Home » BISNIS ONLINE » Cara Tepat Memulai Bisnis Online

Cara Tepat Memulai Bisnis Online

cara tepat membangun bisnis online
Ilustrasi : Bisnis Online / epreneur.tv

EtalaseBisnis.com – Perkembangan teknologi dan digital semakin hari kian meningkat, dan ini sangat berdampak pada perkembang bisnis. Saat ini bisnis tidak lagi dilakukan di ranah offline saja, namun sudah menjamur ke dunia online. Hal ini tentu disebabkan karena keuntungan yang didapatkan dari berbisnis melalui online.

Tak heran jika saat ini orang mulai tertarik berbisnis online yang menawarkan kemudahan dan keuntungan yang menjanjikan. Karena dengan bisnis online maka target market tidak hanya terbatas pada lingkup daerah tertentu saja, namun bisa menjangkau seluruh dunia hanya dengan modal internet.

Namun untuk memulai bisnis online ini harus perlu strategi dan persiapan yang matang. Meskipun bisnis online terbilang mudah, namun nyatanya banyak juga yang gagal karena tidak mengerti bagaimana cara memulainya yang tepat. Berikut ini beberapa cara tepat bagi Anda yang ingin memulai Bisnis Online :

1. Rencanakan Secara Nyata

Membangun Bisnis secara Online tetap harus memiliki planning yang jelas dan nyata. Jangan hanya semata-mata ingin mencari untung cepat saja, namun persiapan berupa rencana yang nyata akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis online Anda nantinya. Mulainya menyusun rencana bisnis apa yang akan dijalankan, susun strategi pemasarannya, siapa targetnya, dan brandingnya.

2. Bangun Media Pendukungnya

Bisnis Online tetap membutuhkan media untuk membangunnya. Jika bisnis offline harus membutuhkan kios misalnya, maka bisnis online harus membutuhkan media pendukung atau infrastruktur yaitu berupa teknologi. Salah satu media pendukung yang dapat digunakan adalah Website. Website bisa diibaratkan Kios Online bisnis Anda, dengan memiliki website maka aktifitas bisnis online akan lebih mudah dan tentunya dapat memberikan kepercayaan kepada calon konsumen Anda. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website untuk mengatasi masalah ini.

3. Gunakan Media Promosi Yang Tepat

Website memang media utama dalam bisnis online, selain dapat digunakan sebagai media promosi namun Anda perlu merencanakan langkah promosi yang tepat. Di era digital saat ini Anda tidak dapat menggunakan website saja, Bisnis online Anda perlu didukung oleh media-media yang lain seperti Social Media, Iklan Berbayar, dan masih banyak lagi. Tentu juga harus diselaraskan dengan target konsumen Anda agar promosi tidak sia-sia.

4. Atur Budget

Budget di sini adalah budget untuk operasional. Berbisnis Online memang harus berani untuk mengeluarkan biaya untuk operasional. Namun, Anda perlu mengaturkan agar tidak defisit. Misalnya saja budget untuk iklan, setiap Anda mengeluarkan biaya untuk iklan, pastikan setelah iklan selesai Anda menghitung Return On Investment (ROI) agar Anda dapat mengkalkulasikan budget pengeluaran yang tepat.

5. Bangun Reputasi

Salah satu tantangan terbesar dalam bisnis online adalah reputasi. Minimnya tatap muka antara penjual dan pembeli mengharuskan penjual untuk menjaga reputasi bisnis onlinenya. Kepercayaan Konsumen adalah harga mati, jika suatu saat Anda mengecewakan konsumen maka itu adalah bencana bagi bisnis online Anda. Selalu bangun hubungan baik dengan konsumen dan selalu bersikap jujur dalam bisnis.

6. Gunakan Media Sosial

Kaitannya dengan poin 3 dan 5, media sosial memang sangat berperan penting bagi perkembangan bisnis online Anda. Media sosial merupakan penghubung terdekat antara Anda dengan calon konsumen. Gunakan media sosial secara bijak, untuk promosi dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Media Sosial merupakan jembatan untuk menghubungkan calon konsumen dengan website Anda.

Membangun bisnis online tidak mudah, namun jika Anda telah mempersiapkan dengan baik maka kemudahan akan menghampiri Anda. Tetap tekun dan konsisten jika Anda telah memutuskan untuk berbisnis online, karena di luar sana telah banyak yang gagal karena kurang fokus dan konsisten.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *