Home » START UP » Ini Dia 3 Aplikasi Pemenang The NextDev 2015 Telkomsel
TheNextDev2015

Ini Dia 3 Aplikasi Pemenang The NextDev 2015 Telkomsel

Salah satu manfaat dari berkembangnya teknologi adalah dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada di sebuah negara.

Nah, beberapa waktu yang lalu Telkomsel sebagai operator telekomunikasi di Indonesia menyelenggarakan kompetisi “The NextDev 2015” bagi anak-anak muda di Indonesia. Tujuan dari kompetisi ini agar para developer di Indonesia mampu membuat aplikasi yang mendukung Smart City. Karena tajuk dari kompetisi ini sendiri adalah Wow Smart City Apps.

Setelah melalui proses seleksi di 10 Kota, akhirnya terpilihlah 3 pemenang yang masing-masing memiliki karya aplikasi yang berdampak positif bagi masyarakat.

Apa saja 3 Aplikasi itu?

#GandengTangan

GandengTangan

Gandeng Tangan adalah sebuah situs crowd lending atau pinjaman dana tanpa bunga (0%) dan biaya yang dipinjamkan minimal Rp 50.000. Target peminjam ini adalah para masyarakat yang memiliki usaha (UKM) namun terkendala oleh modal.

Sehingga situs GandengTangan.org ini sebagai penghubung antara pemilik dana (modal) dengan pemilik usaha yang membutuhkan modal.

Layanan digital yang dibuat oleh Nur Roni Dinnurohman, Betania Jezamin Setiawan, dan Dhini Hidayati dari Jakarta ini ternyata sangat disambut baik oleh masyarakat.

Terbukti hingga saat ini telah ada 11 campaign usaha yang mengajukan modal kepada para pemilik dana. Dari 11 campaign usaha tersebut 6 campaign telah mendapatkan pendanaan, 2 campaign sedang dalam proses pencarian dana, dan 3 campaign tidak tercapai target pencarian dana.

Layanan GandengTangan.org ini jelas sangat membantu bagi para pemilik usaha khususnya UKM yang ingin mendapatkan suntikan modal dalam bentuk pinjaman tanpa bunga.

Bahkan dari campaign yang berhasil didanai, nilai pinjaman terbesar adalah Rp. 30.694.618 berbasil dikumpulkan.

Lalu bagaimana agar bisa mendapatkan pinjaman melalui layanan GandengTangan ini?

Cara cukup mudah, pemilik usaha tinggal membuat proposal pengajuan dana, lalu dikirim melalui halaman Ajukan Usaha. Tim GandengTangan akan memverifikasi terlebih dahulu pengajuan Anda. Apabila pengajuan Anda lolos maka akan dipublish dalam sebuah campaign baru. Nah, seketika itu tinggal menunggu pemilik dana untuk mau meminjamkan dana (modal) kepada Anda.

#Rumah Sinau

RumahSinau feature

Pemenang selanjutnya diraih oleh RumahSinau.org. Rumah Sinau ini hasil karya dari tiga developer muda, yakni Abdul Basir, Aprilia Nur Fitriani, dan Lintang Matahari Hasani.

Platform ini cukup unik, yakni mempertemukan pemilik ruang kosong, pengajar dan peserta didik.

Ide dari layanan muncul karena kadang para siswa atau siapa pun yang ingin belajar bersama (kelompok) sulit untuk mendapatkan tempat belajar yang nyaman dan memadai.

Untuk itu layanan ini menyediakan space bagi para pemilik ruang kosong untuk bisa menginformasikan tempatnya yang bisa digunakan untuk belajar. Sehingga para siswa dan mentor tinggal memilih tempat yang cocok untuk digunakan sebagai tempat belajar.

#Jejakku

Jejakku featured

Karya terakhir adalah Jejakku dari Ahimsa Denhas Afrizal dan Luthfi Ali dari Surabaya. Aplikasi berbasis Android ini ditujukan untuk para wisatawan yang ingin mendapatkan informasi lengkap tentang sebuah tempat wisata.

Di aplikasi ini para wisatawan dapat berbagi informasi tempat wisata, harga tiketnya, waktu operasi, transportasi dan testimoni dari para wisatawan.

Itulah 3 aplikasi yang menang dalam kompetisi The NextDev 2015. Tentu ini menjadi ajang yang positif bagi anak muda untuk mengembangkan bakatnya dan juga bisa berpengaruh bagi semua orang di luar sana.

Dan yang jelas akan menumbuhkan startup-startup muda yang membanggakan Indonesia.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 13 =