Beriklan di Shopee Iklan Pencarian? Anda Harus Pantau Terus!

  • Whatsapp
Shopee Iklan Pencarian

Jika Anda berjualan di Shopee, mau tidak mau Anda harus mengaktifkan Shopee Iklan Pencarian. Karena kalau tidak, maka produk Anda tidak akan bisa bersaing dengan produk toko lain. Apalagi produk yang Anda jual merupakan produk yang banyak kompetitornya. Dengan mengaktifkan Iklan Pencarian, paling tidak bisa mengangkat produk Anda di halaman pertama pencarian Shopee. Sehingga akan meningkatkan penjualan toko Anda.

Akan tetapi, jika Anda beriklan di sini haruslah berhati-hati dan cermat. Karena kalau asal top up saldo dan beriklan, maka bisa saja bukan untung yang didapatkan, tetapi malah buntung. Ini berdasarkan pengalaman pribadi, dari beberapa pengalaman yang ada, kami malah boncos saat beriklan dan tidak bisa mendapatkan penjualan seperti yang diinginkan.

Itulah mengapa kami menyarankan jika Anda beriklan di shopee Iklan Pencarian, Anda harus memantaunya terus. Mengapa? Berikut beberapa alasannya.

Shopee Iklan Pencarian

1. Biaya per klik berubah-ubah

Iklan Pencarian ini memiliki sistem CPC (Cost Per Click), jadi Anda membayar ke Shopee berdasarkan jumlah klik iklan per kata kunci. Misalnya kata kunci “batik sarimbit lengan panjang” nilai per kliknya Rp 1.000, maka jika nanti kata kunci ini mendapatkan 50 klik, maka Anda membayar Rp 1.000 x 50 = Rp 50.000.

Tapi ingat, jika Anda amati, biaya per klik ini sifatnya dinamis, sering berubah-ubah. Ini bisa Anda lihat dari biaya yang disarankan. Dari hasil analisa kami, biaya per klik ini berubah mengikuti jam-jam banyaknya pengunjung. Misalnya jam 03.00, biaya per klik mungkin berada di nilai terendah, karena pengunjung Shopee menurun sehingga persaingan sedikit. Tetapi jika sudah berada di jam-jam 08.00, atau jam-jam dimana banyak orang ingin berbelanja, maka biaya per klik akan naik. Karena di situ persaingan meningkat. Paham ya sistemnya.

Lalu mengapa harus kita pantau?

Ya agar Iklan Pencarian Anda efektif. Misalnya saja Anda mengatur biaya per klik Rp 1.000, tapi pas jam-jam banyak pengunjung Anda tidak mengubahnya, maka ya akan kalah saing. Begitu juga sebaliknya, kalau pas jam-jam sepi, dimana nilai per klik bisa lebih rendah lagi, Anda malah bisa boncos. Seperti itu.

Baca juga : Kredit IklanKu Shopee Habis Banyak, Tapi Order Penjualan Sedikit. Ini Sebabnya!

2. Konversi kecil

Namanya orang jualan, kadang ada penjual atau kompetitor yang iseng. Misalnya saja dengan melakukan klik ke iklan penjual lain agar budget iklannya cepat berkurang tanpa adanya penjualan. Tetapi tidak semua seperti itu ya. Intinya ketika konversi kecil (banyak klik, penjualan sedikit), maka Anda perlu segera mengubah biaya klik dan mengatur kata kunci pencariannya.

Karena kalau dibiarkan ya nanti Anda hanya akan kehilangan budget iklan tetapi tidak mendapatkan konversi penjualan. Inilah mengapa di poin ini juga perlu dipantau terus.

3. Mengikuti tren pasar

Sebagai penjual, Anda juga perlu menganalisa tren pasar yang lagi berkembang atau berpotensi akan berkembang. Ini sangat penting untuk penjualan Anda. Nantinya Anda bisa memanfaatkan tren pasar ini untuk bisa mempromosikan produk Anda lebih gencar. Misalnya saja ketika Pemerintah memerintahkan untuk melakukan PPKM di kala pandemi dalam jangka waktu yang lebih panjang. Nah di sini Anda harus peka, kira-kira produk Anda akan berdampak tidak. Baik itu berdampak positif atau negatif.

Misalnya saja Anda berjualan produk herbal, maka ini banyak dicari orang di kala masa PPKM pandemi. Di sinilah saatnya Anda harus mengatur Shopee Iklan Pencarian agar sesuai dengan tren pasar yang lagi berkembang.

4. Kata kunci efektif tidak

Kalau Anda termasuk penjual Shopee yang suka menggunakan banyak kata kunci, maka perlu untuk memantaunya juga. Banyak kata kunci belum tentu akan membuat penjualan meningkat. Justru bisa saja itu akan membuat iklan Anda boncos karena kata kunci yang dipilih tidak efektif.

Sebaiknya pemilihan kata kunci ini perlu dilakukan dengan cermat. Anda harus bisa menganalisa apakah kata kunci tersebut potensial untuk produk Anda atau tidak. Jangan sekedar melihat Volume Pencariannya. Volume Pencarian banyak belum tentu hasilnya bagus untuk produk Anda.


Jadi ketika Anda memutuskan untuk beriklan di Shopee Iklan Pencarian, mau tidak mau ya harus memantaunya. Ya tidak perlu dipantau selama 24 jam, cukup di jam-jam sibuk saja agar iklan Anda bisa efektif. Jika Anda punya pegawai yang mengelola toko Shopee Anda, jelaskan padanya untuk memantau juga Iklan Pencarian.

Minimal dengan cara ini iklan Anda akan efektif dan kalau pun boncos tidak terlalu banyak. Jangan lupa juga untuk mengecek Iklan Produk Serupa, agar keduanya bisa saling mengisi dan tidak sia-sia iklan Shopee Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *