Home » INVESTASI » Resiko Investasi Bisa Anda Cegah Dengan Cara Ini

Resiko Investasi Bisa Anda Cegah Dengan Cara Ini

Cara Berinvestasi
(c) kompas.com

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi, itu artinya Anda juga harus siap untuk menghadapi resiko yang akan terjadi. Setiap jenis investasi memiliki resiko yang berbeda-beda, semakin tinggi nilai investasinya maka semakin besar pula resiko yang bakal terjadi.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Meskipun ada resiko yang siap menyapa Anda, tapi itu semua bisa diminimalisir dengan beberapa cara.

Untuk itu kami menyajikan beberapa cara berinvestasi agar dapat meminimalkan resiko yang ada.

1. Dengan Diversifikasi

Salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh para investor adalah dengan melakukan diversifikasi. Apa itu Diversifikasi? Diversifikasi merupakan strategi dalam berinvestasi yang membagi modal investasi ke beberapa jenis aset investasi yang ada. Jadi, dari modal investasi yang Anda miliki, tidak semuanya ditaruh dalam aset investasi yang sama. Cara ini cukup membantu dalam meminimalkan resiko berinvestasi. Contohnya seperti ini, Anda berinvestasi di aset saham, properti, dan obligasi. Nah, di sini Anda telah melakukan Diversifikasi. Jika suatu saat investasi saham Anda jatuh, maka Anda akan terbantu dengan aset lain yakni properti dan obligasi.

Yang perlu diperhatikan ketika melakukan diversifikasi adalah memilih jenis aset investasi yang benar. Jangan asal memilih aset-aset investasi yang memiliki untung besar, tetapi semua aset tersebut harus saling melengkapi.

2. Pilih Aset Investasi Yang Anda Ketahui

Banyaknya pilihan investasi membuat Anda harus ekstra pandai dalam memilihnya. Namun kaitannya dengan meminimalkan resiko berinvestasi, lebih baik Anda memilih aset investasi yang Anda ketahui dan pahami. Anda tak perlu terpengaruh ajakan atau manisnya keuntungan dari sebuah investasi yang belum Anda ketahui betul. Apalagi kalau ada iming-iming jenis investasi yang berujuk pada “investasi bodong“, Anda harus hati-hati.

Lebih baik Anda memilih jenis investasi yang memang sudah legal dan memiliki izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga dalam menjalankan investasi nanti, Anda tak perlu khawatir adanya kemacetan di tengah jalan karena manajemen investasi tersebut.

Baca juga: Hati-hati Dengan Investasi Bodong

Sekali lagi, pilih jenis investasi yang Anda pahami. Karena dengan Anda mengerti dan memahami, maka Anda akan mudah dalam mengelola dan mengetahui resiko yang akan terjadi nanti.

3. Bisa Memilih Investasi Tabungan

Jika Anda memang tak mau direpotkan dengan masalah resiko yang ada. Anda bisa memilih investasi tabungan. Karena Tabungan memiliki resiko yang yang kecil. Tabungan juga bisa Anda cairkan kapan saja jika Anda membutuhkan.

4. Pelajari Ilmu Dasar Investasi

Meskipun ada jenis investasi yang cukup mudah dijalankan oleh orang awam yang belum mengerti tentang investasi, Anda tetap harus mau mempelajari tentang ilmu dasar investasi. Hal ini sangat penting agar Anda mengetahui berbagai resiko investasi dan bagaimana nanti mengatasinya. Ketika sudah memiliki ilmu dasarnya ini, Anda pun akan semakin percaya diri dalam berinvestasi dan mengelola investasi ke depannya. Karena investasi ini sifatnya jangka panjang sehingga membutuhkan keputusan-keputusan yang sangat matang akan hasilnya bisa dirasakan di masa yang akan datang.

Anda bisa menanyakan kepada rekan yang sudah bermain investasi atau bisa membaca buku investasi. Gunakan internet untuk mencari referensi soal investasi. Itu semua akan membantu Anda dalam mematangkan diri Anda sebelum benar-benar memilih investasi. Dan yang jelas, dengan mengetahui apa itu investasi Anda bisa mencegah resiko investasi yang ada.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *