Flash Sale adalah Strategi Marketing Online yang Jitu, Baca Detailnya!

/ / Dibaca : 21,923 views

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah flash sale kan ya? Apalagi kalau suka berbelanja online. Ya, Flash sale adalah strategi pemasaran dalam dunia e-commerce yang konsepnya memberikan tawaran harga yang rendah (diskon) tetapi penjualan ini hanya berlaku dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Kita ambil contoh flash sale produk smartphone Xiaomi, sering kali ketika brand yang satu ini menjual produk terbarunya di Indonesia, yang pertama dilakukan adalah menjualnya dengan sistem flash sales melalui situs e-commerce Lazada.

Dalam flash sale tersebut telah ditentukan waktunya, misalnya pada hari Rabu, tanggal sekian dan jam sekian. Tidak hanya waktunya saja yang sudah ditentukan, tetapi juga jumlah produk (stock) juga sudah ditentukan.

Flash Sale adalah

Mengapa menggunakan Flash Sale?

Sistem penjualan seperti ini tidak selamanya digunakan, namun hanya di moment-monent tertentu saja. Dan alasannya jelas untuk memberikan keuntungan.

Keuntungan ini tidak hanya didapatkan dari produsen, tetapi juga peritel dan juga konsumen.

Baca juga : Pengertian Perusahaan Ritel

Dengan produk yang murah tetapi dibatasi oleh waktu dan jumlah produk, ini membuat penjualan semakin tinggi. Dari sisi peritel tentu akan mendapatkan benefit kepercayaan dari konsumen, dan konsumen pun bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga yang murah.

Tidak jarang produk yang di flash sale ini akan ludes dalam waktu beberapa menit saja. Karena biasanya produk yang di flash sale merupakan produk yang bakal diminati konsumen.

Menerapkan sistem flash sale ini cukup mudah. Yang penting adalah memilih produk, menghitung dulu berapa diskon yang akan diberikan dan kuota atau stok produk yang akan diberikan saat flash sale. Sehingga dari situ bisa dilihat margin yang akan didapatkan.

Sangat penting dalam memilih produk yang akan dijual saat flash sale. Perlu riset pasar agar produk nanti benar-benar dibutuhkan konsumen. Sehingga flash sale pun bisa berhasil dalam waktu yang telah ditentukan.

Kekurangan Flash Sale

Dari sisi produsen atau peritel hampir tidak ada kekurangannya. Namun, dari sisi konsumen biasanya akan mendapatkan beberapa kendala saat flash sale berlangsung. Beberapa kendala seperti :

  • Situs e-commerce yang susah diakses. Hal ini dikarenakan banyak konsumen yang ingin rebutan membeli sebelum stok habis. Sehingga menyebabkan website kadang susah diakses.
  • Tidak bisa menyelesaikan transaksi. Sering kali konsumen juga mengalami kegagalan dalam transaksi. Misalnya sudah proses check out, dan tinggal membayar, tetapi tiba-tiba data belanja hilang karena sistem yang tidak stabil saat melakukan flash sale.

Flash sale memang sangat menarik banyak orang, apalagi jika produk yang dijual juga menggiurkan. Apakah Anda pernah ikut flash sale?

Tips Jika Anda Ingin Mengadakan Flash Sale

  • Apabila Anda ingin flash sale di toko online Anda sendiri, siapkan server website toko online Anda agar bisa menampung banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan. Karena biasanya dengan flash sale pengguna akan meningkat tajam.
  • Pastikan stok produk sudah ditentukan.
  • Promosikan program flash sale jauh-jauh hari melalui media sosial atau iklan.
  • Pilih produk flash sale yang banyak peminatnya.
Baca Artikel dari Tags:

3 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.