Home » TIPS » Strategi Marketing Bisnis Food Truck

Strategi Marketing Bisnis Food Truck

Food Truck
Image via entrepreneur.com

Ingin bisnis selalu berkembang? Lakukanlah inovasi. Inovasi bisa dimulai dari sisi produk yang dijual, cara penyajian hingga tempat yang akan digunakan untuk berjualan.

Salah satu jenis bisnis yang perlu melakukan inovasi adalah bisnis kuliner. Mengapa bisnis kuliner harus selalu menghadirkan inovasi? Karena ini soal rasa.

Biasanya konsumen akan mudah bosan dengan produk kuliner yang itu-itu saja. Ya meskipun itu enak rasanya, tetapi jika sering dikonsumsi akan menimbulkan rasa bosan.

Di sinilah inovasi bisnis kuliner harus selalu diterapkan.

Baca juga: 5 Prinsip Yang Harus Ada Pada Produk Inovatif

Salah satu inovasi bisnis kuliner yang bisa diterapkan adalah dengan membangun sebuah Food Truck.

Tentu sudah tidak asing lagi dengan “Food Truck” ini. Meskipun di Indonesia masih belum familiar dan baru di kota-kota seperti Jakarta, tapi model bisnis Food Truck ini sudah menarik minat para pengusaha muda.

Bisnis Food Truck ini bisa dikatakan sebagai inovasi bisnis kuliner yang lebih modern, praktis, dan mobile. Di mana biasanya konsumen yang ingin membeli makan harus ke restoran, kini penjual makanan lah yang menghampiri konsumen.

Dari segi cara penyajian dan tempat penjualan jelas juga berbeda.

Meski terlihat menarik, bisnis Food Truck ini selain mampu mendatangkan omzet yang besar, tapi risiko kegagalannya pun juga besar. Sudah banyak pebisnis Food Truck yang gagal di bulan-bulan awal.

Penyebabnya beragam, salah satunya bisa diakibatkan oleh kesalahan strategi marketingnya.

Keberadaannya yang bisa mobile, tidak bisa semata-mata dijadikan kunci keberhasilan bisnis Food Truck. Lalu apa saja strategi marketing yang bisa dilakukan untuk bisnis Food Truck ini?

#1 Tentukan Konsep

Langkah awal adalah menentukan konsep. Konsep harus disesuaikan dengan produk yang akan dijual, model kendaraan yang digunakan hingga brand yang akan diusung.

Produk makanan atau minuman yang Anda jual harus memberi kesan berbeda dari yang telah ada di restoran-restoran. Sehingga kesan inilah yang nanti bisa menarik para konsumen untuk memilih membeli di Food Truck Anda.

Model kendaraan yang akan digunakan juga menentukan efektifitas dalam melayani konsumen dan juga kemudahan Anda dalam menyajikan makanan/minuman.

#2 Buatlah Website dan Akun Social Media

Keberadaan website dan social media sangatlah membantu Anda untuk memasarkan usaha Anda, khususnya Food Truck. Di dalam website bisa diberikan informasi produk-produk yang Anda jual, kelebihan produk Anda, dan tentunya adalah informasi tempat yang Anda digunakan untuk berjualan.

Baca juga: Bagaimana Membuat Blog Untuk Pemasaran Bisnis Online?

Website juga bisa digunakan untuk menjaring database pelanggan. Misalnya akan menyediakan fitur member, di mana nanti yang menjadi member akan mendapatkan diskon atau benefit lain. Anda juga bisa memberikan fitur booking di website. Fitur booking bisa ditujukan untuk komunitas atau kelompok yang ingin mengadakan gathering sehingga Anda bisa hadir bersama Food Truck untuk menyajikan makanan dan minuman kepada mereka.

Media sosial juga perlu Anda aktifkan, mengingat saat ini banyak orang yang mengaksesnya terutama anak muda. Dengan media sosial, maka informasi akan lebih cepat tersampaikan. Misalnya Anda sedang mangkal di daerah XYZ, atau informasi kalau stock sudah habis, sehingga konsumen yang akan datang tidak menyesal.

#3 Desain Foto Menu Yang Menarik

Menu yang Anda jual sangat berperan penting untuk menarik para konsumen. Menu-menu favorit yang Anda miliki tentu harus ditawarkan melalui desain menu yang menarik pula.

Untuk itu dalam mendesain atau membuat foto menu harus memberikan kesan lapar bagi orang yang melihatnya. Artinya bisa membuat orang membeli makanan/minuman di Food Truck Anda.

#4 Jalin Komunikasi Dengan Berbagai Komunitas

Anda harus cermat melihat komunitas-komunitas yang ada di sekitar. Bergabunglah dengan komunitas itu atau jalin komunikasi dengan komunitas itu. Fungsinya adalah jika nanti komunitas itu mengadakan event, maka Anda bisa datang ke event tersebut. Salah satu kunci keberhasilan berbisnis Food Truck adalah tempat yang ramai.

Yang penting jika ingin mendatangi event, lebih baik izin dulu sama panitianya, supaya nanti tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan.

#5 Pandailah Memilih Lokasi Berjualan

Anda juga harus mengamati spot-spot mana saja yang sekiranya cocok untuk Anda gunakan berjualan. Tempat yang ramai adalah tujuan utama, tapi tempat yang ramai tidak selalu memberikan keuntungan. Bisa saja tempat yang ramai itu tidak diperkenankan untuk berjualan dalam bentuk apapun.

Untuk itu pandailah dalam memilih tempat.

***
Jika Anda membuka bisnis Food Truck bersama rekan atau kolega lain, pastikan bahwa masing-masing memiliki kesepakatan dan job desk yang jelas. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi perpecahan dalam mengelola bisnis Food Truck ini.

Sayang jika bisnis sudah berjalan, tapi masalah datang justru dari internal.

Semoga informasi ini bermanfaat, jika ada yang kurang tepat mohon dikoreksi.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *