…..brangnya sudah dikembalikan…tpi barang yg baru belum diterima saya…..brangnya pecah…….saya takut klo itu penipuan….apakah dilazada seperti itu minta infonya

        1. Tenang saja aman. Asal mengikuti prosedur pengembalian barang di Lazada.

          Itu belinya di Lazada Mall atau Seller di Lazada?

  10. Beli barang 2 pcs.. keduanya yang datang barang aneh. tidak sesuai pesanan, tidak sesuai gambar, apa mungkin barang ditukar oleh kurir, atau memang sellernya sengaja mwngirim barang salah ya…

  11. Saya sbg penjual dilazada, ada yg retur brg katanya tidak sesuai padahal antara gambar dan brg sdh sama. Saya tanya exp katanya info ke lazada supaya bisa proses retur. Apa yg hsrus saya lakukan spy brg tsb secepatnya sampai kpd saya tks

  12. barang sudah di terima tadi saya pesen 7 item dtgny 4 item…gmn ingin uang kmblai atw brg kirim kembali…nyoba2 asa ribet geje

    1. Santai dulu kak, jangan panik. Semua bisa dibicarakan baik-baik dengan penjualnya. Silakan hubungi penjualnya dulu via chat,

  13. saya beli barang ada kerusakan pada barang.. dr pihak toko bisa diajukan pengembalian. Tapi
    apakah ongkir return barang tetap ditanggung sama customer.. sedangkan itu bukan kesalahan dr customer..apakah memang perlu biaya ongkir ditanggung sama customer

  14. Sy mau nanya nih,klo tenda piknik apa bs dikembalikan jg ya? soalnya anak sy salah membeli trus barangx sdh dlm perjalanan,mhn pencerahannya..makasih

    1. Kalau salah beli dan itu murni kesalahan dari pembeli, sepertinya tidak bisa dikembalikan. Tapi coba dikomunikasikan dengan sellernya

      1. Maaf sy mau tanya,,sy sdg proses pengembalian dana di lazada,,sy beli hp dr lazzmall tp ternyata tdk bisa pakai simcard indo,,sy sdh ikuti semua prosedur pengembalian dana lazada,,kira2 uang bisa kembali nda ya