Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menggunakan Fitur Karyawan Lapak di Bukalapak

Kalau Anda pelapak di Bukalapak, pasti akan tahu kalau ada menu atau lebih tepatnya fitur baru dari Bukalapak untuk para pelapak, yakni fitur Karyawan Lapak. Fitur ini ditujukan untuk pelapak untuk membantu pengelolaan lapaknya.

Karyawan Lapak adalah salah satu fitur baru dari Bukalapak yang fungsinya untuk menambahkan karyawan yang bisa membantu mengelola lapaknya. Sehingga lapaknya bisa dikelola oleh banyak karyawannya tanpa harus menggunakan akun pemilik lapak (bos).

Adapun yang bisa dilakukan oleh Karyawan Lapak ini adalah : Mengelola Transaksi, Mengelola Promosi Barang, Mengirim/Membalas Pesan dan Mengelola Stok Barang.

Jadi masing-masing memiliki hak akses. Karyawan Lapak yang memiliki tugas mengelola transaksi, tidak akan bisa mengakses pengelolaan promosi dan lainnya. Begitu juga sebaliknya.

Karyawan Lapak-min

Baca juga : Perbedaan Aplikasi Bukalapak dengan Mitra Bukalapak

Ketentuan Fitur Karyawan Lapak

Dari sisi pemilik lapak (bos), saat ini hanya bisa menambahkan lima karyawan saja di fitur ini. Dan pemilik lapak (bos) bisa memantau aktivitas para Karyawan Lapak nya melalui menu Log Aktivitas.

Dan agar bisa menggunakan fitur Karyawan Lapak ini, pemilik lapak harus jadi Pelapak Premium. Jadi kalau masih jadi pelapak biasa, tidak bisa.

Sedangkan dari sisi Karyawan Lapak, ada beberapa yang perlu diketahui :

  • Harus memiliki akun di Bukalapak
  • Meskipun statusnya nanti jadi Karyawan Lapak, mereka tetap bisa berjualan di Bukalapak
  • Karyawan bisa mengakses akun pelapak lain yang menjadi bos-nya dengan cara pindah mode akun sebagai karyawan
  • Karyawan Lapak tidak bisa mengakses BukaDompet milik bos-nya
  • Karyawan Lapak hanya bisa memiliki satu bos lapak saja
  • Ketika sudah diundang atau didaftarkan di Karyawan Lapak, wajib melakukan konfirmasi email untuk aktivasi sebagai Karyawan Lapak

Baca juga : Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan di Bukalapak?

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Karyawan Lapak?

Berikut ini beberapa langkah untuk menggunakan dan menambahkan Karyawan Lapak di akun Bukalapak Anda. Cara ini kami sampaikan ketika Anda membukanya dalam versi Desktop. Jika Anda ingin membukanya melalui Aplikasi, silakan menyesuaikan.

  1. Buka Menu “Karyawan Lapak”

    Silakan buka menu Karyawan Lapak yang ada di sisi sidebar kiri. Ingat, pastikan Anda sudah menjadi Pelapak Premium. Jika Anda belum jadi Pelapak Premium, nanti akan diminta upgrade akun dulu.1_Menu_Karyawan

  2. Tambahkan Karyawan Lapak

    Jika sudah masuk ke halaman Karyawan Lapak, silakan pilih menu Daftar Karyawan kemudian pilih Tambah Karyawan.Tambah Karyawan - Karyawan Lapak-min

  3. Masukkan Nama dan Email Karyawan

    Nah nantinya akan ada form untuk mengisi data Karyawan Lapak yang akan ditambahkan. Yaitu kolom isian Nama, Email dan Hak Aksesnya.

    Email ini pastikan sama dengan email akun Bukalapak Karyawan Lapak Anda. Jadi tanyakan apa email akun Bukalapaknya.

    Untuk Hak Akses, Pemilik Lapak bisa memilih semuanya jika memang Karyawan Lapak tersebut ditugasi untuk mengelola semuanya.

    Dalam tahap ini Anda bisa langsung menambahkan lebih dari satu Karyawan Lapak.

    Kalau sudah selesai, tinggal klik Lanjutkan.
    Tambah_Karyawan-min

  4. Data Karyawan Berhasil Disimpan

    Maka pendafaran Karyawan Lapak berhasil disimpan. Dan Anda bisa melakukan perubahan kapan pun. Caranya cukup klik Ubah pada karyawan yang ingin diubah datanya.

    Ubah Karyawan-min

  5. Cek Aktivitas Karyawan

    Untuk melihat aktivitas Karyawan Lapak Anda, caranya cukup masuk ke menu Karyawan Lapak dan nanti ada menu Log Aktivitas. Nah di sini Anda bisa memantau aktivitas yang dilakukan para Karyawan Lapak Anda.

    Jadi tidak perlu lagi tanya hari ini sudah ngapain saja.Log Aktivitas-min

  6. Pindah ke Mode Karyawan

    Anda sebagai bos (pemilik lapak) bisa beralih ke mode Karyawan Lapak Anda. Jadi Anda bisa pakai akun Karyawan Anda.

    Caranya cukup klik menu Profil, kemudian pilih akun Karyawan yang ingin Anda pakai.Mode Karyawan-min

Seperti itulah penjelasan mengenai fitur eksklusif dari Bukalapak dan cara menggunakan fitur Karyawan Lapak. Semoga bisa membantu. Dan tentunya ini bisa Anda manfaatkan jika lapak Anda sudah ramai transaksinya.

Baca juga : Cara Optimasi Produk Jualan di Bukalapak

Karena jika dikelola seorang diri tentu juga tidak efektif. Jika ada karyawan yang bisa bantu, mengapa tidak?

Ehm, ngomong-ngomong nanti Tokopedia juga ada fitur serupa tidak ya….Kan biasanya kedua marketplace ini saling beradu fitur yang sama.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *