Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee

  • Whatsapp

Ternyata banyak pembeli di Shopee yang belum paham bagaimana cara mengajukan pengembalian barang di Shopee. Biasanya karena barang cacat, rusak, atau tidak sesuai pesanan. Bahkan ada yang langsung menolak menerimanya dan menyuruh kurir mengirim balik ke Seller. Padahal seperti itu salah.

Karena di Shopee maupun marketplace lain sudah punya prosedur pengajuan pengembalian barang yang benar. Jadi tidak asal dikembalikan saja. Nah bagi yang belum paham, semoga informasi ini berguna.

Syarat Pengembalian Barang di Shopee

Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

Ingat, pembeli tidak bisa seenaknya mengembalikan barang yang sudah dibelinya. Barang yang ingin dikembalikan harus memenuhi syarat sebagai berikut :

  • Produk mengalami cacat/rusak (bukan disebabkan pembeli)/tidak bekerja secara semestinya
  • Produk yang dibeli tidak sesuai seperti yang dipesan atau tidak sesuai dengan yang sudah diinformasikan di deskripsi produk
  • Bukan karena pembeli berubah pikiran atau tiba-tiba tidak tertarik dengan produk yang sudah dibelinya
  • Adanya kesepakatan antara kedua belah pihak (pembeli dan penjual)

Nah, itu syaratnya. Jadi memang dari sisi pembeli harus benar-benar paham soal ini dulu sebelum mengajukan pengembalian. Dan kalaupun barangnya cacat atau rusak dari bawaan pabrik, harus memiliki bukti yang kuat.

Disarankan kalau melakukan unboxing didokumentasikan sebagai bukti jika ada yang tidak beres di produknya. Kalau bukti/alasan tidak kuat, nanti penjual berhak menolak pengajuan pengembalian barang Anda.

Baca juga : Solusi Barang Tidak Sesuai Saat Belanja di Lazada dengan Sistem COD

Prosedur Pengajuan Pengembalian Barang di Shopee

Kalau syarat di atas sudah terpenuhi, selanjutnya Anda bisa melakukan pengajuan pengembalian dengan cara sebagai berikut :

1. Masuk ke “Rincian Pesanan”

Silakan masuk ke rincian pesanan Anda yang bermasalah. Lalu jangan klik Pesanan Diterima, tetapi pilih Ajukan Pengembalian

Ajukan Pengembalian Shopee

Ingat, kalau Anda sudah memilih Pesanan Diterima, Anda tidak bisa melakukan pengajuan pengembalian barang dan dana. Mungkin masih bisa, tapi silakan dikomunikasi sendiri dengan penjual melalui chat. Kalau penjualnya baik dan alasan Anda masuk akal, mungkin masih bisa dilakukan.

2. Berikan Alasan Pengembalian

Setelah Anda klik Ajukan Pengembalian, Anda akan diminta untuk mengisi alasan pengembaliannya. Silakan pilih alasan yang sesuai, kemudian jangan lupa unggah foto produknya yang bermasalah. Misalnya produknya ada cacat, foto bagian yang cacat kemudian unggah di kolom foto tersebut.

Dan di bagian Keterangan bisa juga ditambah penjelasan alasan yang lebih komplit supaya penjual juga bisa paham dan yakin.

Kalau sudah, silakan langsung klik Kirimkan.

Ajukan Pengembalian

Pengajuan pengembalian barang Anda tidak akan langsung disetujui. Jadi Anda harus menunggu persetujuan dari Penjual.

3. Konfirmasi Resi Pengiriman

Jika penjual sudah menyetujui, Anda bisa langsung mengembalikan barangnya ke alamat yang sudah diinformasikan penjual.

Perlu diperhatikan : Untuk produk yang dibeli dari Official Store, Anda harus melampirkan Nomor Pengajuan di Label Pengiriman.

Jangan lupa jika sudah dikirim, konfirmasikan resi pengirimannya.

4. Tunggu Validasi dari Penjual

Untuk barang yang dibeli dari Official Store, proses validasi berlangsung maksimal 14 hari setelah barang diterima oleh pihak Shopee. Nantinya jika proses validasi sudah selesai dan barang yang dikembalikan benar-benar memiliki masalah seperti yang dijelaskan pembeli, maka dana akan langsung dikembalikan ke pembeli.

Tetapi untuk barang yang dibeli dari Seller biasa, kalau barang sudah diterima biasanya akan langsung dicek dan jika memang sesuai dengan alasannya maka dana akan kembalikan.

Skema Pengajuan Pengembalian Barang

Skema Pengajuan Pengembalian Barang

Apakah bisa Return (Ganti Unit Baru)?

Mungkin Anda akan bertanya, apakah di Shopee bisa Return bukan Refund ? Jawabannya tergantung.

Kalau barang dari Official Store, biasanya sih akan Refund tidak bisa Return. Sedangkan barang dari Seller biasa, itu tergantung dari kebijakan seller itu sendiri. Jika memang barangnya memungkinkan untuk diganti baru, biasanya ya akan diganti baru daripada di refund.

Jadi sebaiknya saat mengajukan pengembalian barang, Anda juga perlu komunikasi ke seller nya secara langsung via chat.

Itulah cara mengajukan pengembalian barang di Shopee. Semoga dengan informasi ini, Anda tidak bingung lagi bagaimana jika ingin mengembalikan barangnya. Dan jangan sekali-kali menolak barangnya dari kurir dan memintanya untuk mengembalikan langsung. Apalagi jika Anda tidak mau membayarnya jika itu barang COD.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *