Home » BISNIS ONLINE » Cara Belanja di Tokopedia Yang Aman Dari Penipuan
Cara Belanja di Tokopedia

Cara Belanja di Tokopedia Yang Aman Dari Penipuan

Ternyata saat ini masih saja ada keresahan bagi sebagian pembeli ingin bertransaksi barang secara online. Dari pengamatan saya, keresahan itu muncul dari kalangan masyarakat yang belum familiar dengan internet dan kurangnya informasi mengenai jual beli online.

Di sinilah peran dari orang-orang yang berpengalaman untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan cara bertransaksi online yang aman dan nyaman. Karena saat ini eranya sudah serba digital dan jika tidak mengikuti justru akan terjebak pada kondisi yang dihantui pikiran-pikiran negatif, seperti takut terkena penipuan ketika belanja online.

Padahal tidak semua transaksi online itu menipu, apalagi untuk era sekarang ini yang mana telah banyak bermunculan platform jual beli online yang mendukung dan memfasilitas pembeli dan penjual agar bisa bertransaksi secara aman. Salah satunya platform yang memberikan keamanan dan kenyamanan itu adalah Tokopedia.

Sudah cek Tokopedia belum?

Jika belum, berarti wajar jika Anda masih takut untuk bertransaksi online melalui Tokopedia.

Kaitannya dengan penipuan online, banyak sekali kesalahpahaman yang diterima oleh masyarakat. Misalnya saja begini, ada Pembeli A yang membeli sebuah produk di Seller A melalui Tokopedia. Mungkin lagi apes, ternyata Pembeli A tertipu oleh  Seller A. Dari kasus itu, muncul sebuah anggapan bahwa Tokopedia penipu. Akhirnya yang hinggap di masyarakat adalah kalau belanja di Tokopedia harus waspada karena penipuan.

Kasus-kasus semacam ini banyak ternyata. Salah paham dan kurangnya edukasi tentang sebuah teknologi menyebabkan masyarakat menjadi salah mengartikan terhadap kasus penipuan atau sejenisnya di jual beli online.

Padahal, Tokopedia itu hanyalah sebuah platform atau media yang mempertemukan pembeli dan penjual. Tokopedia tidak menjual barang, tetapi hanyalah memfasilitasi. Bahasa kerennya Tokopedia itu adalah sebuah Marketplace. Jika tidak tahu marketplace, gampangannya seperti Pasar. Di pasar itu kan banyak sekali kios-kios penjual, nah kalau ada penjual A menipu apakah lantas Pasar XYZ adalah penipu? Tidak kan. Jadi, ini yang perlu diluruskan.

Baiklah, kembali ke topik utama. 

Tokopedia menurut saya hingga saat ini telah memberikan fasilitas yang cukup aman untuk berbelanja secara online. Saya ingat ketika Tokopedia yang dulu bukanlah yang sekarang. Dulu, tampilannya agak ribet dan membingungkan, tapi sekarang orang awam pun bisa menggunakan. Khususnya untuk masalah keamanan berbelanja, Tokopedia telah memberikan fitur-fitur yang dapat melindungi pembeli dari kasus penipuan yang dilakukan oleh Seller.

Jadi sebenarnya belanja di Tokopedia itu Aman. Namun, namanya juga manusia kadang ada juga yang nakal baik pembeli maupun penjual.

Sekarang, tinggal bagaimana Anda sebagai pembeli lebih cerdas dan teliti memilih Seller.

Agar lebih cerdas dan aman dari penipuan jika belanja di Tokopedia, berikut ini saya berikan beberapa tips cara belanja di Tokopedia yang aman:

1. Cari Toko Yang Memiliki Badge “Gold Merchant”

Gold Merchant

Simbol Gold Merchant adalah Seller yang berlangganan iklan di Tokopedia. Ini artinya Seller tersebut memang benar-benar ‘niat‘ berjualan di Tokopedia. Tapi ini bukan yang utama lho ya, Anda juga harus melihat poin di bawah ini juga.

2. Lihat Reputasi Toko

Reputasi Toko

Keberadaan Fitur Reputasi yang disediakan Tokopedia sangat membantu sekali bagi pembeli online yang ingin melihat kredibilitas toko atau seller. Reputasi Toko memiliki beberapa tingkatan (lihat gambar).

Tingkat Reputasi Toko

Lebih baik jangan pilih Seller yang belum memiliki Reputasi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Lihat Detail Statistik Toko

Detail Statistik Toko

Silahkan klik “Lihat Detail Statistik” di beranda Toko, maka Anda akan melihat beberapa indikator nilai dari transaksi-transaksi yang dilakukan oleh Toko tersebut. Beberapa indikator yang bisa Anda jadikan acuan adalah Nilai Kualitas Produk, Nilai Akurasi Produk, Statistik Kepuasan Toko Terbaru, dan Statistik Transaksi Toko. Dari sinilah Anda bisa melihat apakah toko atau seller tersebut benar-benar menjual produk “bukan penipu” atau hanya sekedar main-main.

4. Lihat Diskusi dan Review

Diskusi Produk Tokopedia

Agar lebih menyakinkan lagi ketika nanti membeli, coba buka “Lihat Diskusi” dan “Review“. Di halaman ini Anda bisa melihat percakapan yang dilakukan oleh pembeli lain ke penjual serta review yang diberikan pembeli lain setelah menerima barang yang dibeli di toko tersebut. Sehingga dari sinilah Anda bisa melihat seberapat tingkat kepuasan pembeli lain yang nantinya Anda juga akan mengalaminya.

5. Lihat Kapan Seller Terakhir Online

Terakhir Online

Di beranda Toko ada informasi kapan terakhir seller online. Nah, informasi ini berguna untuk Anda sebagai pembeli melihat tingkat responsibility seller. Ini kan transaksi online, kalau seller jarang online ya pasti akan berdampak buruk pada pelayanan pembeli.

Baca juga: Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Online Di Tokopedia

Nah, itulah beberapa tips cara belanja di Tokopedia yang aman. Yang terpenting itu, ketika Anda belanja online di mana saja pastikan jangan langsung order ketika melihat barangnya bagus. Coba cek dulu kredibilitas seller. Karena ini penting untuk sebuah jual beli online.

3 Comments
    • Setia Adi Firmansyah

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 4 =