Mengambil Uang (Tarik Tunai) via ATM di Luar Negeri

  • Whatsapp

Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya kepada EtalaseBisnis, apakah bisa mengambil uang (tarik tunai) lewat ATM di luar negeri?

Jawabannya adalah BISA.

Mungkin buat yang masih awam akan bertanya-tanya, kok bisa? Kan bank yang kita pakai hanya ada di Indonesia?

Bukan itu masalahnya.

Tapi, sebenarnya bank-bank di Indonesia ini sudah memiliki atau tergabung dalam jaringan provider kartu kredit yang bisa digunakan di seluruh negara. Provider tersebut misalnya VISA .INC dan MasterCard WordlWide.

Nah, kedua provider ini merupakan provider kartu kredit terbesar di dunia. VISA .INC memiliki produk bernama VISA, sedangkan MasterCard Wordwide memiliki produk bernama MasterCard.

Jika Anda mengamati kartu debit atau kredit yang dimiliki, pasti akan ada logo-logo VISA ataupun MasterCard.

Baca juga: Ini Lho Perbedaan Kartu Kredit Dan Kartu Debit

Itu tandanya, Anda bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk bertransaksi dimana saja selama ada merchant atau ATM yang berlogo VISA maupun MasterCard. Jadi sampai sini tentu sudah paham ya kenapa bisa digunakan untuk mengambil uang atau bertransaksi di luar negeri?

#Yang perlu diperhatikan ketika akan mengambil uang melalui ATM di luar negeri..

Meski terlihat mudah, tapi Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar Anda bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Mencari ATM yang berlogo ATM Prima / ATM Bersama / ATM Cirrus / VISA / PLUS

Tapi sebelumnya lihat dulu, ATM yang Anda miliki terdapat logo apa, hal ini supaya Anda bisa lebih mudah menemukan ATM yang memiliki logo yang sama. Contoh saja misalnya Anda memiliki ATM Bank Mandiri, lalu Anda sedang di Kuala Lumpur, Malaysia. Di sana Anda bisa mencari ATM berlogo Prima atau Bersama. Salah satu yang bisa digunakan adalah ATM Maybank yang warnanya kuning itu. Di ATM itu Anda sudah bisa bertransaksi.

Mengetahui Rate Tiap Bank

Karena Anda sedang di luar negeri tentunya nanti uang yang keluar bukanlah Rupiah, tapi mata uang setempat. Untuk itu Anda jika ada waktu bisa cek nilai tukar mata uang setempat ke Rupiah. Sebisa mungkin cari yang ratenya tidak terlalu jauh.

Memilih Bahasa

Ketika menggunakan ATM pasti akan tersedia pilihan bahasa, pilihlah bahasa yang Anda pahami atau minimal English. Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah memilih transaksi.

#Hindari Money Changer

Selain bisa melalui ATM, Anda juga bisa mengambil uang melalui jasa Money Changer. Akan tetapi biasanya rate yang ditawarkan sangatlah tinggi dan tidak sewajar di ATM. Jadi sebisa mungkin kalau tidak terpaksa mending ambil uang melalui ATM.

Mengambil uang melalui ATM di luar negeri caranya juga hampir sama kalau ambil di Indonesia kok. Setelah masukin kartu nanti diminta untuk masukin password. Dan Anda bisa langsung bertransaksi seperti yang dikehendaki.

Jadi intinya seperti itu, jika saat ini Anda memiliki ATM dari Bank manapun, tetap bisa digunakan untuk bertransaksi di luar negeri termasuk untuk mengambil uang. Nggak perlu khawatir pokoknya, tapi meskipun bisa, Anda tetap harus punya cadangan uang cash ketika akan pergi ke luar negeri. Ini untuk mengantisipasi jika Anda sulit menemukan ATM atau memang membutuhkan uang cash secara mendesak.

Itu saja yang bisa diinformasikan, semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk Anda khususnya yang akan ke luar negeri. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman Anda dan jangan lupa untuk subscribe blog ini untuk mendapatkan artikel menarik lainnya langsung di email Anda. Terima kasih!

