Home » BISNIS ONLINE » Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Internet? Simak Ini Baik-Baik!

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Internet? Simak Ini Baik-Baik!

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

EtalaseBisnis.com – Sejatinya setiap manusia pasti ingin mendapatkan uang. Uang yang telah didapatkannya pasti akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berbagai cara pun terus dilakukan agar seseorang bisa mendapatkan uang. Salah satunya dengan membaca artikel ini dan berharap bisa mengetahui cara mendapatkan uang dari internet.

Iya, internet sekarang tidak seperti internet yang dulu kala. Internet tak hanya sekedar tempat membaca artikel atau berita saja tapi sudah bisa digunakan untuk mencari yang.

Mengapa demikian?

Karena saat ini di internet ada kehidupan. Maksudnya begini. Kita contohkan saja pasar. Pasar itu kan tempat, kalau pasar hanya ada penjual saja maka tidak ada uang yang diputar di sana. Penjual pun tidak mendapatkan uang. Namun ketika sudah ada pembeli yang masuk ke pasar, itu artinya akan terjadi perputaran uang dan barang. Dan yang pasti penjual akan mendapatkan uang.

Hal ini sama dengan internet. Sekarang ini pengguna internet sudah sangat banyak. Di tahun 2015 saja penetrasi internet di Indonesia mencapai 100 juta orang. Bayangkan, dengan tahun-tahun sebelumnya.

Penetrasi Internet Indonesia

Ini artinya di internet sudah memiliki pasar. Karena kerumunan itu bisa menciptakan siklus jual beli. Cuma beda media saja, antara online dengan offline.

Uniknya, mengumpulkan ribuan orang dalam satu wadah secara online itu lebih mudah jika dibanding mengumpulkan orang secara offline. Misalnya saja sebuah situs jual beli memberikan diskon 50% dalam waktu 1 jam, maka seketika ribuan bahkan jutaan orang akan mengunjungi situs jual beli tersebut tanpa perlu keluar rumah, tinggal online pakai perangkat yang dimiliki.

Penggunaan Internet di Indonesia

Fakta tentang pengguna internet dari We are Social (sumber: wearesocial.com)

Sekali lagi, ini menandakan internet adalah ladang emas bagi Anda yang memang saat ini ingin mendapatkan uang dari internet.

Namun saya yakin sebagian dari Anda masih bingung bagaimana caranya.

Tenang…layaknya sebuah pasar, banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa digarap melalui internet.

#1 Jualan Online

Ini adalah cara paling gampang yang bisa Anda lakukan, yakni berjualan barang secara online. Sama seperti jualan pada umumnya, tapi yang membedakan hanya medianya saja dan Anda tidak bisa bertemu pembeli secara langsung.

Sulitkah?

Tidak….

Jualan secara online justru lebih gampang dan membuat Anda semakin mudah memulai jualan. Nggak perlu mikiran jualan di mana, tidak perlu sewa ruko yang mahal, tidak perlu takut kalau jam 09.00 belum buka, dll.

Soalnya jualan online bisa Anda kerjakan di rumah. Iya, se-simple ini.

Kalau nggak mau keluar modal buat bikin website toko online, cukup gabung saja di marketplace semacam Tokopedia atau Bukalapak. Daftar gratis, tinggal buka toko di sana.

Sebagai pemanis, bisa membuat akun social media untuk share jualan ke teman-teman. Mudah! Praktis! Yang jelas bisa dapat uang dari internet.

#2 Menjadi Penulis Media Online

Kalau Anda suka nulis, manfaatkan saja hobi atau passion itu. Anda bisa bergabung dengan media online yang bertebaran di internet lalu menawarkan diri menjadi penulis di media tersebut. Atau Anda bisa membuka layanan jasa penulis artikel. Saat ini penulis artikel banyak diburu media-media online untuk membantu distribusi artikel di websitenya.

Ini juga semacam simbiosis mutualisme. Di mana seorang web developer memiliki peluang untuk membuat website karena pengakses internet sekarang sangat banyak, dan untuk mengisi kontennya maka dibutuhkan penulis. Jadi, ini bisa menjadi ladang emas bagi Anda yang memang memiliki bakat menulis. 🙂

#3 Membuka Layanan Jasa Online

Punya ketrampilan di bidang tertentu? Anda bisa membuka jasa secara online. Misalnya saja Anda ahli accounting, bisa membuka jasa konsultasi akuntan baik bagi perusahaan maupun personal. Apalagi di bulan-bulan sekarang ini pasti banyak yang mencari jasa akuntan untuk kebutuhan pelaporan SPT Tahunan.

