Home » PERBANKAN » 3 Cara Cek Harga Dollar Hari Ini

3 Cara Cek Harga Dollar Hari Ini

Editor / 15/01/2022 / Dibaca : 19 views

Bagi para investor dan pengusaha, mengetahui cara cek harga dollar hari ini adalah penting dan merupakan rutinitas yang harus dilakukan. 

Pasalnya, Perekonomian kita sangat tergantung dengan mata uang Amerika Serikat ini. Mata uang dollar USD adalah mata uang yang paling kuat dan stabil dibandingkan mata uang lain di seluruh dunia.

Jika harga dollar hari ini sedang tinggi, maka jika dijual ke Rupiah, kita akan mendapatkan keuntungan dan nilai tambah bahwa Dollar USD sulit mengalami penurunan nilai.

Sebenarnya, ada banyak mata uang lain yang cukup berpengaruh terhadap perekonomian dunia, seperti Euro, Poudsterling, Yen hingga Dollar Singapura. Namun, Dollar USD masih menjadi patokan utama di Indonesia.

Harga Dollar Hari Ini

Jenis-Jenis Kurs 

Ketika kamu mencari cara cek harga dollar hari ini, nantinya kamu akan menemukan beberapa istilah yang mungkin belum kamu ketahui artinya secara detail. 

Salah satu istilah tersebut adalah Kurs. Kurs merupakan nilai atau harga mata uang dari suatu negara, namun diukur dalam mata uang negara lain. 

Berikut jenis-jenis kurs yang harus diketahui:

Kurs Beli

Kurs beli adalah suatu kondisi dimana para pedagang valas atau Bank akan menjual valuta asing. Jika kamu ingin menukarkan mata uang Rupiah (IDR) ke Dollar, maka kamu mengikuti kurs beli.

Kurs Jual

Suatu kondisi di mana bank atau pedagang valas akan membeli valuta asing. Kamu yang sedang ingin menukarkan mata uang asing ke rupiah, maka kamu melihat kurs jual di cara cek harga dollar hari ini. 

Kurs Tengah

Seperti namanya, Kurs tengah merupakan gabungan dari kurs beli dan jual. Rumusnya Kurs jula ditambah dengan kurs beli lalu dibagi dua (diambil kurs rata-ratanya).

Baca juga: Perbedaan Kurs Jual dan Kurs Beli

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi harga Dollar Hari Ini

Jika kamu sering memperhatikan kurs dollar dan kurs mata uang asing lainnya, Kamu akan menemukan perubahan setiap tahunya. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang membuat harga mata uang asing ini tidak menetap. Berikut ini beberapa faktor penyebabnya:

Kebijakan Pemerintah

Kebijakan merupakan suatu upaya pemerintah dalam menghindari masalah nilai tukar valuta asing serta perdagangan internasional, termasuk juga intervensi pasar uang. Semua hal ini akan berpengaruh pada nilai tukar mata uang suatu negara. 

Inflasi 

Terjadinya kenaikan harga pada produk dan jasa di suatu negara disebut inflasi. Kondisi tersebut juga ikut berpengaruh terhadap penurunan nilai mata uang lokal di suatu negara. 

Perbedaan Tingkat Suku Bunga

Adanya arus modal internasional ini dipengaruhi oleh perubahan suku bunga di suatu negara. Hal ini tentu akan mempengaruhi pasar valuta asing. Pihak Bank akan mempertimbangkan perubahan suku bunga ini. Bank lebih memilih untuk mendapatkan pinjaman murah di pasar uang asing agar suku bunga rendah. 

Aktivitas Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran aktif ternyata dapat meningkatkan nilai mata uang domestik, serta meningkatkan jumlah para debitur asing. Jika saldo pembayaran suatu negara pasif, maka berakibat menurunnya nilai tukar mata uang domestik. 

Ekspektasi

Cara cek harga dollar hari ini ternyata juga bisa dipengaruhi oleh ekspektasi nilai tukar di masa depan. Pasar valuta asing sangat peka dengan berbagai isu di berbagai negara. Seperti inflasi di Amerika Serikat misalnya, yang menyebabkan pedagang Valas akhirnya menjual mata uang dollarnya.

Cara Cek Harga Dollar Hari Ini

Harga Dollar Hari Ini

Mengetahui begitu pentingnya melakukan cek harga dollar hari ini bagi para pebisnis dan investor, Maka pengecekan bisa dilakukan dengan mudah melalui beberapa cara berikut ini:

1. Cara Cek Harga Dollar di Browser

Ini merupakan cara cek harga dollar hari ini yang paling mudah untuk dilakukan. Kamu cukup terkoneksi ke internet dan memanfaatkan mesin pencari atau browser di smartphone kamu. Kamu juga bisa mengeceknya lewat PC, tablet dan laptop.

Kamu cukup mengetikkan kata kunci di mesin pencarian browser tersebut, seperti “harga dollar terhadap rupiah hari ini”, kemudian tekan enter. Maka akan muncul beberapa alternative website yang menjawab pertanyaan kamu tersebut di mesin pencarian.

2. Pakai Aplikasi Smartphone

Pengguna smartphone di Indonesia sudah tahu belum, bahwa cara cek harga dollar hari ini bisa melalui aplikasi di smartphone. Cara ini tidak kalah mudah, Kamu hanya tinggal download aplikasi currency converter, dan langsung saja cari tahu kurs mata uang asing.

3. Mengunjungi Website Resmi Bank

Hampir seluruh bank di Indonesia, termasuk Bank Indonesia pastinya memiliki laman untuk cara cek harga dollar hari ini di website resminya. 

Jadi Kamu tinggal kunjungi website resmi dari bank-bank tersebut (pilih salah satunya). Informasi yang disajikan pihak bank biasanya lebih lengkap, mulai dari kurs jual, kurs beli dan informasi lainnya secara real time.

Para pebisnis, investor dan pedagang valas, wajib mengikuti pergerakan mata uang asing, dengan mengetahui cara cek harga dollar hari ini. Hal tersebut dapat membantu mereka dalam menganalisis keuntungan dan kerugian dari bisnis yang mereka jalankan.


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.