6 Tips Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

/ / Dibaca : 193 views

Air merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang, termasuk air Minum. Tidak heran Usaha depot air minum isi ulang yang marak saat ini, begitu laris manis diburu pelanggannya.

Pernah melihat beberapa orang sedang mengantre di sebuah depot air minum? Ya, mereka memilih air minum isi ulang sebagai alternatif air minum yang lebih murah, dibandingkan air galon dari merek ternama.

Hal ini tentunya bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan bukan? Banyak orang berminat dengan air minum isi ulang seperti ini, karena dirasa lebih praktis dan rasanya mirip dengan air galon asli.

Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Keunggulan dan Kelemahan Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Menjalankan usaha depot air minum isi ulang bisa dibilang menguntungkan. Jika rata-rata bisa menjual 50 galon setiap hari, maka omset yang diperoleh bisa mencapai jutaan rupiah. 

Selain itu, bisnis air minum isi ulang ini menjanjikan, sebab bukan termasuk bisnis musiman. Setiap orang akan membutuhkan air minum. Terlebih jika air minum yang dijual adalah air minum berkualitas dengan harga terjangkau.

Meskipun begitu, usaha depot air minum isi ulang ini ternyata memiliki kelemahan. Salah satunya adalah modal yang cukup besar di awal. 

Rata-rata modal yang dibutuhkan sekitar Rp. 45 juta. Hal ini berlaku untuk depot air minum dengan sistem franchise

Usaha air minum isi ulang seperti ini juga sangat mengedepankan kualitas air minum itu sendiri. Pihak penjual harus menumbuhkan kepercayaan bahwa air minum yang dijual memang memiliki kualitas yang baik. 

Tips Memulai Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Bagi para pemula yang ingin memulai usaha depot air minum isi ulang, Sebaiknya kamu perlu mengetahui beberapa tips penting dalam menjalankan usaha ini. Apa saja yang harus dilakukan, berikut ulasannya:

1. Survei Tempat

Setiap kali akan memulai suatu usaha, Survei tempat merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Kamu bisa menentukan tempat yang ingin dijadikan area khusus untuk usaha depot air minum isi ulang.

Kamu bisa memilih tempat usaha di pinggir jalan besar, di kawasan perumahan, atau mungkin di teras rumahmu. Jika memilih tempat usaha di luar rumah, maka kamu juga harus memperhitungkan biaya yang dibutuhkan.

Usahakan kamu mencari tempat yang strategis untuk usaha depot air minum isi ulang ini. Disarankan untuk mencari tempat usaha yang minim kompetitor sejenis.

2. Mencari Supplier Air Bersih 

Dalam menjalankan usaha depot air minum isi ulang, kita harus memastikan kualitas air minum yang kita jual benar-benar bersih. 

Oleh sebab itu, Kita perlu mencari supplier air bersih yang kualitasnya terjaga dan tidak diragukan lagi. Begitu juga dengan pelayanannya terhadap setiap orderan kita. 

Pastikan juga bahwa supplier ini bisa bekerja sama dengan baik, sehingga ketika kita kehabisan stok air bersih, Pihak supplier bisa mengirimkan air secara berkala, agar usaha berjalan lancar.

3. Peralatan yang Lengkap 

Mendirikan usaha depot air minum isi ulang, berarti kamu harus mempersiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan. 

Karena air bersih yang dijual, maka setidaknya peralatan untuk menyuling air, galon air, tong besar dan berbagai peralatan lainnya sangat dibutuhkan.

Pastikan semua peralatan tersebut selalu steril dan bersih, agar air minum isi ulang yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik. 

4. Strategi Pemasaran

Ini merupakan hal yang tidak kalah penting dalam memperkenalkan usaha depot air minum isi ulang, kepada masyarakat sekitar. Strategi pemasaran yang dilakukan bisa beragam.

Kamu bisa mulai dengan memasang pamflet, spanduk, dan membagikan brosur usaha ini ke orang-orang sekitar. 

Kamu juga bisa membuat promosi lewat social media yang paling banyak diakses kebanyakan orang Indonesia, seperti Instagram dan Facebook. 

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Sebagai pemain baru dalam usaha depot air minum isi ulang ini, Kamu harus bisa memberikan pelayanan terbaik pastinya.

Layani setiap pelanggan dengan ramah dan cepat. Tentukan harga yang bersaing dengan kompetitor, namun memberikan kualitas air dan kualitas pelayanan yang maksimal.

Sediakan layanan antar jemput, Agar bisa menjangkau pelanggan-pelanggan yang jaraknya cukup jauh dari lokasi usaha kamu.

6. Memiliki Mental Sukses

Setiap menjalankan suatu usaha, dapat dipastikan tidak selalu berjalan mulus. Namun, dengan perencanaan yang matang, serta selalu bermental optimis dalam menjalankannya, Usaha tersebut akan berhasil.

Jika kamu memiliki mental seperti ini, Bukan tidak mungkin usaha depot air minum isi ulang milikmu akan banyak membuka cabang. Ekspansi bisnis akan mempercepat peningkatan laba usaha. 

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang didirikan dengan perencanaan yang baik. Menjalankan usaha depot air minum isi ulang, dengan tips-tips di atas, Akan mengantarkan kamu menjadi pemilik usaha depot air minum isi ulang yang akan mendapatkan keuntungan maksimal. 

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.