Pengertian Tabungan: Jenis & Manfaatnya

/ / Dibaca : 8,967 views

Definisi & Pengertian Tabungan

Pengertian Tabungan adalah simpanan uang yang berasal dari pendapatan yang tidak dibelanjakan dan bisa dilakukan oleh perorangan maupun instansi tertentu. Simpanan uang (tabungan) ini bisa diambil kapan saja tanpa terikat oleh waktu. Bahkan bisa ditarik tunai secara mandiri melalui fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang diberikan oleh berbagai bank.

Namun ada juga jenis tabungan yang tidak bisa ditarik sewaktu-waktu. Kami sudah jelaskan jenis tabungan yang seperti itu.

Simpanan uang tabungan ini tidak bisa ditarik melalui Cek, Bilyet Giro dan penarikan lainnya.

Hal ini juga sudah tertera pada Undang-undang No.10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Tabungan ialah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan /atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

Menabung merupakan sebuah gaya hidup dan kebutuhan manusia untuk menjaga keadaan finansialnya agar tetap terjaga. Menabung juga tidak terpatok dengan berapa nominalnya. Mau besar maupun kecil, kalau rutin menabung pada akhirnya juga akan mendapatkan manfaat dari menabung.

Manfaat Tabungan

Bagi sebagian orang, menabung kadang sulit dilakukan. Apalagi mereka yang memiliki penghasilan pas-pasan. Penghasilan per bulan saja sudah pas buat kebutuhan sehari-hari, lantas bagaimana bisa menyisihkan untuk ditabung?

Tetapi sebenarnya setiap orang bisa menabung, meskipun nominalnya kecil. Lagi pula dengan menabung kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat, seperti :

Pengertian Tabungan

1. Memiliki Dana Darurat

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di diri kita maupun keluarga di masa yang akan datang. Misalnya saja kulkas di rumah tiba-tiba rusak, tapi sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Akhirnya perlu membeli kulkas baru. Karena punya tabungan, bisa langsung beli kulkas dari uang tabungan yang ada. Bayangkan kalau tidak punya tabungan, pasti untuk membeli kulkas baru harus menunggu gajian. Itupun kalau budgetnya ada, kalau tidak ada, harus menabung dulu. Justru malah semakin lama.

2. Jadi Lebih Hemat

Kalau kita sudah membiasakan diri untuk menabung, maka kita akan menjadi pribadi yang lebih hemat. Karena daripada uang dikeluarkan buat keperluan yang tidak jelas, mending ditabung.

Pola pikir “mending ditabung” ini akan membuat kita jadi lebih hemat. Bukan pelit ya, tetapi bisa memprioritaskan pengeluaran yang perlu dan tidak perlu.

3. Uang Aman dan Terjamin

Manfaat tabungan yang dilakukan di bank, membuat uang yang kita miliki lebih aman dan terjamin. Misalnya saja Anda punya uang Rp 20 juta, kemudian Anda simpan di rumah. Pastinya akan lebih was-was. Belum lagi menyimpan uang di rumah dalam nominal yang besar, akan lebih berisiko. Mohon maaf, misalnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di rumah, seperti kebakaran, bencana alam, atau lainnya, itu akan membuat uang bisa hilang atau bahkan rusak.

4. Lebih Praktis

Dengan tabungan kita bisa menyimpan uang jadi lebih praktis. Kalau kita butuh tinggal tarik tunai saja di ATM dengan Kartu Debit. Kalau mau belanja, tinggal gesek kartu Debit, kalau mau kirim uang ke saudara atau teman, bisa lewat ATM atau m-Banking.

Semua jadi lebih praktis, tidak perlu menghitung uang secara manual.


Tabungan memiliki beberapa jenis dan ada pengelompokannya lagi.

Jenis Tabungan Berdasarkan Prinsip

Kalau berdasarkan prinsip, tabungan dibagi menjadi dua :

1. Tabungan Konvensional

Tabungan Konvensional adalah tabungan yang diselenggarakan oleh bank konvensional dengan memegang prinsip bebas nilai. Tabungan Konvensional ini tidak terikat oleh nilai-nilai atau aturan-aturan agama tertentu. Bank penyelenggara tabungan konvensional ini hanya tunduk pada aturan yang telah ditetapkan oleh OJK dan Bank Indonesia.

Selama sistem dan prosedur penyelenggaraan tabungan tidak menyalahi aturan dari OJK dan Bank Indonesia, maka semuanya aktivitas yang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan tidak menjadi permasalahannya.

