Home » START UP » Bisnis Startup, Model Bisnis Menjanjikan Di Masa Depan

Bisnis Startup, Model Bisnis Menjanjikan Di Masa Depan

Bisnis Startup
Image from welove.co.id

Sebenarnya di beberapa tahun belakangan ini bisnis startup sudah menjadi tren bisnis yang ramai di dunia bisnis khususnya Indonesia. Tapi, jika kita melihat peluang yang ada, startup jelas akan menjadi model bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Dan uniknya adalah startup mampu menggerakkan minat bisnis anak muda yang dulu mungkin anak muda kurang berminat dalam hal bisnis.

Saat ini startup lebih didominasi dalam bidang teknologi digital. Soalnya perkembangan digital dan kebutuhan masyarakat  yang berhubungan dengan teknologi informasi juga semakin tinggi. Ya meskipun juga bisa dikolaborasikan dengan bidang lain.

Namun intinya startup teknologi saat ini menjadi tren baru dalam dunia bisnis yang sangat berpeluang besar.

Beberapa hari yang lalu sempat diberikan di Kompas.com bahwa Google ingin membina 100.000 pengembang aplikasi di Indonesia. Target 100.000 pengembang tersebut ingin dicapai pada tahun 2020, artinya sekitar 4 tahun lagi.

Program tersebut adalah Launcpad Accelerator, yakni program pengembangan startup yang dilakukan selama enam bulan.

Dalam kurun waktu enam bulan itu nantinya dipilih bisnis startup terbaik dan akan dibawa ke Silicon Valley, Amerika Serikat untuk dibekali ilmu yang lebih dalam lagi tentang dunia usaha digital, selain itu juga bakal diberi pendanaan sebesar Rp 600 juta.

Tentunya jika Google telah menyiapkan program ini, Pemerintah Indonesia juga harus menjembati dan memberikan fasilitas. Keberadaan akses internet yang stabil, tempat berkarya seperti Co-Works Space juga perlu ditingkatkan. Dan yang lebih penting ada edukasi terhadap masyarakat umum tentang perkembangan teknologi yang ada. Sehingga nantinya jika waktunya telah tepat semua akan berjalan dengan lancar yang seimbang.

Jika ini terealisasi di tahun 2020 nanti, maka Indonesia akan menjadi pusat digital minimal di ASEAN.

Namun yang menjadi masalah pada startup adalah soal modal.

Faktanya saat ini masih banyak startup yang gagal terbang karena terbentur masalah modal. Sebenarnya bisa mengandalkan Modal Ventura, tapi para pemodal biasanya pilih-pilih startup mana yang sudah terlihat. Padahal banyak startup yang sebenarnya berpotensi tapi mereka belum terlihat karena kurangnya modal untuk pengembangan.

Jadi di sini masih perlu sinergi dari berbagai pihak agar nantinya bisnis startup benar-benar bisa menjadi model bisnis yang baik di masa yang akan datang.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *