Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tingkatkan Transaksi Pengguna, Tokopedia Luncurkan Program TokoPoints

TokoPoints Tokopedia

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan transaksi pengguna marketplace di tengah persaingan yang ada. Kali ini giliran Tokopedia yang memperkenalkan program barunya yakni TokoPoints. Program TokoPoints ini berlaku untuk semua pengguna.

Meskipun program ini bakal memberikan benefit kepada pengguna, tetapi menurut pengamatan EtalaseBisnis program ini bermaksud untuk meningkatkan transaksi pembelian di Tokopedia.

Apa itu TokoPoints?

TokoPoints adalah program loyalitas konsumen untuk Pengguna yang memungkinkan Pengguna mengumpulkan Points dan Loyalty dari transaksi yang dilakukan melalui Situs/Aplikasi.

Mudahnya gini, ketika ada pengguna yang melakukan transaksi pembelian, maka pengguna tersebut akan mendapatkan points dan loyalty.

Points ini nanti jika sudah terkumpul bisa ditukarkan dengan kupon yang ada. Sedangakn Loyalty sendiri fungsinya untuk menaikkan status pengguna. Nanti akan kami bahas lebih lanjut.

Nah untuk Points dan Loyalty ini bisa didapatkan jika penggunakan melakukan transaksi pembelian maupun pembayaran di marketplace, Official Store, dan Produk Digital kecuali untuk pembelian Tiket KAI, Hiburan, Gift Card, Uber, dan Event.

Ketika pengguna sudah melakukan transaksi hingga sukses, maka dalam 1×24 jam bakal mendapatkan Points yang masuk ke akunnya. Jumlah Points yang didapatkan beragam tergantung dari nominal. Kami sendiri belum menemukan informasi besaran pointsnya.

Untuk saat ini, Points yang dimiliki pengguna baru bisa ditukarkan dengan kupon yang berupa gratis ongkos kirim dan cashback.

Melihat sistem ini, program TokoPoints ini nampaknya bakal disambut baik bagi para pengguna. Karena pengguna biasanya akan mudah terpikat dengan promo-promo seperti gratis ongkos kirim, cashback, dan belum lagi nanti promo-promo yang lain.

Secara tidak langsung ini bakal meningkatkan transaksi pembelian, karena banyak pengguna ingin berlomba-lomba menambah Points mereka. Dengan seperti ini pihak Tokopedia tentu merasa senang, karena ada peningkatan transaksi.

Baca juga : Cara Belanja di Tokopedia Yang Aman Dari Penipuan

Namun ternyata tidak hanya memberlakukan Points dan Loyalty saja, Tokopedia melalui program ini juga memberikan sistem membership kepada para pengguna. Dimana membership ini nanti juga punya benefitnya masing-masing.

Mari kita lihat Tabel Status Membership di bawah ini.

Tabel Status Membership

Tabel Status Membership

Dari tabel di atas, jika saat ini pengguna hanya memiliki Membership Classic, artinya punya batasan maksimal untuk mendapatkan Loyalty di tiap harinya. Kalau pengguna ingin mendapatkan lebih banyak Loyalty, tentu bakal meningkatkan transaksinya.

Kemudian ada juga Tabel Keuntungan Membership berikut ini :

Tabel Keuntungan Membership

Tabel Keuntungan Membership

Nah, di tabel ini kita bisa lihat data jumlah kupon gratis ongkir yang bisa didapatkan di setiap Status Membership yang ada.

Dengan adanya sistem Membership ini secara tidak langsung juga membuat pengguna untuk meningkatkan statusnya untuk bisa mendapatkan benefit yang lebih banyak.

Program TokoPoints seperti ini adalah salah satu contoh program yang saling menguntungkan. Dari sisi pengguna jelas akan mendapatkan Points yang nantinya dapat ditukar dengan berbagai kupon yang ada. Sedangkan dari sisi Tokopedia, adanya program ini mampu meningkatkan transaksi di Tokopedia sendiri.

Karena kita tahu, sekarang ini sangat tinggi persaingan di dunia marketplace. Salah satu kompetitor besar Tokopedia adalah Bukalapak. Dan kedua marketplace ini kadang sering bersaing melalui program-program dan fitur yang ada. Contohnya saja program Official Store, di mana sekarang baik di Tokopedia maupun Bukalapak juga ada program ini.

Yang terpenting adalah, apapun itu bentuk programnya, ini menjadi persaingan yang positif. Dan persaingan melalui program-program yang bersinggungan langsung dengan pengguna seperti ini tentu akan sangat berdampak positif bagi kemajuan marketplace di Indonesia.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *