Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Meningkatkan Omzet Penjualan Bisnis Kuliner di Bulan Ramadhan

Kalau Anda menyangka di Bulan Ramadhan bisnis kuliner Anda akan meredup, itu adalah hal yang benar. Tapi itu jika Anda mengelolanya seperti di bulan-bulan biasa. Padahal di bulan Ramadhan, omzet penjualan bisnis kuliner Anda bisa semakin meningkat dari bulan sebelumnya. Tidak percaya?

Kalau dipikir secara nalar, di bulan Ramadhan pasti bisnis kuliner akan sepi karena tidak ada yang beli, lha mayoritas muslim. Di sinilah perlu strategi dalam mengelola bisnis di bulan Ramadhan.

Ketika bulan Ramadhan datang, minimal 1 bulan sebelumnya Anda sudah merancang konsep dan strategi apa yang akan Anda jalankan di saat bulan suci nanti. Sehingga di nantinya Anda akan tetap mendapatkan pemasukan bahkan lebih dari bulan sebelumnya.

Bisnis Kuliner Waktu Puasa

Baca juga : Bisnis Kuliner Sekarang Ini Tak Hanya Fokus Pada Rasa, Tapi?

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan omzet penjualan ini.

1. Ubah Jam Buka

Sudah pasti kalau di bulan Ramadhan, pasti pagi hingga siang hari akan sepi pembeli. Kalau pun ingin buka, ya beli pun pasti juga sedikit. Nah, solusinya adalah dengan mengubah jam buka warung / restoran Anda.

Anda bisa mulai buka jam 15.00 sore hingga malah hari.

Meskipun terlihat pendek waktunya, tetapi di bulan Ramadhan ini justru akan meningkat pembelinya. Karena banyak yang ingin beli buat buka puasa atau memang ingin buka puasa bareng di warung Anda.

2. Menyediakan Paket Buka Puasa

Anda juga bisa menyediakan paket buka puasa misalnya dengan tambahan takjil atau menu lainnya. Dengan paket buka puasa ini bisa jadi pilihan bagi para konsumen saat buka puasa nanti.

Dan ini akan memudahkan Anda dalam melayani konsumen, karena dengan sistem paket dan jumlah pesanan banyak, akan mempercepat proses transaksi.

Baca juga : Pentingnya Konsistensi Rasa di Bisnis Kuliner

3. Promo “All You Can Eat”

Jika usaha kuliner Anda punya banyak varian menu, Anda bisa membuka promo “All You Can Eat”. Misalnya saja cukup dengan membayar Rp 60.000 per orang, bisa bebas makan sepuasnya.

Tentu untuk promo ini perlu disesuaikan dengan harga masing-masing produk makanan Anda. Sehingga nanti bisa didapatkan harga yang pas untuk bisa digunakan makan sepuasnya.

Promo seperti ini banyak diminati oleh banyak orang saat buka puasa.

4. Buka Saat Sahur

Nah kalau lokasi bisnis kuliner Anda cukup strategis, Anda bisa membukanya di jam sahur. Meskipun intensitasnya tidak seperti saat jam buka puasa, tetapi ini bisa membantu bisnis kuliner Anda.

Jangan resah omzet Anda akan turun saat bulan Ramadhan, justru di bulan Ramadhan ini omzet penjualan bisnis kuliner Anda akan naik. Memang dari sisi jam buka akan berkurang, tetapi percayalah bahwa Allah akan mengganti rezeki Anda di bulan yang berkah ini.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.