Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Solusi Barang Tidak Sesuai Saat Belanja di Lazada dengan Sistem COD

Banyak yang bertanya kepada kami, kalau waktu belanja di Lazada menggunakan metode COD atau bayar di tempat, ternyata barang tidak sesuai seperti yang tertera. Lantas apa yang kamu dilakukan? Apakah langsung mengembalikannya ke kurir atau bagaimana?

Ternyata banyak pembeli khususnya pembeli di Lazada yang belum paham soal prosedur masalah seperti ini. Sebelumnya kami akan sedikit jelaskan kembali tentang metode pembayaran Bayar di tempat atau COD di Lazada ini.

Baca juga : Belanja Aman di Lazada dengan Bayar di Tempat (COD)

Lazada memiliki metode pembayaran COD atau Bayar di Tempat untuk beberapa produk. Metode pembayaran ini nantinya dibayarkan setelah barang sampai di alamat pemesan. Pembayarannya langsung diberikan ke kurir yang mengantarnya dengan nominal yang sesuai dengan tagihan, tidak kurang tidak lebih.

Apabila pembeli tidak berada di rumah tapi di rumah ada orang, pembayarannya bisa dilakukan oleh orang rumah. Tidak harus yang pesan. Kalau rumah kosong, biasanya pihak kurir akan membawa kembali barang pesanannya, kemudian akan kembali keesokan harinya atau akan menghubungi pemesan via telepon untuk konfirmasi pengantaran barang.

Nah, lantas bagaimana jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan gambar, bentuk atau ukurannya?

Apakah pembeli harus membuka pesanannya di depan kurir dan kalau tidak sesuai apakah langsung dikembalikan ke kurir?

Jawabannya adalah, Anda tidak perlu membukanya di depan kurir. Pihak kurir hanya bertugas mengantar pesanan Anda dan menerima uang pembayaran dari Anda. Apalagi jika Anda sampai marah-marah ke kurir kalau barangnya tidak sesuai, itu adalah cara yang salah.

Ingat, kurir (seperti JNE, J&T, LEX, dll) hanyanya bertugas mengantarkan pesanan sampai ke tangan pembeli. Mereka tidak ada urusannya dengan isi barang. Isi barang adalah tanggung jawab pihak Lazada / Seller.

Jadi kalau barang ternyata tidak sesuai, solusinya adalah :

Bisa meminta produk pengganti atau pengembalian dana sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pengembalian Barang

Akan tetapi, Anda tidak bisa serta merta meminta produk penggantinya atau pengembalian dana. Karena pihak Lazada memiliki prosedurnya.

Berikut prosedur pengembalian barang di Lazada :

1. Baca Kebijakan Pengembalian Produk

Jadi pertama-tama Anda harus membaca dulu kebijakannya.

Di Lazada sendiri ada 3 kategori jaminan pengembalian produk :

  • 7 Hari pengembalian : untuk produk yang dikirim dari luar negeri, contoh Koleksi Taobao, Global Collection
  • 14 Hari pengembalian : untuk produk lokal (Non LazzMall)
  • 15 Hari pengembalian : untuk produk LazMall

Pastikan dulu produk yang Anda beli termasuk produk yang mana. Dan apakah waktunya masih tercover atau tidak.

Jaminan Pengembalian Produk

2. Mengisi Formulir Pengembalian Produk

Anda tidak bisa langsung mengembalikannya ke Lazada atau ke Seller/Merchant langsung. Anda perlu mengisi formulir pengembalian produk dulu.

Jika produk yang Anda beli adalah produk yang dikirim/disediakan langsung dari Lazada, cara mengisi formulirnya seperti ini >> https://www.lazada.co.id/helpcenter/bagaimana-saya-mengembalikan-produk.html

Jika produk yang ANda beli adalah produk dari Seller/Merchant, cara mengisi formulirnya seperti ini >> https://www.lazada.co.id/helpcenter/bagaimana-proses-pengembalian-barang-langsung-ke-penjual-seller-direct-return-to-merchant.html

Kemudian setelah mengisi formulir, Anda harus mengirimkannya produk yang ingin di return / refund ke Jasa Pengiriman sesuai yang dipilih saat mengisi formulir. Ingat, harus sesuai dengan yang dipilih. Waktunya maksimal 3 hari setelah mengisi formulir pengembalian barang.

3. Patuhi Syarat Pengembalian Barang

Setelah mengisi formulir, Anda bisa langsung kirimkan barangnya ke Lazada atau Seller/Merchant. Nanti alamat tujuannya kemana? Tenang, saat mengisi formulir, nanti akan ada detailnya soal itu. Jadi ikuti saja saat proses pengisian formulir.

Dan jangan lupa untuk mematuhi persyaratan pengembalian barang berikut, agar pengembalian barang Anda sah.

Syarat Pengembalian Barang Lazada

Seperti itu prosedurnya. Dan uniknya belanja di Lazada itu, kalau mau mengembalikan barang itu tidak hanya kalau barangnya rusak/cacat atau tidak sesuai saja. Misalnya ternyata Anda berubah pikiran pun bisa dikembalikan.

Dari tabel di bawah ini sudah jelas syarat barang yang bisa dikembalikan harus bagaimana.

Pengembalian Barang Checklist

Untuk pengembalian barang dengan alasan Berubah Pikiran, tidak berlaku untuk produk jenis : Digital (Pulsa, dll), Makanan – Minuman atau Keperluan Sehari-hari lainnya, produk ukuran besar (TV, Kulkas, dll), dan produk yang dikirim dari luar negeri.

Baca juga : Cara Beli Barang di Lazada yang Aman Dari Penipuan

Seperti itu yang bisa kami sampaikan. Selengkapnya mungkin bisa di baca-baca di Help Center Lazada. Kalau ada yang ingin ditanyakan langsung tulis di kolom komentar.




2 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.