Home » PELUANG USAHA » Kunci Sukses Bisnis Rental Mobil
Bisnis Rental Mobil

Kunci Sukses Bisnis Rental Mobil

Bisnis rental mobil terbilang sangat mudah untuk dijalankan, terlebih jika Anda memang sudah memiliki mobil untuk keperluan pribadi.

Mobil sendiri aset yang sebenarnya tidak memberikan nilai lebih dimasa-masa yang akan datang. Justru, dari tahun ke tahun nilai sebuah mobil akan mengalami penurunan.

Jika Anda memiliki satu mobil mungkin tidak terasa, tapi kalau lebih dari satu mobil? Perlu ide untuk bisa memberdayakan mobil tersebut akan memiliki fungsi yang lebih optimal khususnya dari sisi finansial.

Nah, salah satunya dengan membuka bisnis rental mobil.

Daripada mobil yang dimiliki tidak menghasilkan duit, ya lebih baik direntalkan saja. Dengan direntalkan maka mobil tersebut mampu memiliki nilai lebih karena bisa mendatangkan penghasilan.

Bagi Anda yang saat ini memang berniat untuk membuka bisnis rental mobil atau justru sudah memiliki jasa sewa mobil, tidak perlu khawatir. Dalam artikel kali ini, saya akan sedikit share tips yang mungkin saya bisa bermanfaat bagi Anda, khususnya untuk mengembangkan bisnis rental mobil ini nantinya.

Apa saja tips sukses bisnis rental mobil ini? Yuk simak…

#1 Siapkan Mobil Anda

Persiapkan dulu mobil yang akan direntalkan. Jika ada bagian yang rusak, segera perbaiki. Tambahkan perangkat GPS jika Anda ingin menyewakan mobil tanpa sopir (lepas kunci). Karena GPS sangat penting untuk keamanan. Sekarang ini banyak modus penipuan yang melarikan mobil sewaan.

Selain itu juga cek kembali surat-suratnya, pajak kendaraannya, dan lain-lain.

Ini semua demi memberikan service kepada pelanggan nanti. Jangan sampai pelanggan kapok menggunakan rental mobil Anda, karena mobil tidak nyaman digunakan baik dari sisi safety-nya maupun kelengkapan surat-suratnya.

#2 Buat Layanan Yang Akan Ditawarkan

Buat list sederhana tentang layanan apa saja yang Anda tawarkan. Kalau hanya rental mobil, apakah harus pakai sopir (dari Anda) atau bisa lepas kunci. Lalu tetapkan jangkauan, apakah mobil bisa disewa untuk digunakan di luar daerah atau khusus di kota Anda.

Nah, biasanya kalau di daerah Anda juga banyak tempat wisata, kadang juga memberikan layanan tour wisata. Dimana nanti Anda bisa menyewakan mobil sekaligus memberikan paket wisata di daerah Anda. Model seperti ini lebih menguntungkan bagi bisnis rental mobil.

#3 Buat Website Untuk Media Marketing

Yang paling penting dari jasa rental mobil adalah bagaimana mendapatkan konsumen. Untuk itu buatlah website sebagai media marketing utama Anda.

Mengapa harus punya website?

Karena konsumen biasanya tidak hanya dari kota Anda. Justru mayoritas orang luar daerah. Sehingga dengan menggunakan website akan lebih menyasar pasar lebih luas lagi. Apalagi saat ini gaya hidup orang sudah berubah. Mau cari apa saja mengandalkan internet. Benar tidak?

Jadi, buatlah website. Silahkan hubungi jasa pembuatan website kesayangan Anda.

Setelah membuat website, optimasilah website Anda tersebut dengan segala teknik online marketing, seperti SEO dan lainnya. (Baca juga: SEO, Solusi Meningkatkan Pengunjung Toko Online)

#4 Bekerjasama Dengan Pihak Ketiga

Anda bisa bekerjasama dengan pihak ketiga untuk bisa mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Siapa pihak ketiga itu? Bisa dengan hotel, pengelola objek wisata, atau agen tiket.

Dengan bekerjasama dengan pihak-pihak tersebut, maka bisnis sewa mobil Anda akan direferensikan jika ada yang mencari rental mobil. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan konsumen yang tertarget.

#5 Perluas Relasi

Jaga hubungan baik dengan teman dan jangan sungkan berkenalan dengan orang yang baru dikenal. Apalagi jika Anda sedang ke luar kota, jangan sia-siakan untuk mencari relasi baru.

Ceritakan tentang bisnis rental mobil Anda dan berikan kartu nama Anda. Siapa tahu jika orang tersebut berkunjung ke kota Anda dan membutuhkan rental mobil bisa segera menghubungi bisnis rental mobil milik Anda. 🙂

Baca juga: Bagaimana Menciptakan Strategi Pemasaran Word of Mouth?

Nah, itulah tips dari saya jika Anda ingin berbisnis rental mobil. Semoga bermanfaat.

Disclaimer : Tips di atas tidak menjamin Anda berhasil dalam menjalankan bisnis rental mobil. Karena semua itu tergantung dari usaha serta kondisi yang ada pada diri Anda. Tapi tak menutup kemungkinan jika Anda akan mendapatkan keberhasilan dari tips di atas. Jadilah tips ini sebagai referensi Anda, bukan sebagai satu-satunya solusi bagi bisnis rental Anda. 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × two =