Home » TIPS » Tips Menjadi Sponsorship di Seminar Bisnis Online
Seminar Bisnis Online
(c) licdn.com

Tips Menjadi Sponsorship di Seminar Bisnis Online

Sekarang ini lagi booming bisnis online. Semua orang dari berbagai elemen mulai tertarik dengan yang namanya bisnis melalui internet ini. Tak heran jika saat ini mulai banjir berbagai seminar bisnis online dengan tema-tema yang menarik dan menggelitik. Dan dari event seminar ini memang membuat perubahan dan tingkat konversi yang tinggi. Dari yang awalnya nggak tertarik bisnis sekarang mulai belajar bisnis online.

Event-event seperti seminar bisnis online seperti ini bisa dimanfaatkan bagi yang sudah memiliki bisnis, salah satunya bergabung menjadi sponsorship acara.

Bentuk dukungan sponsorship ini bukan semata-semata untuk membantu dalam hal biaya seminar tersebut, tapi dari imbal baliknya Anda sebagai pemilik bisnis (sponsorship) bisa memperkenalkan bisnis Anda kepada para peserta seminar.

Cara ini cukup efektif, terlebih jika bisnis Anda memang di bidang bisnis online.

Akan tetapi untuk menjadi sponsorship dalam sebuah event seminar bisnis online itu tidak mudah. Anda perlu mengetahui lebih detail tentang konsep dan bagaimana event tersebut sebelum memutuskan untuk menjadi sponsor.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika Anda menjadi sponsorship dalam seminar bisnis online.

1. Ketahui Apa Acara

Penting bagi Anda untuk mengetahui detail acara yang akan diselenggarakan. Biasanya Anda akan diberikan proposal sponsorship, namun Anda bisa berbincang lebih jauh dengan pihak panitia untuk mengetahui seperti apa acara yang akan diselenggarakan. Apakah seminar bisnis online tentang kiat-kiat bisnis online, atau cara memulai bisnis online, dan lainnya.

2. Tanyakan Siapa Peserta Seminar Bisnis Online

Ketika akan menjadi sponsorship, yang paling vital adalah mengetahui siapa peserta seminar bisnis online tersebut. Karena bisnis Anda nantinya akan dijual event ini. Peserta seminar adalah target market Anda. Jadi kalau salah, ya otomatis Anda promosi pada tempat yang salah dan ini akan sia-sia. Misalnya Anda memiliki jasa pembuatan website, maka akan sangat tepat menjadi sponsor dalam seminar bisnis online bertema bagaimana membangun bisnis toko online. Dimana pesertanya adalah orang awam atau yang belum memiliki toko online. Sehingga Anda bisa mempromosikan bisnis jasa pembuatan website Anda kepada para peserta seminar tersebut.

Baca juga: Tips Bisnis Toko Online Bagi Yang Belum Mengerti Internet

3. Berapa Jumlah Peserta Seminar?

Jumlah peserta seminar juga perlu Anda ketahui. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konversi maupun peluang yang didapatkan. Selain itu juga berpengaruh pada nilai sponsorship yang akan Anda berikan untuk acara tersebut.

4. Apa Imbal Balik Yang Didapatkan?

Pastikan dahulu apa saja yang akan Anda dapatkan ketika sudah menjadi sponsor nanti. Apakah hanya penempatan logo bisnis di dalam pamflet, backdrop, dll atau juga akan disebutkan dalam tengah-tengah acara. Negosiasikan dengan panitia untuk hal ini.

Nah itu beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika akan menjadi sponsorship dalam sebuah seminar bisnis online. Jika Anda tepat memiliki tema seminarnya yang cocok dengan target market bisnis Anda, maka ini juga bisa digunakan sebagai media marketing yang cukup efektif. Jadi, jangan takut untuk menjadi sponsor dalam sebuah event. Yang penting adalah mengetahui beberapa poin di atas tadi.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + 14 =