Cara Belanja di Tokopedia Yang Aman Dari Penipuan

  • Whatsapp

Ternyata saat ini masih saja ada keresahan bagi sebagian pembeli ingin bertransaksi barang secara online. Dari pengamatan saya, keresahan itu muncul dari kalangan masyarakat yang belum familiar dengan internet dan kurangnya informasi mengenai jual beli online.

Di sinilah peran dari orang-orang yang berpengalaman untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan cara bertransaksi online yang aman dan nyaman. Karena saat ini eranya sudah serba digital dan jika tidak mengikuti justru akan terjebak pada kondisi yang dihantui pikiran-pikiran negatif, seperti takut terkena penipuan ketika belanja online.

Padahal tidak semua transaksi online itu menipu, apalagi untuk era sekarang ini yang mana telah banyak bermunculan platform jual beli online yang mendukung dan memfasilitas pembeli dan penjual agar bisa bertransaksi secara aman. Salah satunya platform yang memberikan keamanan dan kenyamanan itu adalah Tokopedia.

Sudah cek Tokopedia belum?

Jika belum, berarti wajar jika Anda masih takut untuk bertransaksi online melalui Tokopedia.

Kaitannya dengan penipuan online, banyak sekali kesalahpahaman yang diterima oleh masyarakat. Misalnya saja begini, ada Pembeli A yang membeli sebuah produk di Seller A melalui Tokopedia. Mungkin lagi apes, ternyata Pembeli A tertipu oleh  Seller A. Dari kasus itu, muncul sebuah anggapan bahwa Tokopedia penipu. Akhirnya yang hinggap di masyarakat adalah kalau belanja di Tokopedia harus waspada karena penipuan.

Kasus-kasus semacam ini banyak ternyata. Salah paham dan kurangnya edukasi tentang sebuah teknologi menyebabkan masyarakat menjadi salah mengartikan terhadap kasus penipuan atau sejenisnya di jual beli online.

Padahal, Tokopedia itu hanyalah sebuah platform atau media yang mempertemukan pembeli dan penjual. Tokopedia tidak menjual barang, tetapi hanyalah memfasilitasi. Bahasa kerennya Tokopedia itu adalah sebuah Marketplace. Jika tidak tahu marketplace, gampangannya seperti Pasar. Di pasar itu kan banyak sekali kios-kios penjual, nah kalau ada penjual A menipu apakah lantas Pasar XYZ adalah penipu? Tidak kan. Jadi, ini yang perlu diluruskan.

Baiklah, kembali ke topik utama. 

Tokopedia menurut saya hingga saat ini telah memberikan fasilitas yang cukup aman untuk berbelanja secara online. Saya ingat ketika Tokopedia yang dulu bukanlah yang sekarang. Dulu, tampilannya agak ribet dan membingungkan, tapi sekarang orang awam pun bisa menggunakan. Khususnya untuk masalah keamanan berbelanja, Tokopedia telah memberikan fitur-fitur yang dapat melindungi pembeli dari kasus penipuan yang dilakukan oleh Seller.

Jadi sebenarnya belanja di Tokopedia itu Aman. Namun, namanya juga manusia kadang ada juga yang nakal baik pembeli maupun penjual.

Sekarang, tinggal bagaimana Anda sebagai pembeli lebih cerdas dan teliti memilih Seller.

Agar lebih cerdas dan aman dari penipuan jika belanja di Tokopedia, berikut ini saya berikan beberapa tips cara belanja di Tokopedia yang aman:

1. Cari Toko Yang Memiliki Badge “Gold Merchant”

Gold Merchant

Simbol Gold Merchant adalah Seller yang berlangganan iklan di Tokopedia. Ini artinya Seller tersebut memang benar-benar ‘niat‘ berjualan di Tokopedia. Tapi ini bukan yang utama lho ya, Anda juga harus melihat poin di bawah ini juga.

2. Lihat Reputasi Toko

Reputasi Toko

Keberadaan Fitur Reputasi yang disediakan Tokopedia sangat membantu sekali bagi pembeli online yang ingin melihat kredibilitas toko atau seller. Reputasi Toko memiliki beberapa tingkatan (lihat gambar).

Tingkat Reputasi Toko

Lebih baik jangan pilih Seller yang belum memiliki Reputasi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Lihat Detail Statistik Toko

Detail Statistik Toko

Silahkan klik “Lihat Detail Statistik” di beranda Toko, maka Anda akan melihat beberapa indikator nilai dari transaksi-transaksi yang dilakukan oleh Toko tersebut. Beberapa indikator yang bisa Anda jadikan acuan adalah Nilai Kualitas Produk, Nilai Akurasi Produk, Statistik Kepuasan Toko Terbaru, dan Statistik Transaksi Toko. Dari sinilah Anda bisa melihat apakah toko atau seller tersebut benar-benar menjual produk “bukan penipu” atau hanya sekedar main-main.

