Home » INVESTASI » Tips Investasi Rumah Ini Akan Membantu Anda Ketika Akan Membeli Rumah

Tips Investasi Rumah Ini Akan Membantu Anda Ketika Akan Membeli Rumah

Investasi Rumah
(c) www.hanivinside.net

Investasi properti menjanjikan keuntungan yang lebih besar dibanding jenis investasi lainnya. Selain itu, investasi di bidang properti memang memiliki nilai yang tetap bahkan bisa merangkak naik. Rumah adalah contoh bentuk investasi properti yang bisa dicoba.

Investasi rumah memang cukup menjanjikan. Selain rumah menjadi kebutuhan yang primer bagi setiap orang, nilai atau harga rumah semakin naik terlebih di kawasan yang ramai.

Lalu apa alasan investasi rumah itu menguntungkan?

  • Soal harga, bakal terus naik. Kalau investasi dalam bentuk tabungan uangnya bisa naik turun menyesuaikan inflasi, kalau investasi rumah tidak akan terpengaruh. Harga rumah bisa tetap, atau bahkan akan naik.
  • Resiko Kehilangan sangat kecil bahkan tidak ada. Kalau investasi lainnya seperti investasi uang, emas, dll bisa berpotensi hilang.
  • Rumah bisa jadi modal usaha. Yaitu dengan menggadaikan sertifikat rumah, sehingga uangnya bisa untuk modal usaha.
  • Bisa multifungsi. Kalau ingin ditempat sendiri bisa, ingin dijual bisa, atau ingin disewakan bisa.

Nah, untuk itu kami berikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum membeli rumah untuk investasi :

1. Cari Lokasi yang strategis

Nilai sebuah rumah itu tidak hanya diukur dari desain dan model bangunannya, tetapi faktor yang lain yang mempengaruhi adalah lokasi rumah tersebut. Jika rumah tersebut lokasinya strategis misalnya dekat sekolah, pasar, rumah sakit, dll harganya pun bisa naik berkali-kali lipat. Untuk itu carilah atau bangun rumah yang lokasinya menjanjikan.

2. Pakai Pengembang Properti yang berpengalaman

Untuk mendapatkan hasil rumah yang tidak hanya bagus dari segi fisik, tetapi juga kokoh dari segi kerangka dan lainnya, maka gunakan pengembang (developer) yang telah berpengalaman. Sehingga rumah Anda nantinya juga akan memiliki nilai jual yang lebih. Rumah ini sifatnya jangka panjang, jadi jangan asal dalam membuat rumah. Jika Anda ingin membeli rumah, mengecek siapa developernya juga sangat penting. Jangan sampai rumah yang akan Anda beli tidak berkualitas.

3. Lihat fasilitas atau infrastrukturnya

Apa saja fasilitas yang ada di rumah tersebut, lalu bagaimana infrastrukturnya. Infrastruktur ini bisa meliputi internal rumah itu sendiri maupun eksternal, yaitu apa saja bangunan atau fasilitas yang kira-kira akan dibangun di sekitar rumah tersebut.

Baca juga: 3 Aspek Penting Mengatur Strategi Sebelum Investasi

Jadi ketika akan membeli rumah, ketahui dulu kira-kira beberapa tahun ke depan di sekitar lokasi rumah ini akan ada apa. Itu bisa Anda prediksikan dilihat dari prospek lingkungan sekitar.

4. Carilah harga yang reasonable 

Jangan asal beli rumah, selalu kroscek harga rumah disekitarnya dan juga tanyakan kepada ahlinya, seperti pengembang rumah atau agen property yang ada. Sehingga Anda memiliki harga pas untuk membeli rumah tersebut.

Itu beberapa yang bisa Anda lakukan jika ingin berinvestasi rumah.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *