Home » INVESTASI » 3 Aspek Penting Mengatur Strategi Sebelum Investasi
3 Aspek Penting Mengatur Strategi Sebelum Investasi
image via marketintelligencecenter.com

3 Aspek Penting Mengatur Strategi Sebelum Investasi

EtalaseBisnis.com – Memiliki penghasilan yang lebih terkadang membuat seseorang ingin menyisihkannya untuk investasi. Mengingat investasi adalah cara terbaik untuk bisa mendukung masa depan nanti. Akan tetapi berinvestasi ini juga tidak mudah. Banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan.

Untuk itu diperlukan strategi sebelum Anda memutuskan untuk investasi. Karena investasi sendiri selain memiliki keuntungan yang berbeda-beda juga memiliki risiko yang bisa mengancam keuangan Anda.

(Baca juga: 4 Jenis Aset Investasi Yang Perlu Anda Ketahui)

Mengatur strategi berinvestasi sangatlah penting, dan berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk berinvest.

Ketahui Berapa Jumlah Pendapatan Anda dan Nilai Yang Akan Digunakan Investasi

Jangan sampai Anda berinvestasi dalam keadaan kondisi ekonomi yang sulit. Selain ini akan membuat invetasi ke depannya tidak menguntungkan juga akan membebani Anda. Namun, yang paling penting adalah mengetahui berapa penghasilan Anda, kebutuhan pokok Anda dan apakah ada sisa yang bisa diinvestasikan. Sehingga dengan demikian akan semakin mudah untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Banyak Sekali Jenis Aset Investasi, Pilihlah Yang Sesuai

Di artikel saya sebelumnya dijelaskan beberapa jenis aset investasi. Nah, Anda perlu mengetahui itu agar dari dana yang dimiliki bisa sesuai dengan investasi apa yang ingin dijalani. Jangan gegabah memilih jenis investasi apalagi jika melihat keuntungannya.

Setiap Investasi Memiliki Keuntungan dan Kerugian Masing-Masing, Ketahuilah

Anda wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi yang akan Anda pilih. Keuntungannya berapa, risikonya bagaimana, sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengelola aset Anda nanti. Misalnya saja ada investasi obligasi. Obligasi termasuk jenis investasi yang memiliki tingkat risiko yang rendah jika dibandingkan dengan saham. Hal ini dikarenakan pembayarannya teratur sesuai yang telah disepakati. Obligasi sendiri adalah dua macam, yaitu obligasi pemerintah dan perusahaan. Obligasi pemerintah memiliki bunga yang rendah dibanding obligasi perusahaan.

Dengan mengetahui hal-hal di atas, Anda pun bisa menyusun strategi jenis investasi yang dipilih. Pastikan jangan salah memilih investasi yang hanya dikarenakan keuntungan atau kemudahannya saja.

Jika Anda ingin berinvestasi yang bisa sesuai dengan kemampuan Anda dan bisa menjadi kebahagiaan di dunia maupun di akhirat nanti, Anda bisa memilih investasi dengan bersedekah.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 2 =