Home » PROPERTI » Kiat Membeli Properti Dengan Aman & Harga Yang Worth It
Beli Properti

Kiat Membeli Properti Dengan Aman & Harga Yang Worth It

ETALASEBISNIS.com – Tak jarang masyarakat yang merasa kecewa dengan properti yang baru saja dibelinya. Ada yang tidak sesuai dengan ekspektasi antara fisik dan harga, bahkan ada pula yang dicurangi oknum penjual.

Hal ini disebabkan banyak permintaan akan kebutuhan properti, sehingga ini memunculkan peluang bisnis baru bagi setiap orang. Saking banyaknya, pembeli pun yang dipusingkan untuk memilihnya.

Kali ini, Etalase Bisnis akan memberikan tips singkat bagi Anda yang hendak membeli properti. Harapannya tentu agar mendapatkan properti yang aman, sesuai kebutuhan dan tentunya harga yang layak.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda jadikan referensi :

1. Cek Dulu Kondisi Rumah Sebelum Membeli

Jangan tergoda akan tawaran harga yang murah atau fasilitas yang diberikan. Akan lebih baik jika dilakukan cross check dulu terhadap kondisi rumah yang akan dibeli. Pastikan untuk memeriksa sebuah sudut rumah termasuk kondisi bangunannya, apakah masih kokoh atau sudah ada yang rapuh.

Cross check kembali kondisi yang dijanjikan di awal, apakah sesuai atau tidak.

Ini penting, karena apabila nanti tidak teliti maka Anda sendiri yang akan menanggung akibatnya. Bisa-bisa Anda rugi ketika membeli rumah itu.

Masalah jenisnya, Anda juga harus memastikan sejak awal. Apakah Anda ingin membeli rumah, apartemen, atau tanah kavling yang nantinya dapat Anda bangun rumah sesuai yang Anda inginkan. Sehingga dana yang Anda miliki itu juga dapat terealisasi dengan barang yang sesuai.

Baca juga: Jenis Tanah Untuk Investasi Properti

2. Lihat Legalitasnya

Untuk masalah keamanan jangka panjang, Anda juga harus mengecek masalah legalitas properti yang akan Anda beli. Cek sertifikatnya, surat pajak dan lainnya. Sebaiknya Anda juga harus mengeceknya ke notaris, sehingga akan lebih menjamin keaslian dan keamanannya.

Soal legalitas ini tidak sekedar untuk keamanan saja, tetapi juga menyangkut nilai properti itu sendiri. Tanpa adanya legalitas, maka harga properti juga akan turun.

3. Beli Lewat Agen Terpercaya

Jika Anda baru pertama kali membeli properti dan tidak tahu menahu soal properti, sebaiknya mencoba beli lewat agen terpercaya. Ya meski harganya agak sedikit mahal, tetapi Anda akan mendapatkan properti yang benar-benar memenuhi kualifikasi baik dari segi keamanan, kenyamanan dan kesesuaian.

4. Lihat Kemampuan Finansial Anda

Keinginan untuk memiliki properti yang diidam-idamkan harus diimbangi dengan kemampuan finansial. Jangan sampai karena terlalu bernafsu membuat Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan finansial sehari-hari.

Lebih baik beli properti yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Apalagi kalau Anda ingin membeli dengan cara kredit. Pastikan untuk memilih sistem kredit yang memudahkan Anda dan tidak memberatkan Anda.

5. Lakukan Negosiasi

Negosiasi adalah hal wajar yang dilakukan ketika ingin membeli properti atau hal lainnya. Sebelum bernegosiasi, sebaiknya Anda melakukan survey ringan terhadap properti yang akan Anda beli. Misalnya membeli tanah, apakah tanah itu berada di lokasi yang strategis? Apakah kebutuhan air di daerah itu bagus? Apakah rawan banjir? dll

Riset-riset tersebut nantinya akan menentukan harga perkiraan yang bisa Anda tawarkan saat negosiasi. Sehingga Anda pun akan mendapatkan properti yang tepat sesuai dengan kondisi dan harganya.

Kalau soal negosiasi properti, biasanya pembeli bisa menawarkan pengurangan harga hingga 10%. Kalau pihak penjual bersedia, itu Anda sudah mendapatkan untung yang cukup banyak.

Itu sedikit tips membeli properti dengan aman dan harga yang layak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda terlebih yang sedang mencari properti untuk kebutuhan hidup atau bisnis Anda. Jangan lupa like, share, dan subscribe!

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 10 =