Home » TIPS » Mengapa Pemasaran Online Melalui Blog Lebih Baik Daripada Iklan Berbayar?

Mengapa Pemasaran Online Melalui Blog Lebih Baik Daripada Iklan Berbayar?

Blog Marketing
Image via gearylsf.com

Banyak yang rela membayar hingga berjuta-juta hanya untuk sebuah iklan online. Padahal iklan online itu sifatnya sementara. Kalau budget sudah habis dan masa tayang habis, ya habislah sudah iklannya. Padahal belum tentu iklan tersebut bisa terkonversi dengan baik.

Padahal ada cara lain yang bisa dilakukan untuk pemasaran secara online, yaitu dengan blog. Pemasaran Online melalui blog belum banyak dilakukan oleh para pemilik bisnis online. Mereka hanya menggunakan blog sebagai sarana informasi saja kepada para pelanggannya. Padahal jika dilihat dari efek yang didapatkan, pemasaran melalui blog sangatlah baik dibanding melalui iklan berbayar.

Dari sisi budget pun juga sangat beda jauh, pemasaran melalui blog bisa dibilang gratis, mungkin hanya digunakan untuk membayar sewa domain hosting saja atau biaya content writer jika Anda memang menyewa jasa penulis artikel.

Dan jika dilihat efeknya, pemasaran online melalui blog sangatlah memiliki dampak positif jangka panjang. Blog sendiri kekuatannya ada di konten artikel. Sehingga dengan memaksimalkan konten artikel ini, bisa mendongkrak semuanya.

1. Masalah SEO Akan Meningkat

Bayangkan, jika Anda hanya mengoptimalkan website atau toko online saja, pasti kata kunci untuk kebutuhan Search Engine Optimization (SEO) sangat terbatas. Anda hanya bisa mengoptimalkan kata kunci para produk atau jasa Anda. Akan tetapi jika Anda juga memiliki blog, maka akan lebih leluasa dalam menjaring kata kunci. Tentunya kata kunci ini juga berkaitan dengan bisnis Anda. Sehingga apa yang didapatkan? Pengunjung meningkat dari berbagai kalanga. Inilah kekuatan Content Marketing.

2. Branding Website Utama Anda Akan Lebih Kuat

Dengan pemasaran online melalui blog ini juga akan berdampak baik baik proses branding bisnis Anda. Konten artikel yang didistribusikan melalui blog, secara tidak langsung akan membawa nama brand usaha Anda kepada para pembaca. Dari pembaca yang semula hanya tergaet karena artikel blog, pada akhirnya mengetahui brand bisnis Anda bahkan produk Anda. Apakah ini tidak menarik?

3. Mendekatkan Anda Dengan Konsumen

Iklan berbayar boleh saja jalan, tetapi juga harus memperhatikan jeda waktunya. Kadang kalau berlebihan malah membuat orang risih, betul tidak? Untuk itu dengan memiliki blog sebagai pemasar online akan memberikan esensi yang berbeda kepada bisnis Anda. Anda bisa berbagi sekaligus ada sisi marketingnya melalui blog tersebut. Apalagi jika blog memang di branding dengan sangat baik untuk kebutuhan bisnis online Anda, maka pembaca bisa terkonversi menjadi ‘konsumen’ Anda. Inilah magnet yang luar biasa yang bisa Anda lakukan dengan blog.

4. Pemasaran Jangka Panjang

Seperti yang saya katakan di atas, jika iklan berbayar hanya terbatas pada budget dan waktu tayang. Jika dengan blog, maka selama konten artikel terus terdistribusi maka blog akan kebanjiran pembaca. Dan jika konten sudah dioptimalkan untuk SEO, pasti ini akan menjadi pemasaran jangka panjang yang tidak pernah Anda bayangkan.

Saat ini Anda boleh saja mengatakan, ah belum tertarik dengan blog, ah blog paling cuma gitu-gitu saja. Eits, tunggu dulu, itu jika Anda memahami dari sudut pandang blog curhatan. Padahal dengan mengedepankan kualitas konten artikel dan dibalut dengan sajian seo copywriting, maka pembaca Anda adalah calon raja-raja. Yang artinya, setiap pembaca blog Anda bisa jadi akan menjadi pelanggan-pelanggan Anda.

Masih tidak ingin mengoptimalkan blog Anda? 



One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + thirteen =