Maka dari itu di Tabungan Konvensional ada yang namanya Bunga Bank.

2. Tabungan Syariah

Tabungan Syariah adalah tabungan yang diselenggarakan oleh bank syariah dengan memegang prinsip syariah Islam. Di tabungan syariah tidak ada sistem bunga bank, yang adalah sistem bagi hasil. Aktivitas perbankan juga harus sesuai dengan prinsip syariah atau ajaran Islam. Misalnya saja adanya Akad Wadiah dan Mudharabah.

Jenis Tabungan Berdasarkan Tujuan

Ada beberapa jenis tabungan kalau dikelompokan berdasarkan tujuannya.

1. Tabungan Perorangan

Tabungan perorangan adalah tabungan yang tujuannya untuk dana simpanan perorangan atau personal saja. Ini adalah jenis tabungan yang umum digunakan semua orang. Membuka tabungan perorangan ini cukup mudah, cuma modal kartu identitas dan dana setoran awal mulai dari Rp 10.000 sudah bisa.

Tabungan perorangan ini lebih fleksibel. Nasabah bisa melakukan tarik tunai kapan saja dan dimana saja melalui fasilitas yang diberikan, seperti Kartu Debit (ATM), Internet Banking, Mobile Banking.

2. Tabungan Giro

Tabungan Giro sering disebut dengan Tabungan Bisnis. Karena tujuannya memang untuk bisnis. Dari fasilitas, hingga syarat pembukaan rekeningnya pun berbeda dengan tabungan perorangan biasa. Biasanya setoran awal Tabungan Giro itu minimal Rp 2 juta. Tetapi tabungan giro ini bisa digunakan untuk perorangan maupun perusahaan. Yang jelas fungsinya untuk bisnis.

Dari segi cara transaksinya pun, tabungan giro tidak sefleksibel tabungan biasa. Karena untuk transaksi antar rekening harus menggunakan cek atau bilyet.

3. Tabungan Haji

Tabungan Haji adalah tabungan yang ditujukan untuk keperluan pendaftaran haji dan kemudahan dalam mendapatkan porsi haji. Tabungan Haji ini hanya ada di bank syariah.

Nasabah Tabungan Haji bisa mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Baca juga : Cara Buka Rekening BSI Tabungan Haji Muda

4. Tabungan Anak

Tabungan Anak adalah tabungan yang ditujukan untuk anak (di bawah 17 tahun). Kalau anak Anda ingin memiliki tabungan, sedangkan mereka belum cukup umur (memiliki kartu identitas), maka bisa dimasukkan ke Tabungan Anak.

Tabungan anak juga bisa digunakan untuk dana persiapan anak ke depannya. Misalnya saja untuk biaya pendidikannya. Meskipun Tabungan Anak, tetapi saat membuka rekening harus menggunakan data orang tua juga.

5. Tabungan Investasi

Tabungan Investasi adalah tabungan yang tujuannya untuk investasi. Di dalamnya terdapat beberapa produk investasi yang bisa dipilih. Mulai dari Deposito, Tabungan Berjangka, Reksa Dana, Sukuk, dan lainnya.

Karena tujuannya untuk investasi, maka Tabungan Investasi tidak bisa ditarik sewaktu-waktu. Tujuannya untuk jangka panjang.

6. Tabungan Valas

Tabungan Valas adalah tabungan untuk menyimpan uang valuta asing. Dana nasabah yang tersimpan nanti dalam bentuk USD. Biasanya yang menggunakan tabungan valas adalah mereka yang sering bertransaksi antar negara.

7. TabunganKu

TabunganKu adalah program tabungan yang ditujukan untuk perorangan dengan syarat pembukaan rekening dan setoran bulanan yang lebih ringan. TabunganKu adalah program tabungan yang diterbitkan oleh bank-bank di Indonesia yang fungsinya untuk meningkatkan budaya menabung di masyarakat kalangan bawah.

Dengan setoran awal mulai dari Rp 20.000 dan setoran selanjutnya bisa mulai Rp 10.000. Sehingga nasabah yang memiliki budget tabungan kecil bisa tetap menabung di bank.

Masih ada beberapa jenis tabungan yang lainnya, seperti Tabungan Pelajar dan Tabungan Pegawai.

Itu beberapa penjelasan dan pengertian tabungan secara singkat. Semoga bermanfaat dan mari budayakan menabung.

Originally posted 2019-10-26 06:42:38.


3 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.