Home » START UP » Segera Install WhatsApp Business untuk Mendukung Komunikasi Bisnis Anda

Segera Install WhatsApp Business untuk Mendukung Komunikasi Bisnis Anda

WhatsApp Business

Halo sobat bisnis, sudahkah Anda menggunakan aplikasi instant messenger seperti WhatsApp? Tentu sudah dong ya. Karena dengan menggunakan WhatsApp ini komunikasi akan lebih mudah. Hanya dengan satu aplikasi Anda sudah bisa mengirim pesan teks, dokumen, suara, gambar, hingga video call.

Perlu Anda ketahui, bahwa saat ini WhatsApp memiliki dua tipe. Jika Anda mencarinya di PlayStore, pasti akan mendapatkan dua aplikasi WhatsApp. Yaitu, WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business.

Nah untuk sobat bisnis, kami sarankan untuk menggunakan juga WhatsApp Business. Meskipun ini versi (Unreleased), tetapi WhatsApp Business bisa Anda gunakan. Kami sendiri juga mencobanya di smartphone Android kami.

Lalu apa bedanya?

Karena kita bicara soal bisnis, maka WhatsApp Business ini sangat cocok untuk kebutuhan bisnis kita. Terutama untuk melayani komunikasi dengan konsumen atau klien melalui WhatsApp. Karena di WhatsApp Business ini memiliki beberapa fitur yang tidak ada di aplikasi WhatsApp biasa.

Fitur-fitur inilah yang bisa menunjang kebutuhan bisnis Anda. Berikut ini beberapa fitur yang ada di WhatsApp Business dan bisa dioptimalkan untuk mempromosikan bisnis Anda.

#1 Profil Bisnis

Di WhatsApp Business ini Anda bisa mengatur profil bisnis Anda. Profil bisnis yang dimaksud berupa Alamat bisnis, Kategori Bisnis, Nama atau Brand Bisnis Anda, Deskripsi Bisnis, Alamat Email Bisnis, dan URL Website Bisnis Anda.

WhatsApp Business - image

Sehingga ketika ada pengguna WhatsApp yang melihat profil akun WA Anda, mereka akan melihat profil bisnis Anda ini. Jadi ini sangat baik sekali untuk branding bisnis Anda melalui WhatsApp Business.

#2 Pesan Otomatis

Fitur lain yang membedakan adalah adanya pengaturan untuk pesan otomatis (Messaging tools). Jadi Anda bisa mengatur pesan otomatis seperti Away message, Greeting message, dan Quick replies.

Away message. Anda bisa mengatur isi pesan otomatis yang akan dikirim ke pengguna lain jika Anda tidak sedang aktif WhatsApp. Misalnya saja ketika waktu-waktu di luar jam kerja, tentu akun WhatsApp Business Anda akan nonaktif, dan fitur ini bisa dimanfaatkan.

Greeting message. Fitur pesan ini akan mengirimkan pesan teks otomatis kepada pelanggan yang baru pertama kali menghubungi Anda. Atau mereka yang sudah menghubungi tetapi dalam waktu 14 hari kemudian tidak ada kabar. Sehingga pesan sapaan ini dapat menjaga hubungan Anda dengan konsumen.

Quick replies.  Kalau quick replies ini bukan pesan yang dikirim secara otomatis, melainkan semacam shortcut untuk mengirim pesan yang sudah diatur sebelumnya. Misalnya Anda sedang rapat, kemudian ada pesan chat masuk, maka Anda bisa kirim dengan menulis “/1” nanti munculnya pesan “Maaf saya sedang rapat.” atau pesan lain. Sehingga fungsinya untuk mempercepat dalam mengirim pesan template yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk fitur di WhatsApp Business ini hanya dua itu saja. Selebihnya sama dengan WhatsApp Messenger.

Ada satu poin yang perlu diperhatikan ketika Anda akan mengatur WhatsApp Business milik Anda. Yaitu perihal Business Name atau Nama Bisnis Anda. Business Name ini sifatnya permanen dan tidak bisa diubah-ubah. Sehingga ketika Anda ingin membuat Business Name di akun WhatsApp Business Anda, perlu hati-hati. Saran kami diisi nama brand atau toko Anda.

Menurut kami, sudah hal wajib bagi para pebisnis untuk memiliki akun di WhatsApp Business ini. Karena adanya fitur-fitur yang telah disebutkan di atas dapat meningkatkan citra bisnis Anda. Lagi pula dengan menginstall WhatsApp Business Anda tidak perlu menghapus WhatsApp Messenger. Karena keduanya dapat dijalankan bersama-sama.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dengan menekan tombol notifikasi yang akan di pojok bawah kanan agar Anda mendapatkan artikel terbaru dari kami. Dan jangan lupa juga untuk berlangganan melalui email untuk mendapatkan informasi menarik dari kami melalui email. Terima kasih.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *