Home » PELUANG USAHA » Peluang Usaha Kreatif Dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Kreatif Dengan Modal Kecil

Kerajinan Kreatif

Masih bingung mau memulai usaha apa yang hanya membutuh modal kecil? Kali ini saya akan memberikan beberapa ide peluang usaha kreatif yang bisa Anda coba hanya dengan modal yang kecil dan bisa diperoleh di sekitar kita secara cuma-cuma.

Sebenarnya dalam memulai usaha itu keberanianlah yang harus kita tanamkan di diri kita terlebih dahulu. Jika kita berani, ide sekecil apapun itu akan bisa kita eksekusi dengan kemampuan dan ketrampilan yang kita miliki.

Baca Yuk: Bisnis Kreatif Untuk Anak Muda Yang Bisa Dicoba

Sudah banyak contoh-contoh usaha kreatif yang justru diawali dengan coba-coba dan ketidaksengajaan namun ternyata malah berkembang menjadi usaha kreatif yang besar. Beberapa peluang usaha kreatif berikut ini mungkin sudah ada yang menjalankan, tapi tak ada salahnya jika kita mencoba siapa tahu kita akan menjadi inovasi baru dari usaha kreatif yang telah ada ini.

1. Peluang Usaha Kreatif Kerajinan Kertas Koran

Kerajinan Kreatif - Koran

Biasanya orang membaca koran itu hanya sekali dua kali. Setelah berganti hari maka koran pun akan diam di meja atau rak dan tak dibaca lagi. Nah, kalau kertas koran ini di buang tentu akan sayang, untuk itu kita bisa menjadikannya sebuah produk hand made yang memiliki nilai jual tinggi. Di sini kreatifitas Anda diasah untuk menghasilkan produk yang kreatif. Dari bahan baku hanya sebuah kertas, bisa dijadikan berbagai kerajinan multiguna, seperti keranjang, meja, wadah tissu, tas, hiasan lampu dan lain sebagainya.

Modalnya hanya kertas koran bekas, lem (perekat), cat/pewarna jika ingin diwarnai.

2. Peluang Usaha Kreatif Sampah Plastik

 

Kerajinan Kreatif - Plastik Kemasan

Sampah plastik (kemasan) menjadi salah satu isu masalah lingkungan. Untuk itu tak ada salahnya sampah plastik kemasan ini disulap menjadi barang yang menawan dan memiliki nilai jual yang tak pernah terpikirkan. Sampah-sampah plastik bisa Anda kumpulkan lalu dijadikan produk kreatif seperti tas, dompet, payung, dan kerajinan lainnya sesuai kreatifitas Anda.

3. Peluang Usaha Kreatif Dari Botol

Kerajinan Kreatif - Botol

Botol Air Minum yang terbuat dari plastik bisa Anda ubah menjadi barang yang banyak diminati orang. Adapun produk-produk kreatif yang bisa dibuat dari botol bekas ini adalah hiasan lampu, dekorasi interior rumah, mainan anak, dompet mini, dan lain-lain.

4. Peluang Usaha Kreatif Dari Kain Flanel

Kerajinan Kreatif - Flanel

Kain flanel memiliki tekstur yang lembut dan warnanya yang beragam. Dengan tekstur seperti itu kain flanel bisa dijadikan salah satu bahan pembuat produk kreatif seperti aneka boneka flanel, gantungan kunci, aksesoris mainan anak, dll. Anda bisa menjual produk flanel ini dengan sistem made by order. Sekarang ini pun banyak yang mencari produk flanel sebagai souvenir pernikahan.

Baca juga: Anita Lusiya Dewi, Bisnis Souvenir Kaktus Nyaris Tanpa Modal

5. Peluang Usaha Kreatif Kaktus Sukulen

Kerajinan Kreatif - Kaktus

Jika Anda suka tanam menanam, peluang usaha kreatif kaktus sukulen ini bisa Anda coba. Usaha kreatif ini adalah kombinasi dari cara menanam dan kerajinan tangan. Karena kaktus tidak sekedar ditanam namun juga dihias agar terlihat menarik.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *