Apa itu Perumahan Residence dan Perbedaannya Dengan Perumahan Cluster?

/ / Dibaca : 62 views

Ketika ingin membeli hunian di area perumahan, kita dihadapi dengan berbagai pilihan perumahan. Ada yang disebut dengan perumahan Residence, perumahan Cluster dan lain sebagainya. Sepertinya perbedaan tidak hanya terletak dari penamaan saja. Sebenarnya ada pembeda lain yang perlu dipahami untuk dapat memilih rumah yang paling tepat sesuai keinginan Anda. Pembahasan artikel ini menekankan pada perumahan residence. 

Perumahan Residence dan Penjelasannya

Perumahan Residence

Perumahan residence artinya adalah beberapa rumah yang berdekatan dan seragam pada kawasan tertentu. Inti dari perumahan jenis ini adalah lokasinya yang berada di pinggir kota atau sub-urban. Jadi wilayahnya masih asri dan juga tenang.

Beberapa wilayah yang banyak menawarkan jenis hunian residence adalah daerah Tangerang, Bogor, Depok dan sekitarnya. Hal ini mengacu pada pemahaman kalau pusat kota adalah Jakarta. jadi, Anda bisa menemukan perumahan residence di daerah-daerah sekitarnya. Berikut adalah beberapa ciri khas dari Perumahan Residence yang penting untuk diketahui. 

1. Satu Kawasan Perumahan 

Hunian yang rapat dan kemungkinan satu rumah dan rumah lainnya berdekatan dan berjajar. Bisa dikatakan kalau hunian seperti ini menyerupai komplek perumahan. Perumahan residence berada di suatu kawasan yang umumnya memilih daerah yang masih asri dan bebas dari kemacetan kota besar. 

2. Desain Rumah

Hal yang paling terlihat dari perumahan jenis Residence adalah jajaran rumah yang memiliki desain minimalis. Ukuran dan tipe rumah serupa dan desain rumah sama. Biasanya ukuran rumah mungil sehingga sangat pas bila memakai desain yang sederhana dan minimalis. 

Rumah minimalis adalah ciri khas dari perumahan jenis residence yang jadi pilihan bagi keluarga kecil jaman sekarang. Pemilihan rumah kini mengacu pada fungsi sehingga dengan desain yang simple akan memaksimalkan area yang ada.  

3. Daerah Penyanggah Jakarta

Anda akan bisa dengan mudah menemukan perumahan jenis residence di daerah yang berdekatan dengan Jakarta. Umumnya orang yang bekerja di Jakarta akan memilih rumah di daerah pinggiran Jakarta yang berdekatan tapi masih memiliki keasrian dan tidak sepadat Ibu Kota Indonesia ini. Ini Merupakan ciri penting dari hunian residence yang menjadi daya tarik utamanya. 

4. Harga Terjangkau

Perumahan jenis Residence artinya perumahan dengan harga terjangkau dibandingkan jenis hunian lainnya seperti perumahan Cluster atau Townhouse. Tapi banyak juga perumahan residence yang hanya menyediakan pilihan rumah residence untuk  menarik minat orang. 

Perbedaan Perumahan Residence dan Cluster 

Orang kerap dibingungkan antara Perumahan Cluster dan Residence. Hal ini terjadi karena keduanya memiliki kemiripan. Bila ingin mengetahui perbedaan antara kedua jenis perumahan tersebut, dapat membaca perbandingan berikut ini. 

1. Keamanan

Bentuk perumahan cluster berjajar dan berdekatan, sama dengan perumahan residence. Tapi, pada umumnya Cluster memiliki pagar dengan pintu gerbang yang dijaga satpam. Kalau residence, tidak ada pagar yang membedakan satu area dengan area lainnya. 

Dengan demikian Perumahan Cluster memiliki keuntungan adanya keamanan yang berupa tenaga keamanan dan juga gerbang yang mengelilingi kompleks perumahannya. Tentu fasilitas ini kerap menjadi pertimbangan khususnya bagi keluarga yang menginginkan keamanan yang optimal. 

2. Fasilitas 

Sebagai perumahan premium, Cluster memiliki lebih banyak fasilitas. Hal ini bisa berupa area peribadatan, jogging track, sekolah, tempat perbelanjaan dan lain sebagainya. Perumahan Residence umunya tidak memiliki layanan tersebut. Perumahan residence memfokuskan pada pembangunan perumahan dari pada berbagai fasilitas pendukungnya. 

Walaupun demikian, kini banyak hunian yang memberikan fasilitas tambahan untuk menarik minat pembeli. Bisa saja, Anda menemukan taman atau jogging track di hunian residence. jadi, bisa disimpulkan kalau fasilitas yang ditawarkan perumahan residence adalah fasilitas yang mendukung keasrian alam dan berbagai aktivitas yang berhubungan dengannya. 

Baca juga : Ingin Punya Rumah KPR Subsidi? Simak Persyaratannya Berikut Ini!

3. Jumlah Rumah 

Walaupun hal ini tidak berlaku untuk semua hunian. Pada umumnya jumlah rumah pada Residence lebih banyak dari pada Cluster. Hal ini dikarenakan cluster terbagi menjadi beberapa bagian. Misalkan pada satu perumahan ada Cluster A, Cluster B dan seterusnya

Sedangkan residence tidak membedakan area perumahan dalam bentuk kelompok-kelompok kecil. Kita akan menemukan perumahan Residence A tanpa ada pilihan lainnya. 

4. Desain dan Layanan 

Perumahan residence mengusung desain yang minimalis. Dengan demikian, layanan yang diberikan juga sederhana dan tidak terlalu banyak fitur. Itulah sebabnya rumah di perumahan residence tidak memiliki dinding halaman atau dinding yang mengelilingi seluruh rumah-rumah residence. 

Sedangkan perumahan cluster memiliki desain yang berbeda. Cluster terkenal dengan layanan premium yang kerap menjadi daya tarik yang diinginkan, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. jadi, perumahan cluster memiliki lebih banyak layanan dan fasilitas di bandingkan perumahan residence.

Jika Anda ingin memiliki rumah cluster dengan desain yang menarik, Anda bisa merenovasinya. Pastikan Anda memiliki jasa renovasi rumah yang terpercaya seperti tanganketiga

5. Lokasi 

Perumahan jenis residence berada di daerah pinggiran kota, sedangkan perumahan cluster umumnya berada di tengah kota. Daerah pinggiran kota mengacu pada kota – kota sekitar Jakarta. Tentu, tidak menjamin kalau tidak ada perumahan cluster di pinggiran kota. 

Perbedaan ini mengacu pada pada umumnya lokasi kedua jenis perumahan tersebut memiliki kecenderungan tertentu. Bisa saja, dengan berjalannya waktu, lokasi tidak akan terlalu menjadi patokan untuk menentukan baik hunian residence maupun cluster.

Baca juga : 5 Bisnis Properti Kekinian yang Menguntungkan Buat Kaum Milenial

Perumahan Residence adalah salah satu pilihan Ketika Anda sedang memilih hunian untuk ditempati. Harganya yang terjangkau dengan desain minimalis dan modern kerap menjadi alasan mengapa banyak keluarga muda yang memilihnya. 

Tentu ada jenis hunian lain seperti cluster yang umumnya merupakan hunian premium dengan fasilitas dan harga yang lebih mahal dibandingkan hunian residence.  Dengan memahami pengertian rumah residence dan perbedaannya dengan jenis perumahan lainnya, Anda bisa menentukan pilihan lebih baik sesuai dengan berbagai pertimbangan.

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.