Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Peluang Usaha Ikan Hias & Aquascape

Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan adalah usaha di bidang-bidang yang merupakan jadi hobi, salah satunya adalah Aquascape dan Ikan Hias. Usaha ikan hias dan perlengkapan aquascape saat ini masih sangat tinggi peminatnya.

Ini dikarenakan semakin meningkatnya penghobi ikan hias dan aquascape.

Usaha di bidang ini sangat banyak yang bisa disasar, secara produk dan perlengkapan dari ikan hias ini sangat beragam. Mungkin untuk permulaan Anda bisa berjualan ikan hias saja dulu, cukup bikin akuarium yang besar dan diisi ikan-ikan hias.

Usaha Ikan Hias-min

Sembari berjalan, Anda bisa melihat tingkat permintaan pasar dan Anda juga bisa menambah produk berupa perlengkapan aquarium dan aquascape. Karena kalau hanya mengandalkan ikan hias saja juga tidak cepat berkembang usaha Anda.

Nantinya Anda bisa berjualan aquarium, perlengkapan aquarium seperti filter air, lampu, obat & pakan ikan, hingga perlengkapan aquascape yang cukup beragam seperti co2 diy, selang air, termometer, hingga tanaman air.

Nah tanaman air ini juga bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Anda bisa membudidayakan tanaman air, kemudian bisa dijual ke para aquascaper. Modalnya cukup murah, Anda bisa memulai dengan pembibitan tanamannya kemudian dikembangkan hingga banyak.

Saat ini harga tanaman air untuk aquascape masih cukup tinggi. Untuk jenis tanaman air stek, biasanya per pot kecil dihargai kisaran Rp 5ribu – Rp 50ribu, tergantung jenis tanamannya. Bahkan kalau Anda cari tahu tanaman Anubias, itu harganya bisa sampai ratusan ribu rupiah.

Terus tanaman jenis moss yang juga banyak dicari bisa dibudidayakan.

Jadi usaha ikan hias ini sangat banyak pilihan produknya. Anda awali saja dengan menjual yang sesuai dengan budget, ikan hias dan perlengkapan aquarium standar. Kemudian kalau ada pemasukan bisa diputar untuk melengkapi stok produk lain agar bisa lebih beragam.

Nantinya pun Anda juga bisa menjual jasa, yaitu jasa membuat aquascape. Kita tahu bahwa aquascape itu bukanlah aquarium biasa. Di dalamnya ada hardscape, tanaman, dan faunanya. Tidak banyak orang yang mau dan bisa membuat, tetapi ingin memiliki karena indah untuk dilihat.

aquascape

Nah Anda bisa membuka jasa pembuatan aquascape dengan berbagai ukuran, serta jasa untuk maintenance nya juga.

Luas pokoknya kalau Anda ingin fokus dibidang usaha yang satu ini. Dan kami rasanya pasarnya sangat luas dan tidak akan habis.

Mau jualan di daerah yang jauh dari kota pun sangat bisa.

Untuk modal, ya itu tergantu dari seberapa besar usaha ikan hias yang ingin Anda bangun. Tapi kalau untuk yang standar bisa kisaran Rp 10 jutaan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, usaha ini memiliki umur panjang dan tidak sekadar usaha yang tren.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.