Home » INSPIRASI » Ini Dia Produk Indonesia Yang Sering Diimpor Orang Malaysia

Ini Dia Produk Indonesia Yang Sering Diimpor Orang Malaysia

Produk Indonesia di Malaysia
Ilustrasi

Masih merasa tidak bangga dengan Indonesia? Sepertinya Anda terlalu memikirkan politik di negeri ini. Sudahlah, ayo lihat potensi lain yang ada di negeri ini, karena akan membuat Anda merasa bangga menjadi warga Negara Indonesia.

Meskipun banyak yang menganggap Indonesia terlalu banyak barang impor, tapi pada kenyataannya banyak produk asli Indonesia yang diekspor ke luar negeri, salah satunya adalah ke negara tetangga, Malaysia.

Iya, Malaysia ternyata menyukai produk-produk Indonesia, tak heran jika banyak orang Malaysia yang impor produk Indonesia ke negaranya. Apa saja itu produknya?

#1 Pakaian Muslim

Busana Muslim

Orang Malaysia sangat suka sekali dengan produk fashion Indonesia khusus pakaian muslim. Ketika menjelang bulan Ramadhan, pasti banyak orang Malaysia yang berbelanja pakaian muslim dari Tahan Abang atau daerah lain. Karena masyarakat Malaysia memang menyukai produk pakaian muslim Indonesia.

Di sana animonya sangat besar. Produk mukena dari Padang juga menjadi trend di Malaysia. Lalu busana muslim model abaya juga banyak peminatnya di Malaysia. Karena di Malaysia sendiri kebanyakan kaum hawa di sana berkerudung.

Nah, ini tentu juga menjadi market yang cukup bagus bagi Anda yang memiliki usaha busana muslim untuk bisa diekspor ke Malaysia.

#2 Handycraft

Handycraft

Image via owtop.blogspot.com

Selain busana muslim, produk fashion jenis kerajinan tangan seperti batik, tenun, sulam dan bordir juga banyak diminati masyarakat Malaysia. Lalu produk-produk handycraft lain di luar fashion juga banyak diminati. Karena produk Indonesia itu unik dan sesuai dengan kesukaan mereka.

Owh ya, selain itu produk di Indonesia khususnya fashion itu terbilang murah. Di Malaysia sendiri biaya jahit lebih mahal sehingga berdampak pada harga jual pakaian.

#3 Makanan

Bakso

Untuk jenis makanan pun juga banyak yang diminati orang Malaysia. Jika Anda berkunjung ke Malaysia pasti akan menemukan restoran yang tak asing di Indonesia, seperti Es Teler 77, Sari Ratu, Bakso Cak Man, Bumbu Desa dan lainnya. Banyak orang Malaysia yang meminta pengusaha-pengusaha makanan di Indonesia membuka cabang di Malaysia. Karena mereka melihat pasar yang potensial, selain itu soal rasa juga tidak terlalu berbeda antara orang Malaysia dengan Indonesia.

#4 Souvenir

Souvenir

Image via www.marcomario.com

Produk-produk souvenir untuk pernikahan juga banyak dibutuhkan di Malaysia. Entah apa alasannya tapi mungkin karena harganya jauh lebih murah. Dan jarak antara Indonesia-Malaysia yang hanya dibatasi selat membuat biaya pengiriman tidak mahal.

Peluang ini perlu Anda manfaatkan jika Anda memiliki produk yang ingin lebih dikenal orang luar Indonesia. Gampang sekali caranya, saat ini kan ada situs e-commerce yang menjual produk-produk secara global, manfaatkan saja itu. Apalagi sekarang ini sudah masuk di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), jadi Anda bebas berjualan ke luar negeri dan Malaysia masih menjadi pasar potensial untuk negeri ini.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − seven =