Home » PERBANKAN » Bagaimana Cara Mengaktifkan BNI Mobile Banking?

Bagaimana Cara Mengaktifkan BNI Mobile Banking?

BNI Mobile Banking

Kalau sobat bisnis telah membuka rekening di BNI (konvensional) maupun BNI Syariah, sudah bisa dipastikan bisa menggunakan layanan BNI Mobile Banking. Tidak hanya itu, selain BNI Mobile Banking, nasabah juga bisa menggunakan layanan SMS Banking, Phone Banking, serta Internet Banking.

Untuk kali ini EtalaseBisnis ingin menjelaskan sedikit mengenai BNI Mobile Banking.

Apakah sudah ada yang tahu BNI Mobile Banking itu apa? Ini merupakan salah satu layanan yang bisa didapatkan nasabah BNI untuk bertransaksi melalui ponsel pintarnya. Jadi BNI Mobile Banking ini berupa aplikasi yang diinstall di ponsel nasabah, dan nantinya bisa digunakan untuk berbagai transaksi.

Sehingga jika sobat bisnis butuh transaksi yang mendesak, bisa dilakukan melalui BNI Mobile Banking ini. Lebih prakstis dan cepat. Untuk keamanan tidak perlu dikhawatirkan, semuanya sudah terjaga khususnya untuk masalah PIN login.

Nah, bagi yang belum mengaktifkan BNI Mobile Banking, berikut ini kami sampaikan prosedurnya. Kebetulan sekali belum lama ini kami membuka rekening di BNI Syariah dan langsung mengaktifkan layanan BNI Mobile Banking. Untuk caranya sebagai berikut.

#1 Pastikan dulu sobat bisnis sudah mengaktifkan layanan BNI SMS Banking. Jika belum silakan datang ke kantor cabang BNI terdekat untuk mengaktifkannya di bagian CS. Nah, untuk mengaktifkan ini, sobat bisnis perlu menyiapkan nomor telepon seluler yang akan digunakan. Harap selalu jaga keaktifan kartu SIM Anda karena itu sangat penting untuk transaksi nantinya.

Oh ya, selain untuk mengaktifkan SMS Banking, sobat bisnis juga perlu minta ke CS untuk membuatkan user id untuk aktivasi BNI Mobile Banking. Nantinya sobat akan dibuatkan user id yang bisa digunakan untuk aktivitasi dan tentunya login ke BNI Mobile Banking.

#2 Jika BNI SMS Banking sudah aktif, sobat bisnis bisa langsung mengunduh aplikasi BNI Mobile Banking di PlayStore atau App Store. Cari saja dengan kata kunci tersebut, pasti ada. Kemudian pastikan sudah terinstall.

#3 Sebelum membuka aplikasi BNI Mobile Banking, pastikan untuk menempatkan nomor handphone yang sobat bisnis daftarkan tadi di slot SIM 1. Untuk beberapa ponsel, mungkin SIM 2 harus dinonaktifkan dulu saat proses aktivitasi nanti. Dan jangan lupa nomornya masih memiliki pulsa regular dan internet aktif.

Untuk internet ini, tidak perlu menggunakan internet dengan nomor yang didaftarkan. Pakai jaringan internet apa saja bisa.

#4 Kemudian silakan buka aplikasi BNI Mobile Banking kemudian ikuti petunjuknya. Mudah kok.

Kalau nanti disuruh masukin user id, masukin saya user id yang sudah dibuatkan oleh pihak CS. Kemudian nanti disuruh memasukkan Nomor Katur Debit (ATM). Kemudian nanti disuruh memasukan kode OTP yang telah dikirim ke nomor hp sobat, masukkan kode itu.

Setelah itu akan ada perintah untuk membuat MPIN dan password Transaksi. Ingat, MPIN dan password Transaksi ini tidak boleh sama. MPIN itu adalah kode pin yang digunakan untuk login ke aplikasi BNI Mobile Bankingnya. Sedangkan password Transaksi, adalah password yang digunakan untuk proses terakhir saat sobat melalui transaksi.

Untuk MPIN ini formatnya berupa 6 kombinasi angka. Iya angka saja, jadi buat yang rahasia dan mudah diingat. Jangan kombinasi berupa tanggal bulan lahir, karena itu mudah ditebak.

Untuk password Transaksi formatnya 8-12 karakter bisa kombinasi angka dan huruf.

#5 Kalau cara di atas sudah benar semua dan berhasil aktivitasinya, sobat bisa mencoba untuk login dengan memasukkan user id dan MPIN sobat. Maka nanti akan masuk ke menu BNI Mobile Banking. Sobat pun bisa melakukan cek saldo, mutasi, atau transaksi.

Jadi seperti itu cara mengaktifkan BNI Mobile Banking.  Mudah dan cepat kok. Nah, setelah berhasil aktivitasi, yang perlu sobat perhatikan adalah menjaga user id, mpin dan password transaksi ini agar tidak bocor ke orang lain dan tentunya tidak lupa. Ya kalau lupa sih mungkin bisa ditolerin dan nanti bisa ganti. Tetapi kalau ketahuan orang lain tentu akan bahaya.

Apabila masih ada hal yang ingin ditanyakan atau bingung, silakan tulis di kolom komentar. Insya Allah kalau kami tahu akan kami balas.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *