Home » PERBANKAN » Tentang Apa Itu mandiri e-cash dan Fitur Kelebihannya

Tentang Apa Itu mandiri e-cash dan Fitur Kelebihannya

mandiri e-cash

ETALASEBISNIS.com – Semakin meningkatnya pertumbuhan masyarakat, berdampak pada tingkat transaksi keuangan di masyarakat. Kebutuhan bisnis pun juga meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Perputaran uang yang terjadi di masyarakat, tidak selamanya aman. Karena sudah banyak kasus penipuan yang menggunakan uang, salah satunya adalah banyaknya peredaran uang palsu.

Untuk mengurangi risiko tersebut, pada bulan Agustus 2014 pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia telah menandatangani Nota Kesepahaman untuk mewujudkan “Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)”.

Gerakan ini tujuannya untuk membuat masyarakat semakin sadar akan penggunaan instrumen non tunai, atau yang lebih tren dengan nama less cash society.

Nah, untuk mendukung gerakan itu, pihak-pihak terkait khususnya pengelola keuangan dalam hal ini bank, juga sudah mengeluarkan produk-produk non tunai. Salah satunya adalah mandiri e-cash yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

mandiri e-cash adalah layanan dari Bank Mandiri yang berupa uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi USSD dan aplikasi ponsel, dari situ pengguna bisa menggunakannya untuk kebutuhan berbagai transaksi keuangan. Sehingga dengan modal mandiri e-cash, pengguna tidak perlu lagi membaca uang cash yang banyak di dompetnya. Cukup membawa ponsel yang telah terinstall mandiri e-cash, maka sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan.

Tidak hanya itu, dengan mandiri e-cash pengguna juga bisa untuk melakukan transaksi banking (Bank Mandiri) seperti melakukan transfer ke rekening mandiri e-cash, top up e-Money, maupun melakukan tarik tunai.

Baca juga : Cara Isi Ulang E-Money Mandiri Bisa Lewat Apa Saja?

Cara Mendapatkan mandiri e-cash

Untuk bisa menggunakan mandiri e-cash sudah barang tentu Anda punya rekening di Bank Mandiri. Karena nanti untuk melakukan Top Up lebih mudah melalui rekening Bank Mandiri yang dimiliki.

Lalu untuk mendapatkannya, pengguna bisa mengunduhnya di App Store atau Google Play aplikasi mandiri e-cash. Tetapi bagi yang tidak memiliki ponsel pintar berbagai Android atau iOS, bisa melalui sms dengan menekan *141*6#

Cara Isi Ulang Saldo mandiri e-cash

Untuk mengisi saldo mandiri e-cash, pengguna bisa melalui berbagai cara, diantaranya bisa melalui mandiri atm, mandiri sms, mandiri internet, mandiri clickpay, atau bisa juga dengan transfer dari bank lain dan pembelian saldo melalui toko ritel (minimarket).

Cukup mudah.

***

mandiri e-cash ini tergolong mudah digunakan, karena menawarkan berbagai kemudahan. Yang utama adalah pengguna tidak perlu lagi uang tunai, lebih aman dan efektif. Layanan mandiri e-cash ini juga sudah mendukung berbagai operator seluler. Jadi tidak perlu khawatir nomornya bisa didaftarkan mandiri e-cash atau tidak.

Mudahnya lagi, untuk melakukan pendaftaran tidak perlu datang ke kantor Bank Mandiri. Karena pendaftaran langsung bisa dilakukan sendiri melalui ponsel.

Owh ya, satu lagi dan ini perlu diingat, bahwa mandiri e-cash bisa digunakan oleh semua orang tanpa menjadi nasabah Bank Mandiri. Asal punya ponsel dan nomor yang aktif, sudah bisa menggunakan mandiri e-cash.

***

Keamanan penggunaan mandiri e-cash ini juga terjamin. Karena ketika melakukan pendaftaran maka pengguna harus membuat semacam kode rahasia dan PIN. Fungsinya nanti digunakan untuk login dan transaksi. Jadi yang bisa menjalankan mandiri e-cash itu yang pengguna sendiri, tidak langsung berhubungan dengan bank.

Baca juga : Infrastruktur Transaksi Nontunai Perlu Dimaksimalkan Lagi

***

merchant mandiri e-cash

Beberapa merchant mandiri e-cash

Benefit yang didapatkan pengguna ketika menggunakan mandiri e-cash sangat banyak, diantaranya seperti yang sudah disebutkan di atas, yakni dapat melihat informasi saldo dan transaksi yang sudah digunakan, pengisian saldo yang mudah melalui berbagai channel, tarik tunai di atm Bank Mandiri tanpa kartu atm, membayar tagihan, membeli atau belanja di merchant yang sudah bekerja sama dengan mandiri e-cash.

Baca juga : Cara Mendaftar mandiri e-cash dan Cara Mengisi Saldonya

Jadi itu sekilas tentang mandiri e-cash, semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *