Cara Mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) Bank Mandiri

  • Whatsapp

Cara mendapatkan KUR atau Kredit Usaha Rakyat itu perlu persiapan yang matang dari sisi keuangan dan manajemen sebuah UMKM. Hanya saja kadang UMKM kurang paham masalah ini, sehingga kadang pengajuan KUR sering ditolak.

EtalaseBisnis.com – Salah satu faktor penyebab sebuah usaha khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sulit berkembang adalah karena dukungan modal yang kurang. Hal ini sudah bukan menjadi rahasia lagi. Banyak UMKM di berbagai daerah terpencil memang tengah menghadapi masalah ini.

Tak heran jika keadaan ini mengharuskan UMKM memiliki suntikan modal dari berbagai sumber yang ada, salah satunya dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diterbitkan oleh beberapa Bank di Indonesia ini.

Meski berupa pinjaman, tetapi KUR mampu memberikan solusi permodalan bagi sektor usaha kecil maupun koperasi yang memang layak untuk mendapatkan pinjaman.

Nah, jika Anda saat ini tengah berjibaku dengan modal untuk mengembangkan usaha UMKM, tak ada salahnya jika mencari tambahan modal usaha dari KUR ini. Di sini kami akan memberikan informasi mengenai cara mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri. Sebelumnya kami telah mempublikasi tentang syarat dan ketentuan KUR Bank BRI.

Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri

Baca juga: Syarat Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BRI, Simak!

Baiklah tak perlu berlama-lama lagi, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan KUR Bank Mandiri.

1. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan maupun pemerintah

Maksudnya adalah ketika Anda ingin mengajukan KUR Bank Mandiri, pastikan Anda tidak dalam posisi sedang menerima program kredit dari perbankan lain maupun dari pemerintah langsung.

2. Tidak sedang menerima kredit konsumtif

Apa saja itu kredit konsumtif? Misalnya Kredit Kendaraan Bermotor, KPR, Kartu Kredit, dan berbagai kredit konsumtif lainnya. Jika Anda masih memiliki tangguan kredit seperti itu, maka segera selesaikanlah terlebih dahulu sebelum mengajukan KUR Bank Mandiri.

Kedua poin di atas adalah syarat pokok yang perlu Anda ketahui. Nah, untuk persyaratan administratif, Anda cukup melampirkan :

  • Dokumen legalitas pemohon, seperti : KTP, Kartu Keluarga
  • Dokumen legalitas usaha, seperti : NPWP, SIUP, SKDU
  • Fotocopy rekening giro/tabungan 6 bulan terakhir

Jika ketentuan-ketentuan di atas sudah Anda taati, berarti Anda bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri.

Sekarang yang perlu Anda ketahui adalah limit pinjaman maksimal yang bisa Anda dapatkan. Di KUR Bank Mandiri ini, Limit Kredit yang berupa KUR Langsung (Individu) memiliki nilai maksimal Rp 500 Juta. Sedangkan untuk KUR Tidak Langsung terbagi menjadi dua, yaitu :

  • Pola Excuting : Nilai kredit maksimal adalah Rp 2 Milyar per lembaga Linkage dan maksimal Rp 100 Juta untuk per end user.
  • Pola Channeling : Kalau yang ini sesuai daftar nominatif end user dengan limit kredit per end user s.d Rp 500 Juta.

Itulah cara mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) di Bank Mandiri. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar atau silahkan berkunjung ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat Anda. Semoga Bermanfaat

Originally posted on 24/06/2015 @ 13:57

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

65 Komentar

  1. Kalau di cabang bank mandiri berlaku juga apa tidak?
    Trus kalo perorangan pakai agunan tidak?

    1. Saya ingin mengajukan permohonan pinjaman modal usaha,tapi saya belum punya rekening mandiri.alamat KTP temanggung tapi saya buka usaha di Ungaran berjualan cilok.jaminan yang saya punya mobil thn 95 tapi bukan atas nama.kira2 bisa di proses ngga? terimakasih.

      1. Sy mau nanya mas katax klo pengambilan KUR itu cuman sekali dalam seumur hidup..contohx sy dah ambil tp dah lunas tp mau mengajukan lg apa tdk boleh lagi…

      2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh… Saya nasabah bank mandiri dulu udah pernah minjam kur mandiri dan udah lunas..
        Apa saya masih bisa ngajukan kur mandiri lagi

        1. Apa kah bila kita minjam KUR dan semua persayaratan sudah kumplit dan sudah di acc sma bank mandiri,dana bisa langsung cair semua apa tidak?

  2. Kl yg tdk punya tabungan gmn, kan syarat nya hrs ada FC tabungan 6 bln terakhir? Bakal di acc ga?

    1. Kalau masalah di ACC atau tidak bukan menjadi wewenang saya :D Tapi kemungkinan bisa tidak tapi bisa iya. Yang penting coba ajukan dulu

    2. Saya jualan siomay di salatiga….saya ingin mengajukan pinjaman modal..100jt…dengan jaminan sertifikat atas nama sendiri…dengan jangka 4 tahun…apa bisa di acc

  3. Klo usahanya rumah kost”an apa bisa? Dan harus ada SIUP juga? Oh ya SIUP itu keluarkan dari kelurahan atau kecamatan?

      1. Pemerintah daerah setempat? Untuk jaminan yang harus dilengkapi apa saja, mas virmansyah sprti (AJB) itu bisa buat sbgai jaminan. Dan kalau belum menikah bisa mengajukan?? Thx sblmnya

        1. Saya ingin mengajukan pinjaman.. nggak besar kok cuma 10 jt.. agunan sertifikat tanah..
          Ada yg bisa bantu kah?
          Alamat jonggol bogor..

  4. Masukan saja, untuk calon penerima KUR, boleh sedang menerima kredit lainnya dari bank sesuai Permenko 13 pasal 14,asalkan dalam kolektibilitas lancar.

    (4) Calon penerima KUR Mikro sebagaimana dimaksud
    pada ayat (1) dapat sedang menerima
    kreditjpembiayaan lainnya antara lain berupa kredit
    kepemilikan rumah, kredit kendaraan bermotor, dan
    kartu kredit, serta KURdengan kolektabilitas lancar.

  5. kalau saya mau pinjam sejumlah uang sebesar 150juta untuk modal usaha bagaimna prosesnya, sedangkan saya adalah seorang sarjana teknik,, hanya punya motor yang saya beli sendiri itupun hy seharga 7jt,,,

    1. Silahkan datang ke kantor Kantor Bank Mandiri atau Bank lainnya yang menyediakan layanan KUR, nanti akan dibantu prosesnya dan informasi lainnya. thks

    2. Pengajuan kur.. terhambat dengan angsuran motor dengan cool 2.. sebab pihak leasing menggelapkan angsuran saya… Saya malas pusing.. saya tetap bayar.. untuk membersihkan nama saya… Berapa lama harus nunggu sampai nama saya bersih… Sebab saya cek di OJK sama masih terdaftar Coll 2..
      Sangat2 mempengaruhi pengajuan kur.. apa yg harus saya lakukan.. agar pengajuan di ACC.. secepatnya.. thanks

  6. Saya pemain baru yg bergerak di bidang manufacturing apa bisa saya mengajukan pinjaman tsb. Saya tidak memiliki pinjaman sama sekali di bank manapun. Tp saat ini saya butuh modal untuk memperbesar pangsa pasar perusahaan saya. Apakah pinjaman ini dengan anggunan atau tidak? Trims

    1. Kalau arus keuangan perusahaan bapak lancar dan mengindikasikan perkembangan yang bagus, bisa saja menjadi pertimbangan untuk pengajuan pinjaman. KUR ini ada agunannya.

    1. Jika saya mengajukan kur di bank mandiri mitra usaha sebesar 100 juta, apakah bisa memakai anggunan bpkb mobil type nissan grand livina tahun 2013, mungkin kah anggunan saya bisa di terima?

  7. saya punya tanah kosong bersertifikat diluar domsili ktp, tapi saya ingin menjadikan jaminan ke bank mandiri di tempat domisili. apakah bisa ? terus saya baru mau memulai usaha, trims.

  8. Saya dari kta payakumbuh, untk meminjam 300 jt, bisa mobil l 300 jdi tanggungan ny,? Dan brpa bunga dana kur? Syaratny harus ada buku tabungan mandiri ya?

  9. saya mengajukan kur mandiri, tapi sudah hampir 2pekan tidak ada kabar ataupun pemberitahuan, kalo saya juga ngajuin kur ke bank lain apa bisa? takutnya saat sudah ngajuin bank lain tiba tiba mandiri ada kabar.

  10. Sya mempunyai rental ps 3, 5 unit.trus sya mengajukan pinjaman kur di mandiri sebesar 20 jt.tetapi mereka hnya bisa memberi 15 jt.trus sya lanjut kan proses nya walaupun 15 jt yg bisa.
    Persyaratn dr pihak bank sudh sya penuhi.
    Dan terKhir di tgl 3-12-2018 sya sudh pkk dan sudh membuat buku tabungan dan agunan s.tanah yg asli udh di berikan ke pihak bank. Pihak bank yg menyuruh saya membuat semuah nya dan sudah terlaksanakan.tetapi mengapa di tgl 4-12-2018 bsok hari nya pengajuan saya batal alasan nya karna mengenai usaha rental ps 3 saya.kan dari awal pengajuan usaha sya rental ps 3.padahal peroses semuah udh berjalan 1 bulan lebih.kenapa hasil akhir nya seperti ini.
    Mohon jawaban nya bpk/ibu pimpinan .
    Trima kasih

  11. Saya memiliki Usaha Ternak Ayam Broiler Populasi 12.000 ekor sudah berjalan selama dua tahun . Berapakah Jumlah Pinjaman maksimal yang dapat Saya ajukan ?
    Saya tidak memiliki Agunan

  12. Saya usaha jualan kain ke pekan”
    Jika agunan Bpkb speda motor atau mobil tpi Pajaknya mati. Saya kurang modal buat mengembangkan usaha saya
    Bisa gak saya dapat pinjaman kur mandiri?

  13. Permisi pak/ibu, saya mau mengajukan KUR untuk membuka cabang usaha bakso dan sosis bakar saya yg saat ini masih berjalan, alasan sy untuk membuka cabang agar status kepemilikan atas nama usaha sendiri bukan atas nama usaha berdua. Penghasilan dari usaha kami saat ini mencapai 2.500.000/bln. Bagaimana pak/bu?

  14. Permisi bpk/ibu Saya mau tanya?
    Sebelum nya saya belum pernah meminjam uang di bank manapun, saya memiliki usaha yang usaha parfum isi ulang dan sudah memiliki 3cabang yang sudah berjalan selama 2 tahun lebih.
    Juga memiliki surat keterangan usaha dari kelurahan, kebetulan saya kekurang modal untuk membuka cabang lagi.
    Yang mau saya sama bpk/ibu, Jika saya mengajukan kur di bank mandiri mitra usaha sebesar 100 juta, apakah bisa memakai anggunan bpkb mobil type nissan grand livina tahun 2013, mungkin kah anggunan saya bisa di terima?

  15. Saya mau bikin usaha depot butuh modal 25 kalau jaminan nya bpkb motor 2 tahun 2015 sama 2017 bisa tidak

  16. Siang pak..saya mw nanya..sudah 1 bulan lebih menunggu survai kok belum datang2 pak.??
    Jadi kelanjutan nya gmna lagi pak?? Terimakasi pak

  17. Pagi…selamat sahurr
    Perkenalkan nama saya muhumad lukman wirawan..saya dari kecamatan cisarua kab bogor..usaha saya di bidang jualan kambing eceran sama suplayer ke restoran..saya mau pengajuan pinjaman kur 25jt kira kira prosesnya lama atau tidak..saya kekurangan modal untuk pengemukan domba/kambing menjelang habis lebaran…mohon info nya terima kasih

  18. Assalamu’allaikum…tolng info mas/ibu.
    Sya mau ajukn kredit kur tp tidk tau caranya..sya,maksud sya istri sya punya usaha kos kosan.dn ingin renovasi tp dana kurang cukup..ingn ikut kredit kur apa bisa? Data lengkp..sudah dpt surat usaha dari desa.tp blm punya siup.dan seandainya pakai jaminan bpkb.jga ada.ada bpkb mobil tp pajak telt 3 kli.dn stnk masih hidup..apa bisa sya mengajukn kredit kur.mas/ ibu.tolng di bantu info nya.trimakasi..wassallam

  19. Mas saya mau ikut dana KUR untuk bulan ini ada ngga terus masalah persyaratan seperti ;KTP/KK serta jaminan Sertifikat saya punya tapi istri saya sudah meninggal terus saya nikah lg tp belum punya buku nikah (masih nikah sir)itu gimana bisa ngga?

  20. Assalamu’alaikum, sebelumnya saya utarakan terlebih dahulu alasan alasan sebelum mengajukan kridit KUR Bank Mandiri, usaha sebelumnya yang dijalani sedang sulit atau sepi tidak ada orderan, disamping pekerjaan utama saya yang sedang sulit, saya dirumah sambil buka warung sembako dll di rumah kebetulan tinggal diperumahan dan sambil beternak ayam joper skala rumahan dirumah kosong yang rencana saya buat toko kedepanya karena posisi tanah ada di pinggir jalan, beternak ayam joper dan ayam kampung sudah berjalan kurang lebih satu tahun, untuk saat ini posisi kandang sedang kososng karena kesulitan modal untuk membeli bibit baru dan persediaan pakan .
    Dapatkan saya mengajukan pinjaman KUR Bank Mandiri dengan besaran 25 juta, dan anggunan berupa sertifikat tanah kapling yang baru saya beli, tetapi masih atas nama pemilik tanah sebelumnya.
    terima kasih atas jawabanya, wassalam.