Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Peluang Usaha Ternak yang Cocok untuk Sampingan

Salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan dengan mudah dan tidak butuh pengelolaan yang rumit, adalah usaha ternak. Ada beberapa usaha ternak yang sangat cocok untuk dijadikan usaha sampingan. Pengelolaannya mudah, tetapi hasilnya melimpah.

Apalagi jika Anda memang suka beternak, pasti akan lebih senang dalam melakukannya. Dari sekian banyak ternak, berikut beberapa usaha ternak yang bisa Anda jadikan usaha sampingan.

Peluang Usaha Ternak

#Usaha Ternak Lele

Lele adalah jenis ikan yang banyak disukai orang, pasarnya juga luas. Mau dijual ke perorangan langsung bisa, atau kerja sama dengan warung atau restoran juga sangat bisa.

Usaha ternak lele ini cukup mudah dilakukan. Kalau Anda punya lahan kosong yang cukup luas, itu akan lebih baik. Anda bisa membuat kolam-kolam lele dari terpal yang bisa dibongkar pasang.

Kalau pun lahan Anda kecil, Anda bisa beternak lele dengan tempat yang lebih kecil, seperti ember. Anda bisa pakai ember yang ukuran diameter 50cm kemudian di atasnya bisa ditanami sayuran seperti kangkung. Selain bisa beternak lele, Anda juga bisa menikmati hasil budidaya kangkung.

Ternak lele ini panennya juga tidak lama, hanya butuh waktu 40-50 hari saja sudah bisa panen.

#Usaha Ternak Belut

Belut ini juga mudah pengelolaannya, pasarnya juga ada atau jika ingin diolah sendiri nantinya juga bisa. Modal usaha ternak belut ini tidaklah besar, Anda cukup menyediakan bak-bak untuk budidayanya.

Atau jika tidak ingin membuat bak cor, bisa pakai drum-drum yang disusun untuk dijadikan tempat budidayanya.

Meskipun tempatnya kecil, tetapi bisa ditaruh banyak belut.

Peluang usaha ternak belut ini memang sedang naik daun, karena keuntungan yang menjanjikan.

#Usaha Ternak Cacing

Jangan salah, cacing juga bisa diternak dan dijadikan penghasilan sampingan. Tetapi cacing yang diternak adalah cacing jenis Lumbricus Sp atau bisa juga cacing sutra. Mengapa ternak cacing? Karena yang membutuhkan juga banyak.

Biasanya cacing seperti ini digunakan untuk kebutuhan pakan ikan, baik ikan konsumsi maupun ikan hias.

Modal usaha ternak cacing ini sangatlah murah. Tempatnya bisa pakai yang permanen atau semi permanen. Dan dari segi pakannya, cacing ini juga mudah sekali mendapatkan pakan. Anda bisa menggunakan kotoran ternak untuk pakannya.

Baca juga : Peluang Usaha Ikan Hias & Aquascape

#Usaha Ternak Burung Kicau

Nah kalau Anda suka melihara burung, lebih baik jadikan usaha saja. Coba Anda ternak burung kicau supaya hobi Anda bisa jadi penghasilan. Burung kicau memang selalu ada peminatnya, meskipun sifatnya segmented tetapi prospeknya cukup bagus.

Anda bisa mulai ternak dari burung yang banyak dicari, seperti murai, love bird, jalak, dan lain-lain.

Keuntungan ternak ini sangat bagus.


Dalam usaha ternak, yang paling penting itu pilih yang sesuai dengan kesukaan Anda. Karena ini sifatnya juga dijadikan sampingan. Misalnya Anda suka dengan ternak ikan, ya pilih ternak ikan misalnya ikan lele. Fokus saja dulu di usaha itu supaya hasilnya bisa maksimal.

Baru jika sudah berjalan bagus, bisa mencoba usaha ternak lainnya.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.