4. Lihat Diskusi dan Review

Diskusi Produk Tokopedia

Agar lebih menyakinkan lagi ketika nanti membeli, coba buka “Lihat Diskusi” dan “Review“. Di halaman ini Anda bisa melihat percakapan yang dilakukan oleh pembeli lain ke penjual serta review yang diberikan pembeli lain setelah menerima barang yang dibeli di toko tersebut. Sehingga dari sinilah Anda bisa melihat seberapat tingkat kepuasan pembeli lain yang nantinya Anda juga akan mengalaminya.

5. Lihat Kapan Seller Terakhir Online

Terakhir Online

Di beranda Toko ada informasi kapan terakhir seller online. Nah, informasi ini berguna untuk Anda sebagai pembeli melihat tingkat responsibility seller. Ini kan transaksi online, kalau seller jarang online ya pasti akan berdampak buruk pada pelayanan pembeli.

Baca juga: Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Online Di Tokopedia

Nah, itulah beberapa tips cara belanja di Tokopedia yang aman. Yang terpenting itu, ketika Anda belanja online di mana saja pastikan jangan langsung order ketika melihat barangnya bagus. Coba cek dulu kredibilitas seller. Karena ini penting untuk sebuah jual beli online.

Originally posted on 28/10/2015 @ 21:18

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

32 Komentar

  1. Hallo,
    itu yang ngurusin fanpage di fb umur berapa ya?
    kalo 17 th ya pantes
    pakenya kata serba kamu kamu kamu
    padahal yang dihadapin kebanyakan orang2 dewasa
    apa iya pantas pake kata kamu
    gak sopan itu namanya

  2. saya
    tertipu dengan jebakan maut tokopedia atas kejahatan pembeli yg
    sepertinya ingin melakukan pertukaran komponen lcd dengan alasan mati
    total dan melakukan pengembalian dana dipusat resolusi saat pembeli
    melakukan solusi terakhir dan kembali dana disitu
    saya menolak dan terakhir solusi ada form tertulis dana yg anda
    inginkan sebagai penjual lcd bekas pasti saya ingin uang hasil penjualan
    saya diterima meskipun sedikit untuk orang kampung seperti saya itu
    berarti setelah saya masukan dana yg diinginkan alhasil tokopedia malah
    menyelesaikan permasalahan bukanya memberi uang hasil dagangan saya
    otomatis saya sebagai penjual rugi saya ga mau selesai sebelum hasil
    penjualan saya diterima karena barang dagangan lcd bekas saya hidup jadi
    mati total bukti screen shoot penjualan lcd yg hidup ada dan screen
    shoot kepuasan pembeli lain ada di saya.untuk penjual elektronik lain
    hati2 atas modus pembeli dan jebakan maut tokopedia ini invoice saya
    INV/20170213/XVll/ll/69802995

  3. Gan saya mau nanya klo saya bayar lewat indo maret lalu seller nya gx ngirim barang yg saya pesan lalu gagal ,nanti uang saya kemana tolong bantuannya

      1. Gan klo uang nya ada di, saldo akun tokopedia trus gimana cara ngambilnya? Apa kita harus ke indo maret lagi kah

        1. Ya tinggal Tarik Saldo saja, nanti ditransfer ke rekeningmu. Tapi sebelumnya tambahin dulu data rekeningmu

  4. pengalaman saya beli sepatu waktu bln desember 2017 seharga 52.000. setelah dibayar di indomart besoknya ada jawaban barang tersebut stcock nya kosong, dan uang akan dikembalikan di tokocash. tapi stlh di cek, saldo akunnya ternyata 0. saya jadi ragu untuk beli lg barang di tokopedia.

  5. Saya waktu beli kaca spion mbl beberapa hari setelah ku tranfer ada sms dari toko pedia berbunyi toko yg ku maksud tdk dapat memenuhi pesanan saya dan dana akan segera di kembalikan. Sampai sekarang kok blm ada pemberitahuan kalau dana sdh di kembalikan. Mohon nyanyiannya

  6. Pengalamn saya belanja di tokopedia sempat sedikit kebingungan, yah wajarlah perdana berbelanja di tokopedia. akhirnya sy memutuskan utk membeli suatu barang dan sudah fix dengan pembilanya, uang sudah di tranfer. pas barangnya dtg saya gaada di rumah diantar sama go-jek, si go-jek malah ngantar balik ke penjual, akhirnya saya komplen habis-habisan ke tokopedia terkait uang saya, di kembalikanlah ke saldo tcash namun sudah terpotong sedikiy, tapi saya rugi karena barang yang saya beli pertama kualitasnya bagus dan harganya juga pun murah, akhirnya dengan saldo yg bgtu saya cari barang yang sama dengan harga yang murah, walaupun gak beda-beda jauh sama yang pertama, tapi Alhamdulillah untuk kedua kalinya saya harus standby di depn rumah karena diantar langsung sama go-jek. Yang terpenting adalah ke memperhatikan hal2 diatas sebelum berbelanja. dan jangan lupa tanyakan dulu stok barangnya sebelum melakukan transaksi…

    1. Itulah untung rugi membeli barang lewat online. Dan ini juga perlu kesadaran dari konsumen agar tidak serta merta menyalahkan penjual.