Originally posted on 27/10/2016 @ 12:39

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

28 Komentar

  1. Bagaimana cara menukar uang asing yang tersimpan di dalam kartu debet visa sewaktu di luar negri pembuatannya?
    Apakah ada di Indonesia menukar kartu debet visa dengan mesin offline EDC? Jika tdp tempat tsb boleh dishare. Terimakasih atassaran dan tanggapannya.

  2. Tman saya punya kartu visa Bank Al Rajhi arb saudi
    Kemaren d cek ada saldo nya.. pas beberapa jam kemudian d cek pda saat akan melakukan penarikan uang,, saldo yv tersedia menyusut atau sangt jauh hmpir tak ada saldo nya… padahal sma sekali belom melakukan penarikn uang..

    Kira kira bisa gak y saya cek k bank lokal indonesia ,saya pengen lihat faktur data transaksi nya…

  3. Min mau tanya. Kalau misalkan saya berada di malaysia, punya kartu atm indonesia. Suatu hari saya ada di malaysia, saya kirim uang ke keluarga yang ada di indonesia. Apakah nanti uang yang keluar rupiah apa ringgit?

  4. Mau tanya, saya di malaysia. Saya pegang atm btn. Tapi ketika saya masuka pin langsng keluar atm ny. itu saya di bank islam ada logo meps atm bersama prima visa sedangkan atm btn saya berlogo visa. Apakah saya harus konfirmasi btn ?

    1. Tarik tunai di luar negeri pakai kartu debit BNI? Kalau iya, sudah diaktifkan kartu debitnya? Baca ini : Cara Menggunakan Kartu Debit BNI di Luar Negeri

  5. Kak, saya dimalaysia bsk mw pulkam ke indonesia, atm saya (publik bank) sudah dibuatkan internasional jd bs ambil uang diindonesia asalnya atm yg buat saya ambil berlogo meps atau ciruss trs kl saya mw transfer lsg dr atm malaysia ke rekening pribadi saya diindonesia bs gak? Mnta tolong bantuanya

  6. Apakah untuk dapat pembayaran dari luar negeri harus kartu atm yang berlogo master card?? Dan berapa minimal uang untuk disetor ke bank ??

  7. Kak, saya lagi di malaysia, kalau sya transfer uang dari atm BRI ke maybank malaysia boleh gak? Transfernya pake online banking gtu…
    Bisa gak kk?

  8. Saya kesulitan ambil uang di mastercard saya sewaktu di singapure. Bisakah petunjuk2 apa sasaja yg harus di tekan dalam versi bhs.inggris.

  9. Kenapa saat ambil uang cash di atm malaysia yg berlogo sama skrg tidak bisa lg
    Kemarin bulan mei masih boleh
    Tolong bagi petunjuk

  10. ATM saya BRI logo nya ATM bersama dan prima,apakah saya bisa tarik uang di ATM yg ada di Malaysia.mohon bantuannya

    1. Saya juga gx bisa,padahal saldo saya ada n sblmnya saya juga sudah pernah ambil n berhasil,.sekarang saya mau ambil gx bisa
      Ada solusi ??

  11. Mau tanya misalnya sy membuat atm my bank di indonesia.tapi di gunakan di malaysia isi saldonya ringgit apa rupiah ya.krna untuk transaksi di malaysia saja

  12. Bg saya numpang tanya.
    Saya kan pngn ngambil uang di BRI.
    Tpi Kartu ATM Malsyia bg.
    Pdhal kn udah ada Visa tpi kok.
    Pas di cek.
    Mesin nya bilang TRX nya tidak bisa ya bg.
    Mohin penjelasan nya bg

  13. Pk…saya mau tanya….ATM BRI saya,,,ATM biasa tnpa logo yg brwarna biru…apakah bisa mngambil uang di ATM yg ada di malaysia

  14. Mau tanyak tadi sore saya coba tes tarik tunai mengunakan kartu ATM BRI di mau bank malaysia ,,,tapi kok nggk bisa ya,,,padahal kartu ATM saya sudah ada logo link ATM bersama dan prima,,,apa yg kurang ya mas,,?