Home » PERBANKAN » Baru Pertama Kali Menggunakan Kartu Kredit? Baca Ini Dulu
Kartu Kredit
via fiscaltoday.com

Baru Pertama Kali Menggunakan Kartu Kredit? Baca Ini Dulu

Sekarang ini telah banyak masyarakat yang mulai menggunakan transaksi nontunai, melalui kartu kredit. Tapi sebagian juga ada yang masih ragu untuk menggunakannya. Selain ketidaktahuan masalah mekanismenya, juga diakibatkan oleh ketakutan yang akan berdampak jika memiliki kartu kredit.

Ketakutan seperti akan terjerat hutang yang banyak dan biaya-biaya lain, membuat sebagian masyarakat masih mengutamakan menggunakan transaksi tunai.

Sebenarnya, penggunaan kartu kredit itu tidaklah merugikan, asal kita sebagai pengguna tahu bagaimana harus menggunakannya. Tips berikut adalah buat Anda yang baru pertama kali menggunakan kartu kredit dan belum mengetahui bagaimana menggunakan kartu kredit yang bijak.

Dengan memiliki banyak informasi, maka kita akan tahu, owh begini toh kartu kredit itu. Sehingga akan terhindar dari hal-hal buruk yang bisa saja terjadi.

Jika Anda baru saja membuat kartu kredit, bacalah tips berikut ini.

1. Cek Kartu Kredit Anda

Di dalam kartu kredit (fisiknya) ada identitas Anda yang berupa nomor kartu dan nama Anda. Pastikan data-data yang tercantum itu sudah benar. Untuk nama, pastikan sudah sesuai dengan nama kartu identitas Anda. Apabila ada kekeliruan, segeralah minta ke Bank terkait untuk menggantinya.

Selain itu, dari sisi fisik juga bisa memperlihatkan jenis kartu kredit yang Anda pilih. Pastikan jenisnya memang sudah sama seperti yang Anda pilih. Karena jenis kartu kredit tiap Bank itu bermacam-macam. Cek juga apakah ada kerusakan di kartu kreditnya.

2. Baca Aturannya

Setiap kartu kredit yang diterbitkan oleh Bank memiliki panduan atau aturan. Baca dan pahami aturan kartu kredit Anda. Jangan sampai Anda hanya sekedar menggunakannya tanpa mengetahui aturannya. Karena itu bisa berakibat fatal pada masa depan Anda.

3. Berapa Limitnya?

Setiap kartu kredit memiliki limit. Limit yang dimaksud adalah limit transaksi. Misalnya kartu kredit Anda memiliki limit transaksi Rp 8.000.000 per bulan. Jadi, Anda setiap bulan hanya bisa menggunakan transaksi dibawah Rp 8.000.000.

4. Sesuai Jenis Kartu Kredit Dengan Kebutuhan

Mungkin ini bisa dijadikan referensi jika Anda akan membuat kartu kredit. Kartu kredit itu bermacam-macam, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apakah akan digunakan untuk transaksi belanja di mall, atau Anda sudah traveling maka bisa memilih kartu kredit yang khusus untuk traveling.

(Baca juga: 7 Manfaat Kartu Kredit Yang Bisa Anda Nikmati)

5. Pahami Sistem Pembayarannya

Ini yang sangat penting. Pembayaran tagihan dan biaya lain-lainnya perlu Anda pahami betul. Agar nantinya tidak ada hutang dikemudian hari. Ketahui kapan seharusnya Anda harus membayar tagihan, jatuh temponya kapan, bunganya berapa, dll. Dengan begitu Anda juga bisa mengontrol transaksi Anda.

Jadilah smart jika sudah memakai kartu kredit, dan sebisa mungkin hindari gaya hidup konsumtif.

One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − three =