  7. 1. mungkinkah seller bisa login sebagai admin dan membuat rating palsu?
    2. kode barang dari produk teknologi harus difoto supaya kalau retur gak bisa dicurangi dengan gambar barang yang tidak ditransaksikan

        1. Kalau Anda sudah konfirmasi barang sudah sampai tapi sebenarnya belum. Ya otomatis dana yang akan langsung pindah ke saldo penjualnya. Kan seperti itu sistemnya. Coba tracking pengirimannya sudah sampai mana, kalau memang sedang dalam proses ya tunggu saja.

          1. Sebenar masalah ini blm terjadi tapi hampir terjadi, karna sy sgt teliti Allhamdullilah tdk terjd. Yang sy prtanyakn jika pesanan masih dlm proses pengiriman tpi trjd moderasi, nah bagaimn status pengirimn ditokopediany apakh error atau dana dikembalikn kepembeli. Atau mungkin jd ngambang ga bisa di apa2in atau jd otomatis cair ke kepenjual, atau normal sperti biasany. Ya skedar pengetahuan ja tuk antipasi, biar temen2 disini jg bisa pada tau.

          2. Kalau barang sudah dalam “Proses Pengiriman” itu artinya sedang dikirim oleh kurir ke alamat Anda. Dan jika dalam kondisi tersebut Anda tidak sengaja memoderasi atau pesanan sudah sampai, maka yang terjadi adalah Proses Pengiriman tetap berlanjut (tidak terpengaruh), tetapi dana akan dikirimkan ke saldo Penjual, karena pembeli sudah mengkonfirmasi pesanan sudah sampai.

  8. 5 hari yang lalu saya belanja di Tokopedia,tapi sampai skrg barang blm samapai jg,trs saya cek resi tidak bisa terlacak.statusnya masih trs dlm proses pengiriman di track nya,sya sudah coba chat sama si seller tapi gk ada tanggapan,gk di balas2 chat saya,apakah uang saya aman di toko pedia?trs apa yang harus saya lakukan?mohon pencererahan nya,
    Trimakasih

    1. Silakan hubungi CS Tokopedia untuk melakukan pembatalan transaksi. Selama Anda belum menyatakan sudah terima barang, maka dana Anda masih di rekening Tokopedia.

  9. Bagaimana jika saya sudah membeli barang?, dan barang tsb sudah diantar kurir namun saya sedang tidak ada dirumah

    1. Kalau rumah Anda masih ada orangnya (tidak kosong) maka akan tetap di antar ke rumah Anda. Namun, jika kosong, biasanya barang akan dibawa kembali oleh kurir kemudian akan diantar keesokan harinya. Atau Anda akan dihubungi kurirnya kalau barang sudah sampai.

  10. saya sudah GOld Member di tokopedia, alhamdulillah transaksi selalu berhasil.
    namun jika ada toko yg curang, misalnya :
    1. bisakah penjual membuat kiriman palsu ( barang tidak di kirim namun status “sedang dikirim )
    2. bisakah penjual curang tsb, menyelesaikan pengiriman sedang barang blm sampai tujuan.
    3. bagaimana kondisi pembayaran yg sdh terlanjur saya bayar…? namun penjual melakukan kecurangan di point 1 & 2 tsb.

    Trm kasih atas penjelasannya

    1. Yang namanya oknum penjual yang curang pasti akan bisa saja melakukan kecurangan seperti itu. Tapi perlu dipahami pembeli juga bahwa berbelanja lewat marketplace (Tokopedia, Bukalapak, dll) itu sekarang ini sudah sangat aman.

      Kalau pun nanti ada yang melakukan kecurangan tersebut, ya kita bisa komplain ke penjual atau tidak ada respon ke penjual bisa langsung kontak CS Tokopedia/marketplacenya.

      Transaksi dianggap selesai jika pembeli sudah mengkonfirmasi penerimaan barang, jika belum maka dana akan tertahan di rekening Tokopedia/marketplace. Jadi kalau misal ada kecurangan tersebut, ya sebaiknya kalau pesanan sampai, dicek dulu benar atau tidak isinya. Kalau ternyata isinya palsu, ya jangan konfirmasi kalau Barang sudah diterima. Tapi komplain ke Seller/Pihak Tokopedia. Entah nanti minta return atau refund. Yang jelas dana masih ada di pihak Tokopedia, bukan di Seller.

      Intinya, jadilah pembeli yang Smart juga. Ketahui sistem kerja marketplace dan syarat maupun prosedur untuk return / refund.

      1. Gan bagai mana cara membeli yg bukan srjenis barang, misalnya seperti akun2 game online seperti coc/ml dll??, mohon penjelasanny

  11. bisa gak si pembeli melihat profil lengkap sperti alamat penjual/foto penjual biodata penjual/email si penjual? di tunggu jawabnya ya min.sudah 3 thun sya slalu blanja di tokped.gk pernah ada mslah/tertipu

  12. Paling repot kalau barang yang dikirim tidak sesuai, kemudian komplain dan diminta mengembalikan barang dengan batas waktu 24jam. Tapi karena tidak ditempat dan tidak sempat buka email, sehingga tidak bisa melakukan retur sesuai yang dipersyaratkan, maka terpaksa terima kalau barang dianggap selesai.