Perbedaan Restoran, Rumah Makan, Cafe dan Bistro

  • Whatsapp

Mungkin ada yang belum tahu perbedaan restoran, rumah makan, cafe dan bistro. Buat orang awam yang jarang makan ke luar, biasanya yang semua itu dianggap sama, sama-sama tempat makan. Iya sih emang tempat makan, tetapi sebenarnya masing-masing punya perbedaan yang cukup signifikan.

Tak ada salahnya untuk mengetahui perbedaannya, supaya nggak malu kalau nanti diajak makan ke luar.

Biasanya yang sering disamakan itu antara Restoran dan Rumah Makan, kemudian Cafe dan Bistro. Mari kita lihat perbedaannya berikut ini.

Perbedaan Restoran dan Rumah Makan

Restoran dan Rumah Makan
Photo by K8 on Unsplash

Restoran adalah tempat makan yang memiliki aturan manajeman, SOP (Standar Operasional Prosedur), yang mengatur tentang bagaimana menjaga kualitas menu yang dijual, pelayanan kepada pengunjung, hingga manajemen SDM yang bekerja di restoran tersebut.

Sehingga dari semua itu akan menciptakan sistem manajemen yang profesional. Dari sisi struktur SDM pun juga sangat struktural, ada Manajer Restoran, ada Supervisor Restoran, ada Kepala Koki (Chef), Pelayan, dll. Semuanya ditata dengan jelas dan berstandar bisnis kuliner.

Restoran harus memiliki branding & marketing agar bagaimana orang-orang bisa datang ke restorannya.

Sedangkan Rumah Makan adalah tempat makan yang tidak memiliki aturan atau standar manajemen yang baku atau bersifat struktural. Di rumah makan ya hanya ada Pemilik Rumah Makan, Koki Masak dan Pelayannya. Kadang yang punya juga yang jadi kokinya.

Bisa dikatakan Ruman Makan lebih fleksibel dan sederhana dari sisi sistem manajemennya. Rumah Makan biasanya tidak mementingkan bagaimana harus membranding rumah makannya. Mereka harus fokus menyajikan menu masakan yang enak. Tak jarang kalau banyak orang menganggap masakan di Rumah Makan lebih enak dibanding Restoran. Harganya pun lebih bersahabat.


Nah dari sini sudah bisa dilihat perbedaan yang mendasar, yakni soal standar sistem manajemennya.

Dengan adanya standarisasi ini, membuat Restoran memiliki ‘nilai’ atau kesan yang lebih mahal dan eksklusif dibanding Rumah Makan. Selain itu Restoran juga harus memiliki izin usaha dari pemerintah setempat. Ya meskipun Rumah Makan ada juga yang memiliki izin, tetapi rata-rata tidak ada yang memiliki.

Kenapa Restoran lebih mahal dibanding Rumah Makan, ya salah satu alasannya karena pengaruh standarisasi tersebut. Yang namanya sudah berbadan usaha, ya harus membayar PPN (Pajak Penambahan Nilai). Selain itu lokasi Restoran biasanya juga di tempat-tempat yang sangat strategis. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa harganya mahal.

Meskipun di lain sisi juga karena faktor dari menu masakan yang dijual juga.

Perbedaan Cafe dan Bistro

Cafe
Photo by Sincerely Media on Unsplash

Cafe adalah sebuah tempat yang lebih dikenal masyarakat untuk tempat ngopi dan nongkrong. Tak heran sih, soalnya di cafe biasanya memang memiliki menu kopi yang beraneka ragam. Dari sisi menunya, cafe ini lebih menyajikan menu-menu makanan yang sifatnya ringan, bukan makanan berat.

Tak heran juga kalau cafe cocok dijadikan untuk tempat nongkrong. Selain itu juga konsep desain cafe sendiri juga berbeda jika dibandingkan dengan restoran.

Sedangkan Bistro sebenarnya hampir sama dengan restoran, hanya saja skalanya lebih kecil. Karena di Bistro ini biasanya menu yang dijual adalah makanan-makanan berat. Tetapi konsep ruangannya lebih santai dan kasual, mirip Cafe. Tak heran kalau Cafe dan Bistro sering dianggap sama.

Sebenarnya Bistro itu sejarahnya dari Perancis. Kalau di Perancis, Bistro itu memiliki konsep bar kecil dengan menu minuman anggur. Nah di Indonesia sendiri, Bistro biasanya memiliki menu makanan yang merujuk ke makanan Perancis, Italia dan Jerman.

Di Bistro juga memiliki menu yang sering berubah-ubah.

Baca juga : Bagaimana Agar Cafe Ramai Pengunjung?


Jadi itu ya yang membedakan antara Cafe dan Bistro, lebih tepatnya soal menu makanannya. Sedangkan Restoran dan Rumah Makan tadi lebih ke standarnya.

Oke itu saja yang bisa kami bagikan, semoga informasi ini bisa menjadikan manfaat untuk Anda.

Jual Madu Klanceng Trigona Murni, Langsung dari Pembudidaya Lebah Trigona organik. Pesan di sini!
---------------
Join Telegram Channel EtalaseBisnis.com. Dapatkan update artikel bisnis terbaru langsung dari Telegram kamu >> Gabung Telegram Channel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *