Perbedaan Mobile Banking dengan Internet Banking

Jika Anda merupakan nasabah salah satu bank di Indonesia, sudahkah mengetahui bedanya mobil banking dengan internet banking? Keduanya merupakan pengembangan layanan transaksi keuangan berbasis digital, yang akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi keuangan, tanpa harus ribet untuk pergi ke bank secara langsung.

Layanan mobile banking maupun internet banking sebaiknya dapat Anda manfaatkan dengan baik. Meskipun layanan berbasis digital ini sudah ditawarkan sejak lama, namun masih saja ada nasabah yang belum memahami betul mengenai penggunaan internet banking maupun mobile banking.

Keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Internet banking mungkin tampak lebih sulit untuk digunakan, dibandingkan dengan mobile banking. Namun, keduanya justru akan memudahkan transaksi keuangan Anda, kapanpun dan dimanapun.

Bedanya Mobil Banking dengan Internet Banking

Sangat penting bagi nasabah untuk mengetahui perbedaan Antara mobil banking dan interner banking. Tujuannya adalah untuk penggunaan secara tepat, aman dan nyaman,  terhadap transaksi keuangan yang dilakukan.

Untuk itu, kita bisa mengenali bedanya mobil banking dengan internet banking. Berikut ulasannya:

Mobile Banking

Mobile Banking

Mobile banking adalah suatu layanan yang memungkinkan para nasabah dari bank tertentu, untuk melakukan transaksi perbankan melalui smartphonenya. Dalam mobile banking, sudah terdapat menu yang cukup jelas untuk digunakan sesuai fungsinya.

Mobile banking berbentuk aplikasi yang dapat didownload secara gratis dari playstore atau Applestore smartphone Anda. Mobile banking menawarkan kemudahan dibandingkan sms banking atau internet banking.

Seperti hal nya aplikasi lainnya, Mobile bankin memiliki beberapa fitur layanan yang penting untuk nasabah. Fitur-fitur tersebut seperti Informasi saldo, mutasi rekening, suku bunga, hingga lokasi cabang atau ATM bank terdekat.

Baca juga : Bagaimana Cara Mengaktifkan BNI Mobile Banking?

Selain itu, nasabah juga dapat mengakses layanan transfer, pembayaran tagihan (air, listrik dan internet), beli pulsa dan lain sebagainya.

Untuk dapat menggunakan mobile banking, nasabah harus melakukan registrasi terlebih dulu ke pihak bank terkait. Setelah itu, barulah nasabah dapat menggunakan aplikasinya sesuai aturan yang ada.

Mobile banking dapat diakses dengan cara memasukan user ID dan password lalu log in. Setelah itu, nasabah dapat menjalankan berbagai fitur yang ada.

Internet Banking

Internet Banking

Internet banking merupakan suatu layanan perbankan, di mana para nasabahnya ini dapat melakukan transaksi keuangan yang penting seperti pembayaran, transfer dan transaksi lainnya, secara mandiri.Sesuai namanya, internet banking dapat diakses melalui website milik bank bersangkutan, dengan sistem keamanan yang baik.

Internet banking bahkan sudah disesuaikan dengan peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 tahun 2007, tentang Penerapan Manajemen Resiko Penggunaan Teknologi Informasi oleh Bank Umum.

Awalnya, internet banking ini hanya bisa diakses oleh para nasabah, melalui PC atau laptop. Namun, setelah kemunculan smartphone yang memiliki kinerja persis seperti PC, maka internet banking dapat Anda lakukan lewat smartphone.

Pertanyaan yang sering muncul mengenai internet banking adalah apakah menggunakan internet banking untuk transaksi keuangan itu aman?  Mengingat pihak perbankan di Indonesia sudah menggunakan keamanan berlapis untuk hal ini, maka internet banking terbilang aman.

Internet banking memiliki sistem ID dan password yang hanya diberikan kepada nasabah sebagai akses masuknya. Satu hal nya yang perlu diketahui, bedanya mobile banking dan internet banking adalah saat melakukan transaksi yang akan mengurangi saldo dari rekening tabungan Anda, maka Anda perlu memasukan kode PIN dari “token”.

Token ini merupakan alat berukuran kecil seperti kalkulator yang akan diberikan pihak bank kepada nasabah, saat mendaftar internet banking.

Meski sudah diklaim aman, namun para hacker masih mungkin untuk dapat mencuri data perbankan dan melakukan transaksi dari rekening nasabah, terlebih jika perangkat nasabah terkena virus. Hindari untuk memberikan informasi internet banking Anda kepada siapapun.

Baca juga : Cara Aman Pembayaran Via Mandiri Internet Banking

Kesimpulan

Setelah mengetahui definisi dari keduanya secara umum di atas, maka kita bisa menarik kesimpulan mengenai bedanya mobile banking dengan internet banking, yaitu:

Mobile banking berbentuk aplikasi yang harus diunduh terlebih dulu, membutuhkan kuota internet dan smartphone tentunya. Mobile banking tidak memerlukan token untuk melakukan transaksi keuangannya. Tingkat keamanan transaksi keuangan dalam mobile banking sangat aman.

Sementara internet banking dapat Anda akses melalui website dengan PC atau laptop, membutuhkan kuota internet dan Nasabah harus memiliki token untuk dapat melakukan transaksi keuangannya. Menjalankan transaksi keuangan lewat internet banking harus lebih hati-hati, agar data keuangan Anda tidak dicuri para hacker.

Bagaimana, apakah Anda sudah mulai memahami perbedaan keduanya? Jika Anda memang cukup sibuk untuk menggunakan internet banking, disarankan, Anda cukup menggunakan mobile banking saja. Selain hanya menggunakan aplikasi, menu yang disiapkan dalam aplikasi mobile banking juga sudah jelas dan mudah digunakan.

Jika memang ingin menggunakan internet banking, pastikan Anda tidak menggunakan sembarang koneksi wifi saat berada di tempat umum. Akan lebih baik untuk menggunakan kuota internet sendiri, saat mengakses website internet banking Anda.

Dengan mengetahui bedanya mobile banking dengan internet banking, kini Anda dapat memilih alternatif melakukan transaksi keuangan secara digital dengan aman dan nyaman.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.