Home » TIPS » 5 Prinsip Yang Harus Ada Pada Produk Inovatif
Inovasi Produk
Image via blog.bpir.com

5 Prinsip Yang Harus Ada Pada Produk Inovatif

EtalaseBisnis.com – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya dengan melakukan inovasi produk. Inovasi produk sangat penting jika produk yang kita jual memang sudah banyak dipasaran. Sehingga untuk bisa bersaing dengan kompetitor perlu adanya strategi pemasaran dan inovasi produk itu sendiri.

Dengan berinovasi, tentu produk kita akan lebih berbeda dari yang lain. Sehingga peluang untuk dilirik orang lebih besar. Nah, kali ini saya ingin memberikan tips prinsip-prinsip pada produk inovatif. Tips ini saya dapatkan setelah saya membaca buku “Biang Inovasi” karya Yoris Sebastian. Buku yang saya dapatkan dari Undian KickAndy.com ini ternyata sangat menarik, salah satunya adalah bab Prinsip Karya Inovatif. Dan berikut beberapa prinsip-prinsipnya.

1. Orisinal

Sebuah produk inovatif tentunya harus asli atau orisinal. Pastikan produk inovatif Anda tersebut belum pernah dibuat oleh orang lain, sehingga Anda tidak tersandung masalah hak cipta karya orang lain. Dengan memiliki produk inovatif yang orisinal, tentu juga akan membuat banyak orang terkesan dengan produk Anda, karena belum pernah ada sebelumnya.

2. Relevan

Artinya adalah produk inovatif Anda haruslah relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Sehingga produk Anda bisa menjadi solusi utama dari banyaknya pilihan produk sejenis diluar sana. Dengan seperti itu maka produk inovatif Anda akan sangat bermanfaat. Jangan sampai hanya mempertimbangkan aspek keinginan pribadi saja untuk menghasilkan produk yang inovatif.

3. Marketable

Jelas, produk haruslah memiliki nilai jual dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Produk inovatif Anda haruslah memiliki nilai agar bisa dikomersilkan. Selain itu, produk inovatif Anda juga memungkinkan untuk bisa dikembangkan lagi menjadi produk yang lebih baik.

4. Hemat Waktu

Prinsip yang keempat ini mengharuskan produk inovatif Anda mampu menghasilkan sesuatu yang bisa lebih menghemat waktu. Karena semakin kesini, waktu sangat berharga. Jika produk Anda justru membutuhkan waktu yang lama, maka tak ada gunanya lagi. Orang lebih mencari sesuatu yang baru yang bisa menghemat waktu.

5. Sustainable

Pastikan jika Anda akan membuat produk inovatif harus memiliki manfaat jangka panjang. Tidak hanya manfaat, tetapi juga berfungsi dalam waktu yang lama. Sehingga produk inovatif Anda tidak hanya sekedar lewat sementara saja tetapi juga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Nah, itu dia 5 prinsip produk inovatif yang harus Anda terapkan jika Anda ingin mengembangkan bisnis melalui inovasi produk.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × one =