Yang jelas jika ingin membuka jasa secara online, pastikan Anda memang expert di bidangnya. Anda mampu membuat dan mengerjakannya.

Atau jika Anda suka cuap-cuap di Twitter, Anda bisa membuka jasa admin Twitter atau social media. Anda bisa bekerjasama dengan salah satu atau beberapa pelaku usaha untuk mengoptimalkan media sosialnya. Ngomong-ngomong, di tahun 2013 saja Indonesia menempati urutan pertama untuk negara paling cerewet di Twitter.

Reach Twitter Indonesia

Banyak kan ya… ini ladang emas!

#4 Ikut Program CPA

Ini adalah salah satu bisnis internet yang memang hadir dan bekerja secara online. CPA itu Cost Per Action bisa juga disebut Afiliasi Marketing. Tugas Anda adalah mempromosikan sebuah produk baik produk nyata atau digital (software) ke pengguna internet dimana pun berada melalui media website atau media sosial yang ada.

Nanti biasanya Anda tinggal share URL Afiliasi ke orang-orang, dan ketika ada yang bertransaksi entah itu membeli/daftar/mengisi formulir/dll, Anda akan mendapatkan komisi.

Banyak sekali program CPA/Afiliasi yang bisa Anda coba, baik di Indonesia maupun luar. Bisnis seperti ini memang sedikit membutuhkan skill khusus misalnya untuk mengelola website, hosting, dll. Tapi itu bisa dipelajari jika Anda fokus dan menekuninya.

#5 Menjadi SelebGRAM atau SelebTWIT

Biasanya sih ini khusus buat kaum hawa yang punya wajah rupawan. Maaf, bukan maksud membeda-bedakan, tapi fakta memang sudah membuktikan.

Siti Rohmah

Image via http://warta.co/

Coba lihat saja akun Instagram milik Siti Rochmah, yang dulu hanya sebatas kasir minimarket. Karena kecantikannya dan pekerjaannya sebagai kasir minimarket, akhirnya banyak orang membicarakannya. Dilanjutkan dengan banyaknya media online dan tv yang meliputnya. Akhirnya Siti pun tenar, dan menjadi selebGRAM yang sekarang selalu memajang foto-foto bersama produk endorse-an.

Tapi intinya bukan soal cantik atau cakep saja, tapi jika ingin menjadi SelebGRAM atau SelebTWIT, maka akun Anda berpengaruh pada followers (influencer). Ya contohnya misalnya sekali upload foto banyak yang komentar, like, dll. Tapi itu bukan komentar iklan peninggi badan lho ya… 😀

Dengan begitu maka Anda sudah berpotensi untuk menjadi SelebGRAM, tinggal mencari pelaku usaha yang mau barangnya di endorse.

#6 Jadi Youtubers

Fenomena baru dan semakin banyak yang bergabung menjadi Youtubers. YouTube yang sejatinya media online untuk publikasi video, kini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan uang.

Caranya Anda tinggal membuat video saja, apapun itu. Tapi saran saya usahakan yang menginspirasi orang lain, jangan sekedar bicara ngalor ngidul ngomongin kegiatan pribadi. Nanti jika viewer YouTube Anda banyak, maka Anda akan ditawari oleh pihak YouTube (Google) untuk bergabung di programnya yang memungkinkan Anda akan mendapatkan uang dari video tersebut.

Bayu SKAK - Youtubers

Untuk itu jika Anda ingin menjadi YouTubers, pastikan konten video Anda menarik dan membuat orang mendapatkan manfaat dari video Anda. Kuncinya buatlah video yang menginspirasi, maka video tersebut akan banyak dilihat orang.

***

Sebenarnya masih banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet. Hal ini disebabkan sangat terbukanya media informasi online saat ini ditambah semakin meningkatnya pengguna internet.

Saran saya adalah jika Anda memang ingin menghasilkan uang dari internet, ketahui dulu apa potensi yang Anda miliki, apa bakat yang Anda miliki. Karena ini bisa menjadi modal dasar yang kuat untuk Anda bisa mendapatkan penghasilan dari internet secara fulltime!

Karena percuma jika memberikan banyak cara tapi pada akhirnya Anda hanya sekedar memaksa menekuni pekerjaan itu. Nanti hasilnya akan capek. Apalagi kalau prioritas utama sekedar mencari uang.

So, ini saja yang bisa saya sampaikan. Jika Anda masih bingung mau melakukan apa, silahkan tulis saja di komentar, barang kali kita bisa bekerja sama. 🙂

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *