Home » PERBANKAN » Apakah Perlu Membuka Tabungan Anak?
Tabungan Anak

Apakah Perlu Membuka Tabungan Anak?

Urusan tabung menabung biasanya dilakukan oleh orang dewasa. Ya secara orang dewasa sudah memiliki pendapatan secara finansial. Sehingga untuk mengelolanya kadang dibutuhkan tabungan untuk pengelolaannya.

Tapi saat ini justru semakin banyak tabungan yang dikhususkan untuk anak. Baik itu tabungan pendidikan anak atau tabungan yang seperti pada umumnya namun digunakan untuk anak.

Pertanyaannya adalah, apakah perlu untuk membuka tabungan anak ini?

Tentu itu semua kembali pada peran orang tua itu sendiri. Karena meski ini tabungan anak, nanti yang akan ketika proses pembukaan rekening dan sumber dananya juga ada peran serta dari orang tua. Mengingat anak belum memiliki pendapatan.

Selain itu juga perlu diperjelas tujuannya, apakah hanya sekedar untuk sarana belajar anak agar gemar menabung atau memang untuk mempersiapkan finansial untuk si anak di masa dewasa nanti.

Itu semua perlu didiskusikan oleh orang tua dan tentunya si anak.

Apalagi tabungan anak sekarang ini ada yang telah diberikan fasilitas ATM, dan promo-promo lainnya. Kalau pembukaan tabungan anak ini hanya sekedar untuk gengsi, malah bisa jadi si anak jadi konsumtif, karena sudah memiliki ATM.

Jadi, sekali lagi perlu ditekankan tujuan awalnya dan orang tua harus ikut mengelola tabungan anak tersebut agar tidak disalahgunakan.

 

Akan sangat baik jika membuka tabungan anak untuk melatih dan menumbuhkan kebiasaan menabung. Sebenarnya bisa saja kalau cuma melalui celengan, tapi dengan memiliki tabungan anak di bank, tentu anak juga akan lebih tahu bagaimana proses menabung di bank dan apa saja yang didapatkannya.

Baca juga: Pilihan Investasi Pendidikan Untuk Anak Anda

Saat ini telah banyak jenis tabungan anak yang bisa dipilih, mulai dari yang bisa menggunakan atas nama anak hingga fasilitas kartu ATM.

Tapi alangkah baiknya, sebelum memutuskan untuk memilih tabungan anak, lebih baik ketahui beberapa kriteria tabungan anak yang baik.

1. Nilai Setoran Awal Yang minim
2. Saldo Minimum Yang Rendah
3. Syarat Pengajuan Yang Tidak Ribet
4. Tabungan Atas Nama Anak
5. Biaya Administrasi Minim
6. Promo Menarik, untuk pendidikan

Jadi, perlu atau tidaknya membuka tabungan anak itu tergantung dari kebijakan sang orang tua.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =