5 Bisnis Kreatif Anak Muda di Era Milenial

/ / Dibaca : 813 views

Bisnis Kreatif Anak Muda | Di era milenial sekarang ini dan semakin berkembangnya teknologi, membuat anak-anak muda semakin kreatif dalam berkarya. Bahkan mereka tak takut lagi untuk berbisnis dengan modal yang seadanya. Padahal dulu kalau mau memulai bisnis itu rasanya berat. Salah satunya ada di modal usaha.

Beruntung saat ini teknologi semakin berkembang. Internet bisa masuk dan dinikmati oleh semua orang dari berbagai kalangan. Sehingga ini jadi sisi positif bagi anak muda untuk bisa berkarya dan memulai bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Peran teknologi sangatlah vital di era sekarang ini. Apalagi anak muda sangat dekat dengan dunia teknologi.

Partisipasi anak muda dalam berbisnis ini patut diapresiasi, meskipun baru skala mikro, tapi paling tidak ini sudah menjadi angin segar untuk perkembangan bisnis di Indonesia dalam waktu yang akan datang.

Anak muda identik dengan bisnis kreatif, ada beberapa bisnis kreatif anak muda yang bisa dilakukan. Contohnya saja berikut ini.

1. Bisnis Kreatif Jasa Desain Desain Grafis

Desainer
(c) http://www.idseducation.com/

Sekarang ini yang punya bakat menggambar tidak hanya bisa disaluran ketika di sekolah saja. Tetapi menggambar bisa dijadikan bisnis yang sangat menjanjikan. Anak muda bisa membuka jasa desain grafis dengan memasarkannya melalui internet.

Apalagi sekarang ini banyak situs jual beli desain yang bisa dimanfaatkan. Atau bisa juga jadi freelancer dengan mencari job desain di situs-situs freelance. Tidak hanya bisa menyasar market online saja. Jika Anda ingin menyasar pasar lokal, anda bisa juga bekerja sama dengan percetakan. Nantinya Anda menawarkan jasa desain, kemudian masalah cetak mencetak diserahkan ke percetakan.

2. Membuka Jasa Fotografi kreatif

fotografer-pro
(c) http://belfot.com/

Jika sukanya dalam hal fotografi, tekuni saja. Siapa tahu nanti akan jadi bisnis di masa depan. Membuka jasa fotografi sekarang ini juga bisa dilakukan. Meksipun di luar sana sudah banyak jasa fotografi yang bertebaran, tetapi yakinlah bahwa pasar ini masih luas.

Anda bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan jasa Anda. Misalnya saja dengan memulai membuat akun Instagram yang fungsinya untuk tempat portofolio Anda. Anda juga bisa menyasar market anak-anak muda yang nantinya foto bisa digunakan di media sosialnya.

Misalnya saja di daerah Anda ada tempat wisata, Anda bisa mencari pasar di sana. Sasarlah anak-anak muda yang doyan selfie atau foto-foto kemudian tawarkan hasil jepretan Anda.

3. Bisnis Event organizer

Event Organizer
(c) http://eventorganizer.visitstockholm.com/

Buat yang suka ngurusin acara kepanitian di kampus, itu juga sudah menjadi modal besar untuk bisa membuka bisnis kreatif. Ya, bisnis kreatif di bidang EO (Event Organizer) dan bidang musik, menjadi salah satu bisnis kreatif yang cukup memberikan keuntungan yang besar.

Lhoh ini kan harus punya modal besar? Siapa bilang? Anda cukup mencari relasi yang mau diajak kerjasama. Misalnya penyewaan sound system, grup band, jasa catering, dll. Jika Anda memiliki itu semua, Anda hanya tingga menyusun event yang diinginkan. Tinggal mempersiapkan manajemen yang kuat.

Selain itu, ajak pihak ketiga yaitu Sponsor, untuk memberikan modal untuk bisnis Anda ini.

4. Bisnis Fashion

Bisnis Distro
(c) www.wisatajakarta.co.id

Perkembangan dunia fashion di Indonesia mengalamai peningkatan yang signifikan. Meski persaingan terus naik, tapi faktanya bisnis fashion justru semakin bermunculan. Hal ini dikarenakan marketnya pun masih sangat luas. Nah, Anda para anak muda bisa menyasar bisnis ini. Misalnya dengan membuka distribution outlet (distro) terlebih dahulu. Lalu jika modal sudah cukup besar, bisa memproduksi sendiri dan mengembangkan bisnis fashionnya.

Baca juga: Peluang Usaha: Meraup Keuntungan Dari Usaha Kaos Distro

Bisnis kreatif yang satu ini memang tak ada habisnya. Meski target pasar anak muda, tetapi ada saja mode yang dipasarkan. Karena selain bisa berjualan t-shirt, juga bisa jualan aksesoris lain yang menyasar kelompok tertentu, misalnya pecinta anime.

5. Bisnis di dunia internet

Blogger
(c) http://lalalopez.com/

Yang tak kalah booming adalah bisnis internet. Sekarang eranya digital, banyak brand-brand dan perusahaan menyasar calon konsumen melalui internet. Sehingga ini menjadi peluang manis untuk para anak muda yang ingin berbisnis secara online. Bisnis online ini bisa meliputi jasa pembuatan website, jasa internet marketing, dan bisa jadi membuat blog untuk dikelola dengan mengandalkan program internet marketing yang ada.

Dan asyiknya lagi, bisnis kreatif yang satu ini bisa dikerjakan dimana saja. Yang penting ada laptop dan koneksi internet. :) Tertarik?

Originally posted 2019-10-04 07:43:27.

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.