Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Meningkatkan Penjualan dengan Diskon

Siapa sih yang tidak suka dapat diskon? Sebagai pembeli pasti akan merasa senang dan ingin memiliki barang yang ada diskonnya. Nah, ini bisa Anda jadikan cara untuk meningkatkan penjualan online Anda yakni dengan memberikan diskon.

Sebagai penjual, kadang Anda perlu menempatkan diri sebagai pembeli. Anda perlu tahu pembeli itu sukanya apa saja. Agar apa yang Anda tawarkan bisa sesuai dan disukai oleh pembeli.

Salah satu yang disukai pembeli adalah diskon.

Uniknya, berapa pun nilai diskon yang diberikan, pembeli akan merasa produk tersebut lebih murah dan ingin segera membelinya.

Dengan memberikan diskon ini dapat dijadikan daya tarik untuk memikat hati para pembeli. Dari yang awalnya pembeli tidak berniat membeli barang Anda, tetapi setelah melihat adanya diskon, mereka tertarik untuk membeli.

Selain itu, dengan diskon juga dapat dijadikan untuk menghabiskan stok lama barang Anda. Apalagi seperti di akhir tahun sekarang ini, biasanya stok-stok lama yang masih banyak ingin segera dihabiskan. Pemberikan diskon adalah cara tepat untuk melakukan closing.

Akan tetapi untuk memberikan diskon tidak bisa serta merta begitu saja. Ada beberapa strategi yang perlu Anda lakukan disaat ingin memberikan diskon.

1. Cari momen yang pas

Supaya efek diskonya bisa lebih mengena, Anda bisa mencari momen yang pas untuk memberikan diskon. Di sini Anda perlu melihat kalender event-event yang ada serta melihat hari perayaan lainnya.

Misalnya saja di akhir tahun pasti ada Hari Natal dan Tahun Baru, buat saja diskon Natal dan Tahun Baru. Terus misalnya di Hari Sumpah Pemuda, Anda juga bisa memberikan diskon.

Intinya cari momen-momen yang pas dan akan lebih baik disesuaikan dengan produk Anda. Misal Anda jualan produk untuk ibu-ibu, berikan diskon spesial saat Hari Ibu.

2. Berikan bonus ke pembeli

Kalau Anda berpikir kalau diskon itu hanya berupa pengurangan harga saja maka Anda salah. Diskon itu bentuknya banyak sekali. Selain pengurangan harga, Anda bisa melakukannya dengan memberikan bonus untuk item produk tertentu.

Misalnya saja Beli 2 Gratis 1, atau bisa dengan memberikan bonus item produk lain. Istilahnya bundling product. Jadi ketika pembeli beli produk A akan dapat bonus produk B.

Tentunya dalam memberikan bonus ini Anda sudah kalkulasikan nilai keuntungan dan lainnya ya.

3. Manfaatkan promo diskon dari platform penjualan

Ini jika Anda berjualan lewat platform marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee,atau lainnya. Biasanya marketplace ini sering memiliki promo diskon yang bisa dimanfaatkan penjual untuk mendongkrak penjualannya. Nah, manfaatkan saja promo diskon yang ada.

Baca juga :

Soalnya promo diskon yang diberikan oleh pihak marketplace tidak akan berpengaruh terhadap keuntungan Anda. Jadi diskon itu ditanggung oleh platform. Misalnya saja gratis ongkos kirim, cashback, atau diskon pengurangan harga.

Mungkin itu yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan online Anda. Diskon adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. Dengan diskon juga bisa meningkatkan kredibilitas usaha Anda. Selamat mencoba.



Baca Artikel dari Tags:

3 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.